Shah Rukh Khan, Bintang Bollywood Paling Tajir

shah-rukh-khan-foto-by-hiralicious
Shah Rukh Khan (dok.hiralicious)
TABLOIDBINTANG.COM -

Walau bukan yang teratas dari segi honor, dari segi akumulasi kekayaan, tak satu pun artis Bollywood yang menandingi SRK.

Bintang Chalte-Chalte ini ditaksir total kekayaannya kurang lebih 2.500 crore rupee (bukan 1.500 crore seperti yang disebutkan di edisi lalu) atau sekitar 4,7 triliun rupiah! Pertanyaannya, dari mana Si Raja Bollywood mendapatkan kekayaan sebanyak itu?

Well, jumlah terbesar disumbangkan properti yang dimiliki aktor berusia 46 tahun ini. Rumah mewah yang dimiliki SRK di Mumbai, London, Amerika Serikat, dan Dubai serta beberapa investasi real estat ditaksir punya nilai nominal sebesar 650 crore atau sekitar 1,2 triliun rupiah.

Lalu, SRK punya rumah produksi bernama Red Chillies Entertainment yang didirikannya bersama sang istri, Gauri Khan, pada 2004 lalu. Perusahaan ini punya lima divisi yang bergerak di dunia hiburan. Selain divisi produksi film, Red Chillies
Entertainment juga punya divisi yang memproduksi iklan, divisi program televisi, penyewaan properti untuk keperluan pembuatan film dan televisi, dan satu lagi yang menangani efek visual film. SRK juga menggunakan bendera Red Chillies Entertainment untuk menguasai 50 persen  saham tim kriket Kolkata Knight Riders. Red Chillies Entertainment diestimasikan bernilai 500 crore rupee atau sekitar 946,9 miliar rupiah.

Menjadi brand ambassador banyak produsen barang dan jasa juga berkontribusi atas kemakmuran SRK. Ia tercatat menjadi duta buat 34 produk! Nah, tiap produk harus membayar sekitar 7 crore rupee atau sekitar 13 miliar rupiah untuk citra SRK. Kalau dikalikan 34 produk, berarti pria yang gemar berderma ini menerima pendapatan sebesar 238 crore rupee atau sekitar 450 miliar rupiah. Pendapatan lain didapatkan SRK dari kemunculannya di berbagai acara. Lewat kehadirannya di berbagai acara, ayah Aryan dan Suhana ini mengantongi 75 crore atau sekitar 142 miliar rupiah.

Laiknya pria yang punya duit berlebih, SRK gemar mengoleksi barang-barang bagus. Ia memiliki banyak mobil mewah. Koleksi mobil SRK di antaranya BMW seri 7 dan sebuah mobil van yang menggunakan plat nomor 555. Nomor 5 dipercaya SRK sebagai angka keberuntungannya.

Selain mobil, mantan presenter kuis Who Wants to Be a Millionaire? ini juga mengoleksi perhiasan dan jam tangan mahal. Bila dijumlahkan, nilainya sebesar 10 crore atau 18,9 miliar rupiah. Penghasilan berikutnya, seperti disinggung di atas, didapat dari film. Dalam setahun, SRK bisa bermain di 4 film. Di luar honor, SRK juga mendapat persentase dari keuntungan film yang dibintanginya. Jumlahnya, bisa sampai miliaran rupiah. J bin/timesofindia

(adm)