'3 Idiots', Film Bollywood Terlaris Sepanjang Masa

TABLOIDBINTANG.COM -

SEBENARNYA film Bollywood ini sudah tayang di Blitz Megaplex sejak Desember silam. Tapi waktu itu layar bioskop masih dipenuhi histeria film Avatar. Sementara 3 Idiots tayang di Indonesia tanpa promosi heboh, waktu tayangnya pun relatif singkat. Awal Januari, 3 Idiots hanya diputar di Blitz Mall of Indonesia, sedangkan Blitz Grand Indonesia dan Pacific Place sudah tak menayangkan lagi.

Nah, saat itu demam 3 Idiots justru tengah heboh-hebohnya. Promosinya justru dari mulut ke mulut, juga lewat situs jejaring sosial Twitter. Kalau hanya artis Riza Shahab yang mempromosikan mungkin tak mengherankan, berhubung pemain sinetron Shafa & Marwah ini dikenal sebagai pemuja film Bollywood.

Tapi begitu hampir semua artis pemilik akun Twitter mulai membahas film ini, rasa penasaran makin membuncah.

Kisah inspiratif berdurasi 164 menit ini memang membuat mata dunia terbelalak. 3 Idiots diganjar predikat film bollywood terlaris sepanjang masa! Prestasi tersebut diraih setelah menyingkirkan Ghajini, film yang juga dibintangi Aamir Khan Desember 2008 lalu.

Yang menakjubkan, 3 Idiots juga mencetak rekor fantastis di minggu pertamanya. Bayangkan saja, dalam waktu empat hari usai resmi dirilis ke pasaran sejak  25 Desember, film disebar ke 40 negara ini berhasil mengantongi 1 miliar rupee (lebih dari 200 miliar rupiah)!

“Kami merasa bangga bisa mendistribusikan 3 Idiots. Jumlah itu sangat fenomenal dan kami yakin bisa terus bertambah di minggu-minggu mendatang,” ujar Amit Khana, presiden distributor film Reliance Big Entertainment.

Tak hanya di India, 3 Idiots pun berjaya di mancanegara. “Kami dapat kabar di Australia banyak bioskop yang mengurangi jumlah studio penayang Avatar dan menambah 3 Idiots,” terang Vidhu Vinod Chopra, sang produser.

Derasnya aliran penonton di Negeri Kanguru itu  membuat 3 Idiots resmi dinobatkan sebagai film Bollywood terlaris di sana. Prestasi serupa dicetak di beberapa negara lain yang bahkan dalam benak Anda tak terpikir masyarakatnya pecinta film India. Mulai dari Pakistan, Afrika Selatan, Fiji, Kenya, dan Amerika Serikat.

Bahkan di Amerika Serikat, sampai awal Februari, dari hasil pemutaran di  sekitar 120 bioskop,  3 Idiots mengumpulkan 6,5 juta dollar Amerika. Prestasi itu sangat mencengangkan.

Sebelumnya bahkan tak ada film India yang sanggup meraih angka pemasukan 4 juta di Negeri Paman Sam itu. Dengan meraih posisi puncak box office, jutaan mata makin lupa keberadaan Avatar dan jatuh hati dengan 3 Idiots.

“Tak pernah ada yang menyangka ada film India selaris ini di sini. Kalaupun sukses, masyarakat hanya menduga kisaran 3-4 juta dollar,” tutur Shariq Hamid, pemilik empat gedung bioskop di Texas.

Angka-angka yang kami sebutkan di atas masih sangat mungkin terus melesat (angka terakhir berkisar di 3,15 miliar rupee (hampir 700 miliar rupiah) -- sudah jauh melampaui Ghajini yang “hanya” 2,5 miliar rupee). Pasalnya, di beberapa negara 3 Idiots termasuk film yang lambat panas, termasuk di Indonesia. Maklum sebagian masyarakatnya masih menggemari film-film seperti Suster Keramas dan sebagainya.

(riz/yoci/gur)