Banyak Wanita Korea Berwajah Kembar Akibat Operasi Plastik

kembar banyak hasil operasi plastik
Foto-foto wanita yang berkompetisi dalam ajang Miss Korea dan hasil operasi plastik.
TABLOIDBINTANG.COM -

OBSESI operasi plastik di Korea Selatan, salah satu negara dengan angka pasien tertinggi, sudah mewabah cepat di kalangan usia 19-49 baik pria dan wanita.

Namun apa yang terjadi jika hasil operasi plastik ini menghasilkan wajah yang persis sama dengan orang lain?

Banyak kaum muda Korea melakukan apa pun untuk terlihat lebih “kebarat-baratan” yang juga dipengaruhi oleh budaya selebriti.

Terutama jika membicarakan, ajang Miss Korea 2013. Wanita-wanita cantik ini memiliki rambut sehat, kulit pucat bersih, mata indah dan senyuman menawan. Pertanyaannya, apakah semuanya asli?

Situs Reddit meluncurkan foto wanita-wanita yang berkompetisi dalam ajang Miss Korea dan ternyata hampir semuanya memiliki fitur wajah yang serupa.

Foto diberi caption “Operasi plastik Korea akhirnya menghasilkan wajah yang sama” dan berhasil mengundang lebih dari 3.000 komentar.

Salah satu netizen asal Korea mengakui “Wah memang mirip dan iya, kami orang Korea juga berpikiran sama. Ini yang dinamakan wajah plastik palsu Korea dan di beberapa daerah tertentu di Seoul, kamu akan mengira semua wanita bersaudara karena hasil pembedahan yang sama”.

Netizen lain mengungkapkan, “Tanpa operasi plastik, wanita Korea aslinya terlihat sangat beda dan mudah dibedakan.”

Lainnya mengomentari dengan "Operasi mengambil individualitas dan keunikan wanita, ini sangat menyedihkan. Kebanyakan memang sudah cantik tanpa operasi, tetapi tetap tidak mempan walaupun sudah mengatakan kalau ciri khas Korea mereka sangat menawan. Mirisnya,“Mereka tidak akan percaya karena otaknya telah dicuri oleh budaya barat yang dianggap superior. Saya yakin mereka tidak ingin tampak lebih putih, tetapi lebih menginginkan percampuran Asia dan Barat dan mengurangi kekhasan Korea pada dirinya.”

Sudah tidak heran lagi, wanita di Korea menganggap operasi plastik setara dengan memoles muka sehari-hari dengan make up.

Ketika melakukan operasi plastik, umumnya wanita barat ingin menonjolkan fitur seperti bibir lebih tebal, payudara lebih besar dan bokong lebih berisi. Sedangkan wanita Asia lebih memilih mengecilkan dagu, menambah kelopak mata dan memancungkan hidung, jadi terdapat pemisahan budaya yang kontras saat masuk ke urusan kecantikan yang satu ini.

Seperti dilansir Daily Mail, Jum'at (26/4), kontoversi foto wajah asli sebelum operasi Kim Yu-Mi, pemenang ajang kecantikan Korea tahun lalu menimbulkan anggapan bahwa prosedur operasi memberikan kerugian bagi peserta lain.

Dia membela diri dengan mengatakan, “Saya tidak pernah bilang kalau saya terlahir cantik”.

Menurut International Society of Aesthetic Plastic Surgeons (ISAPS), 15 juta orang memilih operasi plastik sebagai solusi utama dalam urusan kecantikan.

Penduduk Korea Selatan memiliki angka paling besar untuk pasien operasi plastik dibanding negara manapun di dunia. Sedangkan 1 dari 77 di Asia memilih cara ini.

Salah satu pilihan operasi paling diminati di Korea adalah double eyelid surgery yang mengurangi kulit pada bagian kelopak mata agar mendapatkan mata lebih besar dan lebih “kebarat-baratan”.

Lihat saja foto wajah para wanita ini, hampir tampak seperti foto koleksi saudara kembar bukan?

(tika/gur)