Mengenal Jang Ja Yeon, Si Cantik yang Naas

jang-ja-yeon-di-BBF
Jang Ja Yeon di serial Boys Before Flowers
TABLOIDBINTANG.COM -

PENYELIDIKAN kasus kematian Jang Ja Yeon yang kembali memanas semakin memancing rasa penasaran mengenai apa yang dialami Jang di masa hidupnya.

Karir Jang memang tak secemerlang Song Hye Kyo atau Lee Young Ae, namun problema yang dihadapinya hingga akhir hidupnya telah menyita perhatian banyak khalayak.

Wanita kelahiran 8 Desember 1982 ini memulai karirnya dengan membintangi sebuah iklan televisi tahun 2006 silam. Sejak saat itu, pintu karirnya mulai terbuka hingga akhirnya Jang mulai menerima tawaran sejumlah film dan serial.

Walau hanya mendapat peran-peran kecil, Jang terus menjalaninya sebagai proses dalam berkarir.

Karirnya semakin terbuka lebar saat mendapat tawaran berakting di serial Boys Over Flowers.

Serial ini merupakan hasil adaptasi dari komik Hana Yori Dango karya Yoko Kamio. Sebelumnya, Hana Yori Dango sukses diadaptasi oleh sebuah rumah produksi Taiwan dan tayang dengan judul Meteor Garden. Anda tentu masih ingat bagaimana cerita cinta Hua Zhe Lei dan San Chai, serta geng F4 yang terdiri dari 4 siswa ganteng dan kaya-raya.

Boys Over Flowers mencoba merakit kembali kisah cinta ala remaja ini dengan sentuhan Korea. Serial ini tayang di Indonesia dengan judul Boys Before Flowers (BFF) dan sempat menjaring banyak pemirsa.

Dalam BFF, Jang berperan sebagai Sunny alias Park Seon-ja, anggota geng Jin Sun Mi. Dalam geng yang berisi 3 perempuan centil ini, Sunny bersahabat dengan Choi Jin Hee alias Ginger (diperankan Gook Ji Yun) dan Lee Mi Sook alias Miranda (Min Young Won). Geng Jin Sun Mi selalu mengganggu Geum Jan Di (Koo Hye Sun) saat berdekatan dengan F4.

Selepas berperan di BBF, Jang mencoba melangkah ke dunia layar lebar. Hingga akhir hidupnya, Jang masih menunggu peluncuran dua film pertamanya, They Are Coming dan Penthouse Elephant.

Penthouse Elephant sempat diundur penayangannya akibat pihak lembaga sensor film Korea kewalahan menangani adegan-adegan panas yang bertebaran di sepanjang film.

Jang-Ja-Yeon-di-BBF---rambut-pitaDalam film ini, Jang beberapa kali menjalani adegan ranjang bersama lawan mainnya, Jo Dong Hyuk.

Tak hanya di ranjang, keduanya juga beradu nafsu di dalam mobil sampai di bak mandi. Seolah menggambarkan kehidupan nyata Jang, karakter yang diperankan Jang akhirnya mati bunuh diri di akhir cerita.

7 Maret 2009, Jang kembali bunuh diri. Kali ini bukan di depan kamera, namun di kehidupan nyata. Pukul 19.34 waktu setempat, jasad Jang ditemukan tergantung di jeruji tangga rumahnya. Jenazahnya ditemukan saudara perempuannya yang segera menghubungi polisi.

Semula Jang diduga depresi akibat ditinggal kedua orang tuanya yang meninggal dalam sebuah kecelakaan maut tahun 1999 silam.

Namun fakta-fakta susulan semakin membuka kemungkinan bahwa Jang mengalami tekanan dari pihak lain.

Sejumlah surat yang ditemukan di penjara Gwangju menunjukkan adanya tindak kekerasan dan pelecehan seksual yang dialami Jang.

Jang bahkan menyebut adanya 31 pengusaha dan petinggi dunia hiburan yang menikmati keindahan tubuhnya.

Jang terpaksa melakukannya karena ancaman dan teror yang diterimanya terus-menerus.

(rere/gur)