10 Artis Mandarin Terkaya (Di Bawah Umur 30) 2011

rainie-yang-dll
Dari atas searah jarum jam: Rainie Yang, Hebe Tien, Jane Zhang, dan Chris Lee. (dok.ist.)
TABLOIDBINTANG.COM -

MUDA dan kaya, 2 kata ini tepat menggambarkan artis-artis Mandarin berikut.

Harian Apple Daily, seperti dikutip situs Maydaily pada Rabu (28/12), merilis daftar artis Mandarin berusia di bawah 30 tahun mendapat penghasilan tertinggi tahun ini. Selain artis China dan Taiwan yang menggunakan bahasa Mandarin, daftar artis berikut juga menyertakan artis Hong Kong yang lebih banyak menggunakan bahasa Kanton.

1. Chris Lee/Li Yu Chun (51,1 juta Yuan/sekitar Rp 73,5 Miliar)
Perempuan berusia 27 tahun ini terkenal usai menjuarai ajang cari bakat Super Girl di China pada tahun 2005. Tahun ini, penyanyi yang sudah menelurkan 4 album ini juga bermain film bersama Jet Li berjudul Flying Swords of Dragon Gate yang pekan lalu dirilis di China dan sudah midnight di bioskop Jakarta.

2. Jane Zhang (46,7 juta Yuan/sekitar Rp 67,2 M)
Perempuan berusia 27 tahun ini juara 3 ajang cari bakat Super Girl di China pada tahun 2005. Ia menjadi nominasi MTV Europe Music Awards 2011 kategori Worldwide Act Asia Pacific bersama Big Bang, Jay Chou dan Agnes Monica.

3. Hebe Tien (42,5 juta Yuan/sekitar Rp 61 M)
Girlband S.H.E belakangan tidak aktif karena salah satu personelnya, Selina Jen, mengalami kecelakaan di lokasi syuting. Namun karier solo Hebe Tien, salah satu personelnya, justru melesat. Tahun 2011, Hebe merilis album solo kedua berjudul My Love.

4. Yang Mi (36 juta Yuan/sekitar Rp 52 M)
Menjadi aktris sejak usianya 5 tahun. Tahun ini usianya 25 tahun. Telah membintangi serial Mandarin terkenal macam The Return of Condor Heroes (2006) dan Chinese Paladin 3 (2008). Kabarnya ia juga membintangi film Painted Skin 2 bersama Vicki Zhou yang dijadwalkan rilis tahun 2012.

5. Charlene Choi (30,8 juta Yuan/sekitar Rp 44 M)
Besar bersama Twins, duo asal Hong Kong. Tapi setelah rekannya Gillian Chung vakum pasca kasus video porno dengan Edison Chen, otomatis perempuan berusia 29 tahun ini lebih banyak bersolo karier. Tahun ini Charlene merilis album Sweetest Day serta membintangi film Mandarin Treasure Inn dan The Sorcerer and the White Snake.

6. Jam Hsiao (27,2 juta Yuan/sekitar Rp 39 M)
Di usianya yang baru 24 tahun, pria Taiwan ini telah merilis 4 album dan tampil sebagai cameo dalam 2 serial Taiwan: Fated To Love You dan Momo Love.

7. Han Geng (26,2 juta Yuan/sekitar Rp 37,7 M)
Mantan personel Super Junior asal China yang kini bersolo karier. Tahun ini ia membintangi film My Kingdom bersama Barbie Hsu dan Wu Chun. Jakarta dan Surabaya termasuk kota yang dikunjungi Han Geng ketika promo My Kingdom.

8. Rainie Yang (25,1 juta Yuan/sekitar Rp 36,1 M)
Tahun ini Rainie Yang membintangi serial Drunken To Love You (bersama Joseph Chang) dan Sunshine Angel (bersama Wu Chun). Perempuan berusia 27 tahun ini juga merilis album bertajuk Longing For.

9. Wang Luo Dan (24,4 juta Yuan/sekitar Rp 35,1 M)
Aktris China berusia 27 tahun yang telah banyak membintangi serial produksi negeri Tirai Bambu itu. Tahun ini menjadi aktris utama dalam serial Secret Society of Men.

10. Khalil Fong (23,5 juta Yuan/sekitar Rp 33,8 M)
Pria berusia 28 tahun ini lahir di Hawaii. Kini ia dikenal sebagai penyanyi Hong Kong yang menekuni aliran musik soul.

(ray/ade)