Ryan Gosling, Aktor yang Tahu Apa yang Dia Mau

ryan-gosling-gq
TABLOIDBINTANG.COM -

TEMAN-teman sebayanya sudah lebih dulu terkenal. Christina Aguilera, Britney Spears, dan Justin Timberlake.

Ketiganya teman satu angkatan Ryan Gosling di The Mickey Mouse Club. Berbeda dengan mereka bertiga, Ryan tak terlalu serius menekuni olah suara. Padahal di kala senggang, ia menulis lagu dan merekamnya.

Kini momen yang tepat bagi Ryan untuk melaju. Setelah The Notebook, film romantis yang tak gampang dilupakan, tahun ini Ryan main di 3 film: The Ides of March; Crazy, Stupid, Love; dan Drive.

Dua film pertama menganugerahinya nominasi Golden Globe untuk aktor terbaik di 2 kategori, Film Drama dan Film Komedi atau Musikal.

Aktor asal Kanada yang lahir pada 12 November 1980 ini bukan orang baru di bilangan aktor yang terasah kemampuan aktingnya. Pada 2006, Half Nelson menganugerahinya nominasi Oscar di usia 26 tahun, termuda kedua setelah John Travolta (umur 24 dalam film Saturday Night Fever). Siapa tahu, penghargaan film di awal tahun depan ini akan memberinya trofi yang bisa dipajang di rumah.

Kebanjiran Pujian
Terlibat di The Mickey Mouse Club, mengisi peran utama di serial Young Hercules, melambung berkat The Notebook, belum lagi sederet penghargaan, mestinya Ryan Gosling lebih terkenal ketimbang sekarang.
Faktanya, ia malah sering dikira Ryan Reynolds, mantan suami Scarlett Johansson yang kini terlibat asmara dengan Blake Lively.

Toh Ryan tak keberatan. Ia hanya tersenyum ketika orang yang meminta tanda tangan dan berpose bersama memanggilnya dengan nama berbeda. Mirip dengan perannya di Drive yang tak banyak bicara.

“Dia perpaduan James Stewart, Charles Bronson, Alain Delon, Lee Marvin, dan Marcello Mastroianni,” komentar Nicolas Winding Refn, sutradara Drive. “Begitu melihatnya muncul di layar, mata Anda otomatis tertancap padanya. Sangat sedikit orang yang terlahir begini. Sangat sedikit aktor yang punya nyali untuk memburu film-film yang ingin mereka mainkan. Butuh integritas melakukan apa yang Ryan lakukan,” lanjut Nicolas memuji.

Ryan tak mau main di sembarang film. “Penting bagi saya untuk tahu mengapa pembuat filmnya ingin mewujudkan film tersebut,” kata Ryan.

Malang melintang di flm-film indie, lawan mainnya bisa dibilang tidak sembarangan. Dan hampir semuanya memberikan pujian setelah syuting bareng. “Ryan pria baik dan menggemaskan, sekaligus aneh, kelam, dan manipulatif,” ungkap Kristen Dunst yang main bareng di All Good Things.“Semua hal yang Anda inginkan ada dalam diri seorang aktor, dia punya.”

Sutradara Derek Cianfrance mengungkapkan, Ryan orang yang paling tepat diajak bertengkar karena pemarah. Ini berkaitan dengan film Blue Valentine. Derek pernah mengunci Ryan dan Michelle Williams selama 8 jam agar adegan pertengkaran mereka tampil otentik.

“Kami melakukan semua hal yang dilakukan pasangan, kecuali tidur bareng,” aku Michelle.

Kritikus David Edelstein memuji akting aktor yang dibesarkan di Ontario, Kanada, di Blue Valentine dan membandingkannya dengan Leonardo DiCaprio. Bedanya, Ryan tak punya keinginan untuk “memberi” saat membuat film. Ia sepertinya main film untuk dirinya sendiri, tanpa memikirkan penonton.

Akibatnya, Hollywood malah makin memburunya. Produser Fracture konon sulit mencari Ryan saat akan mengirim skenario. Gara-garanya ia tinggal dalam tenda selama 2 bulan untuk alasan yang tak pernah ia ungkapkan.

John Requa, sutradara Crazy, Stupid, Love yang lain, memahami hal ini. “Ryan pria cerdas, pun aktor yang pintar. Dia tahu apa dampak kesuksesan The Notebook dan apa yang mungkin terjadi. Saya rasa dia ingin menjalani kehidupan senormal mungkin dan punya tujuan yang jelas. Dia ingin melakukannya di momen yang ia mau,” terang John. Ia melanjutkan, ada petinggi Hollywood yang memuji lantaran mereka berhasil membuat Ryan jadi bintang. “Kami bilang, 'Bukan, Ryan yang memutuskan untuk jadi bintang dan kami beruntung mendapatkannya. Dia menentukan nasibnya sendiri. Dia datang pada kami. Kami hanya bilang action dan cut.”

eva-ryan-gosling

(Selalu) Terlibat Cinta Lokasi
Hubungannya dengan banyak perempuan terjalin hangat. Semua lawan mainnya di dalam film memuji. Tak heran Ryan menjalin hubungan dengan beberapa di antara mereka. Rachel McAdams mungkin yang paling terkenal.

Terkait peran mereka di The Notebook, fans senang ketika tahu keduanya benar-benar pacaran. Terungkap ketika mereka merebut penghargaan Ciuman Terbaik di ajang MTV Movie Awards 2005 dan dengan senang hati mereka ulang ciuman di atas panggung.

Selain Rachel, Sandra Bullock juga termasuk pacar Ryan yang paling banyak disebut-sebut. Bukan karena perbedaan umur yang 16 tahun, tapi Ryan sendiri jelas-jelas memujinya. “Saya punya dua pacar terbaik sepanjang masa. Saya belum bertemu orang yang bisa menandingi mereka,” cetus Ryan, membicarakan Sandra (pacaran 2002-2003) dan Rachel (pacaran 2004-2008).

Ryan meyakini hubungan asmaranya putus gara-gara mereka sama-sama bekerja di Hollywood. “Bisnis pertunjukan itu seperti penjahat. Kalau kedua pihak sama-sama bekerja di situ, jadinya terlalu banyak sehingga tak ada lagi yang bisa tumbuh,” ujar Ryan.

Tapi ia tidak kapok. Saat ini Ryan hangat-hangatnya berkencan dengan Eva Mendes (37), aktris yang jadi lawan mainnya di The Place Beyond the Pines. Akankah ia berkeluarga suatu saat nanti? “Saya, sih kepengin punya anak, tapi belum, jadi bikin film saja dulu. Saya rasa saya masih kesulitan menjalani keduanya -- berkeluarga dan bikin film -- sekaligus. Saya bikin film sampai saya punya anak. Entah kapan.” ati/berbagai sumber

(ati/ade)