FOTO-FOTO Megahnya Perayaan 60 Tahun Ratu Elizabeth II Bertahta

Diamondjubilee2
Perayaan Diamond Jubilee Ratu Elizabeth II. (dok.Daily Mail)
TABLOIDBINTANG.COM -

PERNAH dikatakan, matahari tidak pernah terbenam di Kerajaan Inggris. Union Jack, bendera Kerajaan Inggris, berkibar di seluruh dunia.

Itu dulu, saat Inggris begitu berjaya menguasai banyak negara di permukaan bumi. Selepas Perang Dunia II, satu-persatu jajahan Inggris memerdekakan diri. Namun, pesona kerajaan Inggris tidak surut. Tengok saja, tahun lalu, perhatian dunia tersita ke Inggris saat menonton pernikahan akbar pewaris tahta Pangeran William dengan Kate Middleton.

Tahun 2012 ini, kerajaan Inggris kembali berpesta. Ratu mereka tercinta, Ratu Elizabeth II genap bertahta selama 60 tahun. Perayaan yang dinamai Diamond Jubilee (pesta berlian) itu berlangsung meriah dan berakhir Selasa (5/6) kemarin.

Senyum dan lambaian tangan Ratu Elizabeth II dari balkon Istana Buckingham menutup perayaan pesta berlian ia naik tahta. Sang ratu tak didampingi suaminya Pangeran Philip (90 tahun), yang dirawat di rumah sakit karena radang kandung kemih.

Ribuan warga inggris memenuhi jalan yang dilewati arak-arakan Ratu kembali menuju Istana Buckingham usai misa penutupan perayaan di Katedral St. Paul, London, dan resepsi di Westminster Hall.

Sang Ratu, 86 tahun, duduk di kereta kencana didampingi menantunya Camilla, Duchess of Cornwall dan putranya, Pangeran Charles, suami Camilla. Tak hanya arak-arak kereta kencana dan pesta para bangsawan, perayaan itu juga dimeriahkan konser musik yang menampilkan penyanyi Inggris yang bergelar bangsawan seperti Sir Paul McCartney, Sir Elton John, Sir Cliff Richard, dan Sir Tom jones.


Images Credit: dok. Daily Mail

       

(ade/ade)