Uncle Phil "Fresh Prince of Bel Air", James Avery Tutup Usia

jamesavery
TABLOIDBINTANG.COM -

PARA penikmat sitkom tahun 90-an, Fresh Prince of Bel Air, tentu tak asing dengan sosok James Avery yang memerankan Phillip Banks atau Uncle Phil.

Pada Selasa, (31/12), aktor bernama lengkap James La Rue Avery, Sr. ini meninggal dunia pada usia 65 tahun, di sebuah rumah sakit di Glendale, California akibat komplikasi setelah menjalankan operasi jantung terbuka. Kabar duka ini disampaikan langsung perwakilannya, Cynthia Snyder kepada The Associated Press, seperti dilaporkan The Sydney Morning Herald, Kamis (2/1).

Avery memulai karier akting lewat The Blues Brothers sebelum tampil sebagai bintang tamu di beberapa serial, seperti The Jeffersons, Newhart dan The A-Team.

Tak lama setelah itu, ia bermain sebagai Michael Conover dalam LA Law serta menjadi pengisi suara di Teenage Mutant Ninja Turtles, sebagai Shredder, sebelum akhirnya mendapat peran yang mendongkrak namanya di sitkom Fresh Prince of Bel Air.

Di sitkom ini, Avery menjadi sosok paman yang tegas namun penyayang bagi tokoh yang diperankan Will Smith selama sekitar enam musim tayangan, dari tahun 1990 hingga 1996. Semasa hidup, ia juga berteman dekat dengan keluarga Will, termasuk sang istri, Jada Pinkett Smith.

Jada menulis di akun Facebook pribadinya, "Saya berharap dapat memulai tahun baru dengan cara yang berbeda, namun kami telah kehilangan lagi seorang teman. James Avery yang kita semua kenal baik sebagai Uncle Phil dari The Fresh Prince telah meninggal dunia. Rasa duka kami sampaikan kepada Bibi Florence (Ibunda Avery), Nyonya Barbara (Istri Avery) dan semua yang menyayanginya. Rest in Peace James.J."

You'll be missed James Avery/Uncle Phil! Terutama bagi para penikmat film televisi tahun 90-an, khususnya The Fresh Prince of Bel Air.

(tika/yb)