Kala Farhan Jadi MC Bersama Anaknya yang Autis, "Saya Bangga kepada Rizky..."

farhan-anak-600
Farhan dan anaknya, Rizky. (foto: dok. BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

SEPAK terjang Farhan (43) dalam dunia penyiaran dan hiburan tak perlu diragukan lagi.

Selain terkenal Belum lama pria asal Bandung ini menjadi MC acara "Harmoni Duniaku" yang diselenggarakan Gerakan Edukasi Masyarakat Peduli Autis. Uniknya, Selasa (24/12) itu saat menjadi MC, Farhan didampingi putra sulungnya Muhammad Rizky Khalid (14) yang juga autis.

Farhan awalnya sendiri membuka acara. Setengah jam setelahnya, dari sisi panggung tampak Rizky berjalan cepat menghampiri sang ayah. Rizky memegang kertas putih berisikan materi untuk ngemsi bersama Farhan. Sebelumnya mulai cuap-cuap, Rizky memperkenalkan diri. "Halo teman-teman, nama saya Rizky," ucap Rizky dengan terbata-bata.

Farhan dan Rizky berinteraksi, dengan sesekali Farhan memperbaiki kalimat-kalimat yang diucapkan putranya agar dimengerti audiens. Sesekali Farhan memegang pundak Rizky, menyadari Rizky gugup menjadi MC. "Santai saja Ky, relaks saja, ya," kata Farhan kepada anak sulungnya. Kemudian Farhan dan Rizky membawakan sesi talk show yang menghadirkan beberapa narasumber. Farhan meminta Rizky bertanya kepada salah seorang narasumber terkait autisme. "Bagaimana biar aku bisa belajar di rumah?" tanya Rizky.

Saat pertanyaannya dijawab, Rizky seakan cuek dan tidak memedulikan si narasumber. Ia bermain-main dengan mic dalam genggamannya atau sesekali diam, entah melamunkan apa. Farhan sesekali menepuk pundaknya supaya memperhatikan narasumber itu. Setengah jam di panggung, Rizky turun dan keluar ruangan, ditemani ibu dan adiknya.

Momen itu ternyata merupakan keempat kalinya Farhan ngemsi bersama Rizky. Sebelumnya, duet ayah-anak ini sudah menghibur di acara sekolah Rizky. "Kalau di acara (tentang) autisme, baru pertama ini," jelas Farhan. Walau penampilannya singkat dan masih butuh bimbingan, berhasil menunjukkan, Rizky punya keterampilan bicara di depan umum. "Tadi saya malah tegang, lho hahaha," ujar Farhan terbahak-bahak.

Sebelum berduet, Farhan dan Rizky berlatih di rumah, mempelajari materi yang akan dibawakan. Betapa gembiranya Rizky, diajak ngemsi bareng ayahnya. "Saya bilang sama dia, 'Rizky, nanti kita ngemsi bareng, ya.' Katanya, 'Oh, aku senang sekali,'" Farhan menirukan ucapan Rizky.

(han/ade)