Untuk Putranya yang Autis, Farhan Habiskan Rp 10 Juta Setiap Terapi

farhan-anak-600
Farhan dan anaknya, Rizky. (foto: dok. BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

FARHAN menjadi MC di sebuah acara "Harmoni Duniaku" yang diselenggarakan Gerakan Edukasi Masyarakat Peduli Autis bersama putra sulungnya, Muhammad Rizky Khalid (14) yang juga autis.

Saat ini Rizky duduk di kelas 1 SMP Global Mandiri School Cibubur, Jakarta Timur. Ia satu tingkat dengan sang adik yang 2 tahun lebih muda.

Pelan-pelan Rizky bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Pada usia 18 bulan, Rizky terdiagnosis mengidap autisme. Awalnya Farhan melihat Rizky di usia itu sangat cuek dan menjadi anak yang sangat pendiam atau anteng. "Punya anak yang anteng, senang. Tapi ternyata itulah awal dia kena autisme," kenang Farhan.

Sejak itu sudah banyak terapi yang ditempuh Rizky demi mengurangi tingkat autismenya. "Autisme tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa dikurangi kebiasaan buruknya," jelas Farhan yang untuk setiap terapi Rizky bisa mengeluarkan uang sebesar Rp 10 juta.

Rizky sudah melakukan terapi behavior atau tingkah laku, supaya si anak mengerti tentang perintah atau suruhan dan melakukan perintah itu. Lalu bisa menangkap pelajaran pengetahuan dan sistem teori perhitungan, apalagi mengingat kini ia sudah kelas 1 SMP.

Usianya yang sudah remaja membuat Farhan lebih peduli lagi. Mengingat terapi selanjutnya yang akan ditempuh Rizky berupa bagaimana menjalankan tata krama dan sopan santun dalam berinteraksi.

(han/ade)