Inggrid Kansil Dianugerahi Gelar Keturunan Raja Mangana Kansil

inggrid-Kansil-ARI
Inggrid Kansil (Ari/BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

ARTIS yang juga anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Inggrid Kansil mendapat kehormatan besar dari Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang, Sitaro.

Ingrrid dianugrahi gelar Keturunan Raja Mangana Kansil, lantaran perjalanan prestasinya yang selama ini dianggap cukup baik. Pemberian gelar dilakukan bertepatan dengan kegiatan Perayaan Gelar Seni Budaya Adat Tulude 2013.

 "Alhamdulillah masyarakat Kepulauan Siau, Sitaro, memberikan kepercayaan pada saya. Ini sebuah beban bagi saya bagaimana ke depannya bisa menjaga etika dan membawa amanah budaya dari nenek moyang," kata istri menteri Koperasi dan UKM Sarief Hasan ini.

Gelar Seni Budaya Adat Tulude merupakan perayaan yang jatuh setiap bulan Januari, dalam rangka menjaga keraifan lokal daerah yang merupakan akselerasi ilmu dan budaya masyarakat adat.

"Ilmu dan budaya merupakan sesuatu yang lekat dalam pewarisan nilai leluhur kita. Para leluhur telah memberikan banyak pelajaran dan semangat kehidupan. Nilai budaya dan adat perlu terus ditata untuk selalu diwariskan dan dilindungi," tutur Inggrid.

Pada kesempatan itu, Inggrid berkesempatan untuk berziarah ke makam leluhurnya, yaitu Raja Mangana Kansil. Dari silsilahnya, Inggrid Kansil memang merupakan keturunan dari Raja Mangana.

(ari/gur)