Warga Rusia Tidak Percaya Isu Meteor Jatuh, Isu Alien Merebak

Jejak meteor yang jatuh di Chelyabinsk
Jejak meteor yang jatuh di Chelyabinsk (dok. ist)
TABLOIDBINTANG.COM -

SETELAH kota Chelyabinsk dibuat geger dengan isu meteor jatuh, surat kabar Rusia Noviye Izvestia membuat survey terhadap para pembacanya.

Pertanyaannya hanya satu: apa mereka percaya benda langit yang jatuh itu benar-benar meteor?

Hasilnya cukup mengejutkan. Nyaris setengah pembaca Noviye Izvestia mengaku tidak percaya dengan adanya isu meteor jatuh yang telah melukai ribuan warga itu.

Para partisipan survey muncul dengan teori mereka masing-masing. Ada yang percaya benda langit itu merupakan pesawat alien yang jatuh, pesan dari Tuhan, bahkan adanya kuda Trojan yang membawa virus berbahaya untuk melenyapkan seluruh populasi bumi.

Ada pula yang meyakini fenomena alam itu merupakan eksperimen rahasia oleh militer Amerika Serikat.

Alexei Grazhdankin, deputi direktur lembaga survey Levada Center menuturkan, sikap skeptis telah mengakar di benak warga Rusia sejak lama.

“Warga Rusia masih ingat masa lalu Soviet, saat berita bencana banyak ditutup-tutupi dan penuh kebohongan,” ujar Grazhdankin, seperti dilansir Times of India, Selasa (26/2).

“Dari survey terdahulu ditemukan 25% warga Rusia percaya adanya UFO. Banyak yang tidak percaya dengan penjelasan logis seperti yang mereka dapatkan lewat pelajaran di sekolah. Walau ada banyak informasi terpercaya, mereka tidak mudah untuk mempercayainya,” sambungnya.

Bukan cuma warga Rusia yang tidak percaya dengan isu meteor jatuh. Penulis sekaligus pembuat film dokumenter Gary C. Daniels, meyakini fenomena meteor jatuh merupakan salah satu bukti kebenaran ramalan kiamat suku Maya.

Seperti dilansir AllVoices.com, Daniels mengaitkan fenomena alam ini dengan video game “X-Com: Enemy Unknown” yang mengisahkan invasi alien ke bumi yang dimulai dengan adanya meteor jatuh.

(rere/gur)