Mengapa Ricky Martin Bisa Mengaku Gay dan Selebritis Kita Tidak

Ricky Martin
People
TABLOIDBINTANG.COM -

Lewat situs resminya Ricky Martin berujar, “Saya bangga menyatakan bahwa saya homoseksual beruntung.”  Selama ini Ricky selalu menghindar bila ditanya tentang orientasi seksualnya. Keputusannya mengaku diputuskan saat menulis memoarnya.

Faktor lainnya adalah kelahiran bayi kembarnya (dari surrogate mother atau wanita yang jadi rahim pengganti)—Matteo dan Valentino—pada Agusttus 2008. Mengungkap jati dirinya sebagai gay, kata Ricky, membuahkan kebahagiaan. “Menjalani hidup selama ini seperti melenyapkan cahaya terang yang dibawa anak-anak saya saat lahir ke dunia.”

Entah menurut Anda, tapi di Amerika sana, pengakuan Ricky Martin kalau dia gay bukanlah berita besar. Hal itu hanya mengkonfirmasi gosip yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Walau Ricky sering tampil ke banyak acara dikelilingi wanita-wanita cantik nan seksi—dan persis begitu pula di video klipnya—sudah jadi bahan gosip kalau pelantun “Livin La Vida Loca” itu penyuka sesama jenis. Pada tahun 2000, dalam sebuah wawancara, Barbara Walters bertanya apa ia gay atau bukan. Sang penyanyi merasa kikuk, tapi ia menolak menjawabnya. Beberapa tahun kemudian, paparazzi memotretnya sedang berduaan bersama pria di pantai. 

Yang membuat orang bertanya-tanya justru mengapa butuh begitu lama bagi Ricky untuk jujur? Bisa jadi karena ia tengah menulis memoarnya. Akan konyol jika nanti memoarnya terbit, bagian yang paling dalam dari dirinya tak keluar. Atau, Ricky memang takut kariernya akan hancur kalau ia mengaku gay. Atau, pengakuan itu memang begitu sulit dan baru sekarang saatnya ia bisa mengungkapkannya.

Entah selebriti atau bukan, mengaku kalau punya orientasi seksual yang tak seperti kebanyakan orang tidaklah mudah. Butuh keberanian, keyakinan, dan rasa mantap. Sebab, setelahnya tidak ada jalan balik.

Meski begitu, di Barat sana, pengakuan selebriti kalau ia gay sudah dianggap bukan berita besar. Masa-masa saat Lance Bass, personil ‘NSync jadi cover majalah People dan Ellen Degeneres jadi cover majalah Time rasanya sudah lewat. Hal ini, seperti ditulis Julia Baird di situs Newsweek, Kamis (1/4) pekan lalu, saat seorang selebriti mengaku gay dan dianggap bukan berita besar, kata hasil studi terbaru berarti pertanda negeri itu lebih toleran pada homoseksualitas. Yang menandakan pula, “lebih demokratis, lebih maju, dan lebih makmur… lebih berpendidikan… (artinya)… relatif bahagia.”

Lantas, bagaimana di Indonesia sini? Di Indonesia bukannya tak ada artis atau selebriti yang mengaku gay atau punya perilaku seksual menyimpang dari kebanyakan. Hanya saja, pengakuan itu kebanyakan terjadi saat mereka mengklaim diri sudah bertobat. Jupiter Fortissimo mengaku pernah jadi gay dan biseksual tapi kemudian menemukan jalan Tuhan dan bertobat. Begitu pula designer Samuel Wattimena yang juga mengaku dulu gay dan kini bukan lagi.

Sangat jarang, bahkan nyaris tak ada (saya katakan nyaris, karena ada lho yang tanpa bilang-bilang dirinya gay tapi akun Facebook-nya memperlihatkan jelas siapa dirinya.). Indonesia tentu tak bisa disamakan dengan Amerika. Kita konon masih menganut budaya Timur yang kental. Toleransi pada homoseksualitas bukanlah khas Timur, apalagi Indonesia.

Di sini, jika ada selebriti mengaku gay pasti jadi berita besar. Dan besoknya, alih-alih dukungan sudah berkata jujur (atau malah tak dipedulikan orang), yang terjadi selebritis bersangkutan diancam sebuah organisasi yang mengatasnamakan agama, atau kariernya hancur karena stasiun TV dan produser ogah memakainya lagi.

Jadi, jangan terlalu berharap bakal ada selebritis sini yang akan mengaku dengan terbuka ia gay. Dan, rasanya, bukan hak kita memaksanya mengaku. Biarkan pengakuan itu (atau keputusan menyimpannya rapat-rapat) kita serahkan pada mereka masing-masing.

Lagipula, bisa jadi masyarakat—tanpa mereka mesti mengaku atau tidak—sudah bisa menebak mereka gay atau bukan. Jangan-jangan yang tidak pintar itu justru media, sudah menduga selebriti yang ditanyainya gay kok masih ditanya kapan kawin, kapan punya pacar….