Mereka Tiada Akibat Kecelakaan

diana_tout
Putri Diana meninggal dalam kecelakaan trgis tahun 1997. (dok.ist.)
TABLOIDBINTANG.COM -

SAAT maut datang, tak seorang pun dapat menolaknya.

Maut yang datang lewat peristiwa kecelakaan terasa lebih mengejutkan karena datang begitu tiba-tiba, seperti petir di siang bolong, tidak didahului sakit yang memberi pengharapan untuk sembuh.   

Dunia begitu terkejut saat meninggal dalam kecelakaan tragis di Paris bersama kekasihnya Dodi Al Fayed pada 31 Agustus 1997. Putri yang dijuluki "People's Princess--Putri rakyat"  itu begitu dicintai dan kematiannya yang mendadak dan tragis terasa sangat mengejutkan.

Kemudian dalam skala yang lebih kecil, terutama warga Amerika Serikat, terkejut tragedi yang menimpa putra Presiden Kennedy, John F. Kennedy Jr. yang meninggal bersama istrinya, Carolyn Bessette-Kennedy plus adik iparnya, Lauren dalam kecelakaan pesawat ringan yang dikemudikannya pada 16 Juli 1999.

Virginia-Anggraini-Anggie-BBelum lama ini, kita dikejutkan leh tragedi kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa istri pedangdut Saipul Jamil, Virginia Anggraeni. Pada Sabtu (3/9) pagi lalu, Ipul, sapaannya, tak bisa mengendalikan mobil Toyota Avanza yang dikemudikannya tepat di km 96 tol Purbaleunyi hinga oleng membentur pembatas jalan dan berguling-guling di jalan. Selain Virginia yang tewas, 4 penumpang lain di mobil itu terluka.       

Tentu, istri Saipul Jamil bukan korban pertama dari kalangan seleb negeri ini yang tewas karena kecelakaan. Daftar ini dibuat sekadar mengingatkan kita pada tagedi kecelakaan yang menimpa selebriti tanah air dalam 20 tahun terakhir.

Andy_LianyAndy Liany
Masih ingatkah Anda dengan sosok penyanyi Andy Liany? Dia salah satu bakat cemerlang di jagad musik tanah air. Ia antara lain tenar lewat lagu hitnya "Antara Kita". Pada Selasa, 29 Juli 1995, pukul 23.30 WIB, mobil ToyotaKijang bernomor polisi B 2324 LO yang dikemudikannya mengalami kecelakaan. Peristiwanya terjadi di by pass Kerawang, Jawa Barat dalam perjalanan menuju Wonosobo. Sebelum kejadian, Andy menyalip truk. Dia tak menduga kalau jalan di depan truk menikung tajam. Mobil tak bisa dikendalikan hingga menabrak pohon. Andy bersama 5 penumpang lainnya terlempar ke empang pinggir jalan. Andy tewas, penumpang lain luka-luka.

Abiem Ngesti
Abiem Ngesti, penyanyi dangdut itu, paling dikenal lewat lagunya "Pangeran Dangdut" pada 1990. Namun, sebelum gelar pangeran dangdut betulan disematnya, ia keburu dipanggil Tuhan. Sabtu, 19 Agustus 1995, sekitar pukul 03.30 WIB, di jalan tol Jakarta-Cikampek, Abiem bersama ibu, adiknya, serta sepupunya mengalami kecelakaan. Tepat 35 hari sebelum maut menjemputnya, Abiem syuting video klip lagu "Dahsyat" miliknya di pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Saat itu Abiem disebutkan seolah memberi isyarat ingin pamit pada penggemarnya. "Abiem betul-betul habis-habisan, meski syuting tepat di tepi jurang, Abiem tak menunjukkan rasa takut," cerita Azhar Gunawan yang menangani video klip terakhir Abiem itu pada tabloid ini pada 1995.

nike-ardillaNike Ardilla
Hingga kini, tidak ada artis kita yang hari kelahiran maupun kematiannya diperingati secara rutin oleh penggemarnya selain Nike Ardilla. Kematian Nike dikenang sebagai kecelakaan paling tragis yang menimpa selebriti tanah air. Pada Minggu, 19 Maret 1995, mobil Honda Civic Genio dengan nomor polisi D 27 AK yang dikemudikannya menabrak tembok kantor Nata Usaha Abadi di jalan RE Martadinata, Bandung, Jawa Barat. Peringatan atas kepergian Nike terus diadakan terutama oleh fans setianya yang tergabung dalam NAFC (Nike Ardilla Fans Club) dengan agenda wajib ziarah ke makam Nike di desa Imbanegara, Ciamis, Jawa Barat. Banyak pula rombongan ibu-ibu pengajian yang melaukan ziarah spiritual di sepanjang pulau Jawa menyempatkan diri mengunjungi makam Nike Ardilla.      

Achmad Iskandar Zulkarnaen (Suami Nia Zulkarnaen)
Sebelum menikah dengan Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen bersuamikan Achmad Iskandar Zulkarnaen atau Alexander David Siahaan, seorang pembalap. Namun, maut memisahkan cinta mereka ketika pada Sabtu, 25 Mei 2002, Alex meninggal dalam kecelakaan saat latihan reli di sirkuit Bumi Serpong Damai, Tangerang. "Saya berharap ini hanya mimpi. Saya belum merasa suami saya telah pergi. Saya menganggapnya dia sedang pergi ke bengkel. Pulangnya malam. Perasaan ini saya alami juga waktu ditinggal Papa. Waktu Papa (Dicky Zulkarnaen - red) meninggal saya menganggapnya sedang pergi syuting," ungkap Nia pada tabloid ini kala itu. Namun,kenyataannya tak demikian.  

Adi_FiransyahhAdi Firansyah
Saat hari naas kitu, Sabtu, 23 Desember 2006, pesinetron Adi Firansyah pamit pulang ke rumah dari lokasi syuting Cinta 2020. Adi ada jadwal menghadiri acara jumpafan di mal Tamini Square. Tapi ia ingin pulang ke rumahnya di Bekasi Selatan. Tapi 3 kilometer sebelum tiba di rumahnya, tepatnya di jalan tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) yang belum terpakai, Adi mengalami kecelakaan maut. Sepeda motor Honda Fit bernomor polisi B 6984 KBC yang dikendarai M. Alif Azqianata, seorang bocah 9 tahun, datang dari arah Barat menuju arah Timur. Namun, Alif tiba-tiba putar balik ke arah semula. Bersamaan dengan itu, dari arah yang sama motor Kawasaki warna hijau bernomor polisi B 5829 MBP yang dikendarai Adi meluncur dengan kecepatan tinggi. Terjadilah kecelakaan, dengan benturan yang sangat keras. Tubuh Adi terpental beberapa meter, begitu juga dengan Alif yang masih duduk di kelas 3 SD. Kepala, kaki, pergelangan kaki Alif patah. Sedangkan Adi, kepalanya retak, jari manis kiri putus. Alif meninggal di tempat. Adi sempat bangun sebentar, muntah darah, lalu terjatuh. Saat dibawa pakai mobil bak terbuka menuju rumah sakit. Kondisi Adi yang parah, membuat beberapa rumah sakit menolak untuk merawatnya. Akhirnya Adi dilarikan ke RSUD Bekasi. Sayang, Adi sudah mengembuskan nafas terakhirnya. 

taufik_savalas_0Taufik Savalas
"Dia sederajat dengan almarhum Bing Slamet dan H. Benyamin S, yang di masa-masa puncaknya pergi meninggalkan kita," begitu kata Mat Solar mengomentari kepergian rekan sejawat sekaligus sahabatnya, komedian Muhammad Taufik atau lebih dikenal dengan Taufik Savalas (41), yang meninggal secara tragis akibat kecelakaan mobil yang dialaminya di Jalan Raya Purworejo - Yogyakarta km 12 atau tepatnya di desa Krendetan, Kecamatan Bagelan, Purworejo, Jawa Tengah, Rabu, 11 Juli 2007 sekitar pukul 22.00 WIB. . Mobil Toyota Kijang LGX warna kuning emas bernopol B 2089 QH yang mengangkut rombongan Taufik, bertabrakan dengan truk gandeng Fuso bernopol D 9832 AA yang membawa ratusan karung semen. Taufik tengah dalam perjalanan untuk syuting iklan sabun mandi Lifebuoy bersama agensi iklan produk itu. Sampai di desa Krendetan, berjarak kira-kira 43 kilometer dengan Kota Yogyakarta atau 12 kilometer dari Kota Purworejo, laju mobil tetap pada kecepatan sedang. Sebelum memasuki pasar Krendetan, tiba-tiba dari arah berlawanan muncul truk gandeng masuk ke jalur kanan yang dipakai Khaerudin. Brakk! Benturan dua mobil berbeda ukuran itu pun tak terhindarkan. Mobil kijang nyungsep di bawah truk dan terseret sekitar 30 meter. Laju truk terhenti saat menabrak pagar beton salah satu rumah warga. Mobil kijang itu ringsek dan kap atas terbuka.

Sophan Sophian
Sebelum tiada, Sophan Sophian bersama istrinya Widyawati menjadi ikon dan contoh cinta sejati pasangan selebriti. Hingga usia tua, cinta mereka tak luntur dan menjadi panutan bagi selebriti lain agar tidak kawin-cerai. Tapi apa mau dikata, maut tak dapat ditolak. Maut memisahkan cinta Sophan dan Widyawati. Sophan mengalami kecelakaan motor saat touring bersama 270 pengendara moge (motor gede) dalam perjalanan dari Yogyakarta ke Kediri, pada Sabtu, 17 Mei 2008 silam. Touring moge itu digelar dalam ranka 100 tahun Kebangkitan Nasional. Saat menuju Sragen dari Kediri, Sophan berada di depan tepat di belakang kawalan polisi. Widyawati tak bersamanya, tapi berada di mobil rombongan yang tak pakai motor. Namun, tepat di jalan raya Desa Bandarejo, Ngawi-Maingan km 18-19, pukul 09.30 WIB, saat menikung Sophan menghindari lubang besar di jalan. Naas, motor Sophan terperosok ke lubang yang lebih besar lagi. Akibatnya motor oleng dan terguling. Kemudian terungkap saat terjatuh dari motor, Sophan tergilas motor yang melaju di belakangnya. Sophan tewas dalam perjalanan ke rumah sakit Sragen.

(ade/ade)