KALEIDOSKOP 2011: Yang Disesalkan Terjadi Tahun Ini

ustad-simon-jap
TABLOIDBINTANG.COM -

YA, tahun 2011 bukan hanya berisi berita gembira.

Perekonomian kita membaik, kelas menengah semakin banyak, SM*SH bikin boyband dan girlband booming, atau Briptu Norman dan Syahrini telah menghibur kita.

Banyak juga hal yang kita sesalkan terjadi tahun ini, entah karena membuat kita sedih ataupun hal-hal itu tak sepatutnya terjadi. Baik yang merupakan suratan takdir yang Kuasa atau seharusnya bisa dicegah.

Ini dia hal-hal yang kami sesalkan terjadi tahun ini.

marco-simoncelli10. Marco Simoncelli tewas di arena balap
Setiap ada pembalap yang meninggal di arena balap, kami sedih. Saat balapan di sirkuit Sepang, Malaysia, 23 Oktober pembalap MotoGp asal Italia Marco Simoncelli, 24 tahun, jatuh dari motornya yang kemudian dilindas dua motor dibelakangnya hingga helmnya terlepas. Pembalap yang dijuluki Super Sic ini meninggal di ambulans.  

Virginia-Anggraini-Anggie-BI-7

9. Istri Saipul Jamil meninggal
 Kematian orang terkasih mendatangkan kesedihan yang mendalam bagi yang ditinggalkan. Tapi, saat Saipul Jamil kehilangan istrinya, Virginia Anggraeni—meninggal dalam kecelakaan di jalan tol Cipularang, 3 September silam, beberapa hari setelah Lebaran—yang terjadi tak hanya kesedihan, tapi juga sebuah eksploitasi. Kita melihat kematian Virginia menjadi pemberitaan semua media. Tidak hanya itu, Bang Ipul malah jadi makin laris tampil di TV mengungkap kesedihannya. Ia main sinetron yang ceritanya mirip kisah hidupnya. Bahkan, film yang sebetulnya sudah syuting saat Virginia masih hidup bisa tiba-tiba diubah ceritanya oleh produser. Untuk kasus terakhir, Bang Ipul memang protes. Tapi, itu tak membantah kalau ia memanfaatkan dan dimanfaatkan atas tragedi kematian istrinya.  

kim98. Kim Kardashian cerai setelah 72 hari berumah tangga
Memang, masih banyak seleb lain yang umur perkawinannya lebih pendek dari Kim Kardashian dan Kris Humphries. Tapi, buat kami, Kim seolah hanya memperlakukan setiap jengkal kehidupannya sebuah reality show. Buat dia, perkawinan tak ubahnya episode reality show saja. Semuanya adalah tontonan. Lain tidak.

arif-pocong7. Identitas @Poconggg terbongkar
Kami tak hendak berspekulasi kalau dari segi waktu momen identitas @Poconggg terbongkar hampir bersamaan dengan dimulainya promosi film yang diangkat dari bukunya Poconggg juga Pocong, yang memunculkan dugaan pengungkapan itu hanya bagian dari promosi film. Yang disesalkan, saat identitasnya terbongkar @Poconggg, seleb Twitter paling tenar kiwari itu, berubah jadi tak sekocak sebelumnya. Tidakkah Anda merasakannya juga? Saat kita tahu Arif Muhammad sosok di balik @Poconggg rasa penasaran kita berakhir. Belakangan kita malah merasa ternyata sosok aslinya tak sejenaka saat ia berkicau di Twitter.       

Ustadz-Soleh-Mahmud-Munawir

6. Ustadz jadi bulan-bulanan gosip
Televisi tak menyediakan panggung bagi pemain sinetron, penyanyi, atau pelawak. Televisi juga jadi panggung bagi para pendakwah, penganjur yang menerangkan jalan kebaikan agama. Namun, televisi tak hanya punya sisi baik—dakwah agama makin mudah, murah, dan lebih luas diterima masyarakat—tapi juga sisi buruk. Salah satu sisi buruk itu adalah lebih banyak ustadz yang bertingkah seperti artis ketimbang pendakwah. Selayaknya seleb, tahun ini kita melihat ustadz menjadi bulan-bulanan gosip—hal yang seharusnya tak lazim terjadi pada pemuka agama. Kita melihat ustadz berselisih dengan mantan istrinya. Sang mantan istri mengungkap masa lalu si ustadz. Kita juga melihat ustadz cerai dan berpoligami. Bukan kawin-cerai atau poligaminya yang kami sayangkan, melainkan betapa segala pemberitaan soal itu malah membuat sosok ustadz sebagai panutan semakin jauh.   

21-cineplex5. Puasa film Hollywood tak membuat film Indonesia membaik
Sejak Februari tahun ini hingga Juli, kita puasa film Hollywood. Persoalan yang berpangkal pada masalah tunggakan pajak importir film Hollywood membuat kita puasa. Pecinta film panik. Yang punya uang lebih berplesir ke Malaysia atau Singapura menonton film Hollywood. Yang di dalam negeri disuguhi film nasional berisi pocong dan horor mesum. Bioskop sepi. Film nasional kena imbasnya karena sedikit orang ke bioskop. Akhirnya pemerintah berunding. Hollywood boleh masuk lagi. Soal tunggakan pajak seolah dilupakan. Sementara itu, perfilman nasional tak membaik karena tak ada pembenahan apapun terkait masalah distribusi dan eksebisi film. Film nasional malah kembali bersaing mendapatkan penonton dengan film-film Hollywood.

Jupe-Vs-Depe14. Jupe Vs. Depe bertengkar
Wajar jika antara mereka terjadi persaingan merebut tahta ikon selebriti paling seksi. Menjadi tidak wajar jika kemudian persaingan itu berlanjut jadi saling cakar di lokasi syuting, terekam kamera pula. Karena dua-duanya jago mencari sensasi, keduanya saling lapor polisi bikin persoalan berlarut-larut hingga ke meja hijau. Tidak hanya kita dipaksa melihat dagelan mencari sensasi ini berlama-lama di infotainment, tapi produser film juga memanfaatkan konflik mereka sebagai bagian promosi film. Hasilnya, Arwah Goyang Karawang (yang kemudian diganti jadi Arwah Goyang Jupe-Depe) menjadi film terlaris nomor dua tahun ini dengan jumlah penonton lebih dari 700 ribu.

HARRY-POTTER-POSTER-1

3. Harry Potter tamat
Tahun ini kita berpisah dengan Harry Potter, Ron Weasley, dan Hermione Granger di layar lebar. Tidak akan ada lagi film Harry Potter setelah Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 yang rilis tahun ini. Bagi generasi kita, Harry Potter yang dibintangi Daniel Radcliffe dkk adalah “Harry Potter kita”. Setelahnya hanya akan ada remake bagi generasi mendatang.                   

stevejobs.mac.gi

2. Steve Jobs meninggal
Begini harian Kompas, Sabtu, 8 Oktober 2011, memulai tajuknya atas kematian Steve Jobs: “Ia hidup sebagai sosok yang dikagumi, juga dicintai. Pertama oleh kecerdasannya. Berikutnya juga oleh benda yang ia bantu kelahirannya. Dan yang terakhir boleh jadi oleh falsafah hidupnya yang kental dengan nuansa spiritualnya, memberi banyak orang pemahaman baru, misalnya tentang pentingnya merespons intuisi, juga mengenal makna kematian.” Jobs bukan pencipta komputer tablet, laptop, pemutar musik, maupun handphone pintar, namun dengan komputer Macintosh, Macbook, iPod, iPhone, dan iPad, ia telah membuat segalanya lebih bergaya. Kita kehilangan seorang inovator ulung ketika ia meninggal pada 5 Oktober silam.

japan.tsunami.waves.nhk1. Jepang diterjang tsunami dan krisis nuklir
Ini adalah bencana alam paling menyita perhatian kita tahun ini. Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter mengguncang Jepang 11 Maret silam. Gelombang tsunami setinggi 10 meter datang menyapu daratan di pinggir pantai wilayah pesisir Jepang yang menghadap Pasifik. Lebih dari 15 ribu orang tewas. Gempa juga mengakibatkan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi bocor. Beberapa pekerjanya tewas dan membuat penduduk di wilayah radius 20 kilometer dari pembangkit harus dievakuasi.  

(ade/ade)