5 Sinetron dengan Ending yang Tidak Biasa

ending grid-ANAKKU-1
TABLOIDBINTANG.COM -

BANYAK sinetron sukses, namun belum tentu memberikan ending yang berkesan.

Terlebih di era kejar tayang seperti sekarang. Bahkan penulis, sutradara, dan produser pun tidak bisa memastikan berapa lama usia sebuah sinetron. Semua bergantung pada rating. Kalau jumlah penontonnya banyak, ya siap-siap saja pemirsa disuguhi ratusan bahkan ribuan episode. Sebaliknya, jika ratingnya buruk, jangan kaget jika tiba-tiba berakhir. Atau paling tragis, sinetron menghilang begitu saja tanpa ada penyelesaian konflik.

Umumnya sih, sinetron memberikan "happy end", meski kadang maksa. Dalam sinetron Wulan, misalnya. Karakter Wulan diceritakan sembuh dari Alzheimer setelah operasi otak (Bisa gitu?). Namun ada beberapa sinetron yang menurut kami memberikan ending tak biasa, sehingga meninggalkan kesan meski sudah lama tamat.

ending ANAKKUANAKKU BUKAN ANAKKU (2005)
Cerita anak ditukar menjadi konflik utama sinetron produksi SinemArt ini. Bayu (Eeng Saptahadi) dan Rona (Ana Pinem) yang miskin sengaja menukar bayi mereka yang baru lahir dengan bayi Nico (Krisna Mukti) dan Vivian (Raslina Rasidin). Bayu dan Rona lalu bekerja sebagai satpam dan pembantu di rumah Nico dan Vivian, agar bisa mengawasi putri mereka.

Enam belas tahun berlalu. Tatia (Nabila Syakieb), putri kandung Nico dan Vivian, tak mengerti mengapa Bayu dan Rona yang dikira orangtuanya menyiksanya. Adel meski dibesarkan Nico dan Vivian, nyatanya mewarisi sifat jahat Bayu dan Eeng.

Ending-nya, rahasia terungkap bahwa Tatia dan Adel ditukar. Setelah kembali ke orangtua masing-masing, diadakan pesta besar. Seorang dokter yang membantu persalinan Tatia datang ke acara itu. Ia melihat aksi licik Bayu dan Rona saat menukar bayi. Sang dokter pun mengembalikan posisi bayi ke tempat tidur bayi seharusnya!

Ya, Tatia dan Adel tidak pernah ditukar! Tentu Bayu dan Rona menyesal setengah mati sudah menyiksa gadis yang mereka kira bukan anaknya.

ending cinderellaCINDERELLA (2007)
Debut Cinta Laura di sinetron. Ia berperan sebagai Cinta. Dari awal Cinta diplot berpasangan dengan Rasya (Galih Ginanjar). Namun ada saja penghalang hubungan keduanya. Mulai tak direstui orangtua, amnesia, dan lain-lain.

Di pertengahan episode muncul karakter Rama (Rezky Aditya) dan Nina (Poppy Bunga) di tengah Cinta dan Rasya. Akhir episode, yang bersatu justru Cinta-Rama, dan Rasya-Nina.

Tentu saja netizen yang mengharapkan Cinta-Rasya bersatu dan setia menantikan selama 308 kecewa melihat endingnya. Namun ada pula yang menyukai Cinta-Rama bersatu karena chemistry Cinta-Rezky yang tak kalah apik.

ending tersayangTERSAYANG (1999)
Topi identik dengan sinetron Tersayang. Ceritanya cukup unik. Dion (Anjasmara) yang naksir Mayang (Jihan Fahira), menyamar jadi Andi (Adam Jordan), pria yang sudah dijodohkan orangtua Mayang, namun Mayang tak pernah bertemu sosoknya. Banyak adegan manis antara Dion-Mayang sepanjang episodenya.

Siapa sangka berakhir sad ending. Karakter antagonis menembak Andi hingga mati di halaman rumah sakit. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Andi menitipkan Mayang pada Dion. Airmata pun tumpah. Tak ada pernikahan. Adegan kematian Andi menutup perjalanan Tersayang.

Pemain dan kru ikut menangis saat syuting episode terakhir sinetron produksi Multivision Plus di RS Cikini itu.

ending AZIZAHAZIZAH (2007)
Tidak berakhir dengan siapa-siapa. Itulah ending sinetron produksi MD Entertainment ini. Hubungan Azizah (Kirana Larasati) dan Raffy (Miller Khan) melalui tahap-tahap yang cukup rumit. Berawal dari benci, tumbuh jadi cinta, terhalang restu orangtua.. Sampai suatu malam Azizah dan Raffy melakukan hubungan badan dan membuat Azizah hamil.

Sebelum sempat menikah, Raffy dikisahkan meninggal dalam kecelakaan. Memang, setelah itu muncul 2 karakter pria yang mendambakan cinta Azizah (diperankan Ryan Delon dan Bayu Septi Virguna) tapi Azizah tidak memilih keduanya. Ia memutuskan ingin membesarkan bayi dari benih Raffy sendirian. Jarang-jarang karakter utama sinetron tak berakhir dengan siapa-siapa.

Ada wacana dibuat season 2, namun tak pernah terlaksana.

ending NAYLABUKU HARIAN NAYLA (2006)
Ending tragis dipilih sinetron Natal produksi SinemArt ini. Nayla (Chelsea Olivia), karakter utamanya, dikisahkan meninggal dunia akibat penyakit Ataxia yang dideritanya. Pelajar SMA berprestasi ini selalu ceria meski penyakit serius menggerogoti dirinya.

Disebut-sebut adaptasi One Litre of Tears, ada perombakan yang dilakukan BHN. Versi sinetron, Nayla dikisahkan menikah dengan Moses (Glenn Alinskie). Namun belum sempat memerankan peran sebagai istri, Nayla meninggal dunia.

Selain ketegaran Nayla, kesetiaan Moses mendampingi kekasihnya hingga akhir hayat menambah sedih akhir kisah mini seri ini.

***

Apa sinetron yang endingnya tak biasa menurut pembaca? Silakan share di sini.

(ray/ade)