22 Jebolan Ajang Pencarian Bakat yang Masih Eksis

coboy junior,Nassar,vania larissa,limbad
(Foto: Dok.Bintang Online)
TABLOIDBINTANG.COM -

AJANG pencarian bakat menjadi salah satu tren industri televisi kontemporer.

Karena tayang di televisi, seolah ada keharusan kontestannya -- terutama pemenangnya -- kelak eksis sebagai artis di dunia hiburan, bukan sekadar memburu hadiah utama seperti terdapat di kompetisi-kompetisi bakat biasa.

Nah, di ulang tahun ke-22, kami membuat daftar 22 jebolan ajang pencarian bakat yang kami anggap berhasil eksis di dunia hiburan, seperti “seharusnya”. Urutan nomor bukan merupakan peringkat, hanya untuk memudahkan penulisan saja.

1. Sule (36)
Bersama grup lawaknya SOS, Sule memenangi ajang pencarian bakat di bidang komedi, Akademi Pelawak Indonesia (API) musim pertama yang digelar tahun 2005 di TPI (sekarang MNCTV). Tapi, dia meninggalkan teman-teman satu grupnya dan melesat seorang diri hingga mencapai posisinya sekarang. Siapa tidak kenal Sule?

2. Nassar (24)
Pernikahannya dengan seorang janda bernama Muzdalifah di tahun 2012, menjadi momentum comeback Nassar yang merupakan jebolan ajang pencarian bakat Kontes Dangdut TPI (KDI) musim pertama, 2004 silam. Ya, bocah gempal menggemaskan itu kini dikenal masyarakat sebagai selebriti papan atas lengkap dengan sensasinya.

3. Limbad (40)
Sejak ajang pencarian bakat di bidang sulap The Master RCTI musim ke-2 melibatkan dirinya sebagai konstestan, sosok Limabd sudah mencuri perhatian. Berpenampilan seram dan tidak mau bicara, membuatnya keluar sebagai juara pertama. Rutin melakukan atraksi maut dan tampil di sinetron atau film membuatnya terus eksis hingga sekarang.

4. Judika (34)
Cowok yang kini digaet RCM Management milik Ahmad Dhani tidak hanya berbakat, tapi juga pekerja keras. Sebagai satu dari sekian banyak alumnus ajang pencarian bakat Indonesian Idol, runner up musim ke-2 ini mampu bertahan bukan karena katrolan “Idol” semata, melainkan dengan berkarya nyata. “Aku yang Tersakiti” salah satu bukti karya bermusiknya disukai.

5. Vania Larissa (17)
Prestasinya sebagai juara pertama ajang pencarian bakat Indonesia's Got Talent 2010 silam nyaris tidak terdengar gaungnya. Hingga kemudian dara asal Kalimantan yang jago menyanyi seriosa muncul sebagai finalis Miss Indonesia 2013 dan berhasil keluar sebagai juara, prestasinya terdahulu kembali diperbincangkan. Prestasinya di Miss World 2013 pun dinantikan.

6. Angel Pieters (15)
Jangan meremehkan usianya yang masih muda belia. Karena pengalaman dan peningkatannya di bidang menyanyi selepas menyandang status runner up ajang pencarian bakat Idola Cilik tahun 2008 lebih dari yang dibayangkan. Salah satu hasil kegigihannya adalah tampil sebagai penyanyi tamu di konser musisi dunia David Foster tahun 2011 lalu.

7. Gisel (22)
Dari segi vokal, runner up Indonesian Idol 2008 tidak termasuk yang diunggulkan atau penuh puja-puji. Tapi, Gisel tidak menyerah pada “takdir”. Kesempatan menjadi sinden di acara berating tinggi OVJ (Opera Van Java) diambilnya. Pekerjaan yang secara nyata membuat kemampuan vokal sekaligus popularitasnya meningkat.

8. Dara (22)
Auranya sebagai bintang telah dilihat Ahmad Dhani -- sebagai juri -- saat dirinya mengikuti ajang pencarian bakat Mamamia Show 2008 yang digelar Indosiar. Terdepak dari 9 besar, sangat jauh dari juara satu, ternyata Dara malah diajak Ahmad Dhani ke dapur rekaman sebagai duo The Virgin. Ya, Dara memang memiliki “sesuatu”.

9. Rina Nose (29)
Sama seperti Sule, Rina jebolan ajang pencarian bakat Akademi Pelawak Indonesia (API) musim pertama. Tapi, bersama grupnya Jurnal, hanya mampu menembus babak empat besar. Tidak berhenti mencari peluang, Rina mengikuti kontes popularitas Superstar Show 2007. Dari sini bakat menyanyi Rina mulai diketahui orang dan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan.

10. Stevani Nepa (20)
Tahun 2008, SCTV menggelar ajang pencarian bakat Miss Celebrity untuk mencari pemain sinetron atau presenter televisi. Gadis kelahiran Manado ini pun memenangkannya dan mendapatkan hadiah jadi pemeran utama di sinetron Sumpah I Luv U (2009). Tapi, hingga saat ini, wajahnya masih wira-wiri sebagai pesinetron, bahkan di luar SCTV yang melahirkannya. Hebat!

11. Brandon (11)
Digelarnya Indonesia Mencari Bakat musim ke-3 -- saat ini masih tayang -- membuat kita terus mengingat sosok bocah laki-laki imut Brandon. Dia tampil tidak hanya sebagai alumnus ajang pencarian bakat yang tayang di Trans TV, tapi juga sebagai brand ambassador produk sponsor utama program.

12 dan 13. Tika (26) dan Tiwi T2
Keduanya sama-sama finalis ajang pencarian bakat Akademi Fantasi Indosiar (AFI) 4 di tahun 2005. Keduanya sama-sama tidak mencapai posisi terbaik di kompetisi, Tika hanya sampai babak delapan besar. Tiwi hanya sampai babak enam besar. Tidak membawa embel-embel AFI, keduanya kompak masuk manajemen artis dan merintis karier keartisan dari bawah lagi. Sampai kemudian di tahun 2007 keduanya membentuk duo T2 dan berhasil mendapatkan lagu “OK” dari Dewiq yang membuat nama mereka melambung.

14. Widi (28)
Akademi Fantasi Indosiar (AFI) 5 tahun 2006, sekaligus menjadi musim terakhir AFI sejauh ini, benar-benar jauh dari gegap gempita. Mungkin tidak banyak yang sadar kalau juara pertamanya, Widi, adalah cowok yang kini dikenal publik sebagai vokalis band Hello. Tapi, tidak masalah, karena justru lebih mudah baginya yang baru-baru ini menjajal peruntungan sebagai produser artis asal Brunei Andromeda, untuk melepas bayang-bayang AFI dan debut setahun kemudian sebagai vokalis band.

15. Hudson (33)
Belum lama Hudson, yang merupakan jebolan ajang pencarian bakat Indonesia Mencari Bakat musim pertama, mengabarkan dirinya ada show di Afrika Selatan. Sebelumnya penampil yang terkenal dengan ciri “karakter ganda” sempat ambil bagian di layar lebar Cinta Tapi Beda. Sementara single debutannya “Penasaran” sudah mulai bisa diaktifkan di RBT. 

16. Delon (35)
Satu angkatan dengan Joy Tobing di ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim pertama 2004 silam, hingga kini publik masih mengenalnya dengan baik. Lama tidak menelurkan karya single atau album, tapi Delon tidak segan tampil di berbagai kesempatan dan peluang.

17. Daniel Mananta (31)
Kalau tidak ada ajang pencarian bakat MTV VJ Hunt, laki-laki keturunan Tionghoa ini mungkin hanya akan menjadi pedagang baju biasa di Mangga Dua. Menjadi pemenang di musim pertamanya pada tahun 2003, Daniel hingga kini tidak lepas dari sebutan “VJ”. Tentang siapa dia sekarang, ah, tentu tidak perlu dirinci lagi. Host Indonesian Idol, presenter di berbagai acara, hingga menjadi pebisnis mode dengan merek Damn! I Love Indonesia dilakoninya.

18. Bastian Coboy Junior (13)
Siapa tidak mengenal eksistensi boy band Coboy Junior saat ini? Salah satu anggotanya yang bernama Bastian Bintang adalah jebolan ajang pencarian bakat Idola Cilik, lho. Saat menjadi finalis Idola Cilik musim ke-2 tahun 2008, Bastian masih berusia 9 tahun. Sama sekali belum terbayangkan dia akan sekeren dan setenar seperti sekarang ini!

19. Winda Viska (29)
Sebagai jebolan dari ajang pencarian bakat di bidang menyanyi, Indonesian Idol, Winda yang sudah tersisih di minggu ke-2 mengambil peluang sebagai pemain komedi di OB. Karakter beloon Sascya yang dimainkan Winda begitu populer. Belakangan Winda didapuk sebagai juri selama beberapa musim di ajang pencarian bakat Idola Cilik juga sebagai sinden di OVJ anak.

20 dan 21. Ify (16) dan Sivia (16) Blink
Sinetron populer Putih Abu-Abu (2011) turut mendongkrak nama girl band Blink yang dua di antara empat personelnya, Ify dan Sivia, merupakan jebolan Idola Cilik musim pertama. Kalau tren girl band suatu saat berlalu, paling tidak keduanya bisa mengembangkan karier di dunia akting.

22. Pak Tarno (61)
Eh, kok ada nama Pak Tarno di dalam daftar jebolan ajang pencarian bakat? Sebetulnya, magician “kampung” ini tidak pernah menjadi finalis di kompetisi apa pun -- pernah sih ikut audisi The Master. Tapi, tidak dipungkiri, penampilan rutinnya di ajang pencarian bakat The Master Junior (2009) membuatnya terkenal. Sekarang dia eksis tampil di berbagai acara televisi, jadi pemeran utama di Detektif Tarno, bahkan kehidupan pribadinya pun begitu hot diperbincangkan. Kurang apa Pak Tarno sebagai contoh sukses dari ajang pencarian bakat?

(wida/adm)