KALEIDOSKOP 2013: 10 Sinetron Paling Asyik Tahun Ini

10-sinetron-paling-asyik-600
Beberapa sinetron paling asyik tahun 2013. (dok.ist.)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

TIDAK ada stasiun TV atau rumah produksi yang menginginkan sinetronnya gagal.

Harapan semua stasiun TV dan production house (PH), adalah menghadirkan sebuah sinetron yang diminati banyak orang (baca: meraup rating dan share tinggi), dan mampu bertahan selama mungkin. Sepanjang tahun 2013 ada sejumlah sinetron yang secara pemain atau lokasi syuting terlihat menjanjikan, tapi justru berumur pendek.

Salah satu contoh, sinetron Jodohku (SinemArt, RCTI). Dilihat jajaran pemain, sinetron ini terlihat menjanjikan: Dude Harlino, Naysilla Mirdad, dan Rionaldo Stokhorst, dipasang sebagai pemeran utama. Tapi apa daya, sinetron ini hanya bertahan 21 episode, dengan masa tayang kurang dari 1 bulan.

Putih Abu-abu season 2 (PAA 2, Screenplay Productions, SCTV), pun gagal mengulang sukses musim pertama. Jika musim pertama bertahan 231 episode, PAA 2 hanya membukukan 38 episode. Padahal pekan-pekan awal sinetron ini cukup mencuri perhatian, lho, dengan lokasi syuting Korea Selatan.

Dua contoh di atas membuktikan, sinetron bertabur bintang dan sekuel sinetron laris tidak menjamin kesuksesan sinetron. Sinetron dengan pemain yang sudah senior (dan senior banget), justru mampu bertahan lama.

Saya mencoba merangkum 10 judul sinetron yang paling asyik selama tahun 2013. Jujur, sejumlah sinetron yang menjadi favorit saya pribadi, seperti Monyet Cantik 2, Cinta Itu Anugerah, dan Putri Nomer Satu, tidak saya masukkan karena dilihat dari rating atau jumlah episodenya, tidak sebaik daftar berikut.

Jumlah episode dan perolehan rating, menjadi pertimbangan utama dalam merangkum 10 sinetron ini. Meski tentu saja, daftar ini masih mengandung unsur subyektivitas.

Berikut 10 Sinetron Paling Asyik 2013:

1. Tukang Bubur Naik Haji: The Series (SinemArt, RCTI)
Rekor sinetron dengan jumlah episode terpanjang (Cinta Fitri, 1002), tahun ini resmi dikalahkan Tukang Bubur Naik Haji: The Series (TBNH). Pada Jumat, 27 Desember 2013, peraih penghargaan Drama Seri Terfavorit Panasonic Gobel Awards 2013 ini menyentuh angka 1002 episode. Sinetron yang tayang selama 1,5 tahun tanpa break ini (Sejak Mei 2012), masih terbilang stabil di peringkat 5 besar harian acara TV versi Nielsen paling banyak ditonton. Yang menjadikan TBNH unik, sinetron ini mampu bertahan lama meski tak dilengkapi sang tokoh sentral, si Tukang Bubur alias Haji Sulam (Mat Solar). Sejak episode 300-an, tayang Desember 2012, Mat Solar tak lagi mendukung TBNH. Bahkan pada episode 999-1000 yang tayang pada 25 Desember, karakter Haji Sulam yang selama ini dikisahkan berjualan bubur di Mekkah, diceritakan meninggal dunia di kota tersebut. Episode penuh haru ini mampu meraih peringkat 2 dengan rating 4,9 dan share 20,2.

2. Anak-anak Manusia (SinemArt, RCTI)
Mulanya, sinetron Anak-anak Manusia diniatkan tayang sebagai pendamping makan sahur umat Muslim yang menjalankan puasa, pada bulan Ramadhan kemarin. Dibandingkan program sahur lainnya, rating dan share AAM tergolong tinggi (hanya kalah dengan Yuk Kita Sahur--red). Di pekan terakhir Ramadhan, RCTI mencoba menayangkan rerun AAM pada pukul 18.00. Ternyata mampu menembus 5 besar, dan (sampai tulisan ini dibuat) masih tayang. Seperti halnya TBNH, AAM juga tidak memasang pesinetron muda dengan follower jutaan di Twitter sebagai tokoh utama. AAM justru memasang Teddy Syach, Devi Permatasari, Primus Yustisio, Jihan Fahira, Asri Welas, dan artis-artis seusia mereka sebagai pemeran utama. Mardani (Teddy) yang menyebalkan sekaligus lucu, dan Encun (Devi) yang baik tapi bloon, bisa dibilang karakter yang kuat dan menjadi daya tarik sinetron yang sudah menembus 200 episode sampai penghujung 2013 ini.

3. Emak Ijah Pengen ke Mekah (Amanah Surga Production, SCTV)
Seperti halnya AAM, Emak Ijah Pengen ke Mekah (EIPKM) menjadi sinetron Ramadhan yang bertahan sampai berbulan-bulan setelah bulan suci bagi umat Islam itu berakhir. Bahkan, EIPKM diganjar sebagai Program Paling Ngetop versi SCTV Awards 2013. Di awal masa tayang, EIPKM fokus pada 2 hal: usaha Abbas (Irwansyah) menaikkan haji ibunya, Emak Ijah (Aty Cancer), dan perjuangan cinta Abbas-Annisa (Rina Diana). Tapi seiring berjalannya waktu, unsur komedi dalam EIPKM semakin kental. Perjuangan Abbas menaikkan haji Emak, seakan jadi konflik sekunder. Pemunculan Zacky (Aldiansyah Taher), Ocid (Ucup Nirin), Koret (Bobby Maulana), dan karakter anak kecil Mancung, terasa semakin mendominasi. Tari ubur-ubur milik Koret dan jargon gurih-gurih nyoy milik Ocid, pun menjadi ciri khas EIPKM. Tak jarang EIPKM kedatangan bintang tamu. Boyband SM*SH sampai politisi seperti Mahfud MD dan Dahlan Iskan pernah jadi bintang tamu sinetron yang melewati 170 episode di penghujung 2013 ini.

4. Raden Kian Santang (MD Entertainment, MNCTV)
Setahun terakhir, tidak banyak sinetron MNCTV yang mampu menembus 100 episode dengan rating stabil. Tapi Raden Kian Santang (RKS), tahun ini berhasil melewati 500 episode. Harus diakui, meski menganut sistem kejar tayang, RKS mampu menghadirkan adegan laga yang seru nan indah. Karakter antagonis beraneka rupa (Ratu Laut, Nyai Genit dll), yang bertutur kata halus tapi kejam, juga membuat sinetron ini kian memikat. Mungkin faktor-faktor di atas yang membuat RKS menjadi sinetron MD di MNCTV paling lama bertahan dibanding judul lainnya, meski berulang kali mengalami perubahan jam tayang. Sampai artikel ini dibuat, RKS telah menembus 560 episode.

5. Diam-diam Suka (Screenplay Productions, SCTV)
Sejatinya, masih terlalu dini memasukkan Diam-diam Suka (DDS) ke daftar ini. Maklum, sinetron ini baru tayang pada 11 November. Namun jika dilihat performanya, sebulan pertama penayangan DDS stabil di 3 besar data kepemirsaan harian. Sempat mengungguli TBNH dan AAM yang juga penghuni setia 3 besar. Jarang, lho, sinetron baru langsung melejit. Melihat performa yang stabil, tidak kaget jika SCTV sejak 23 Desember kemarin memasang DDS dengan durasi 2 jam lebih (hitungan 2 episode per hari). Durasi bertambah, performanya tetap bagus. Data kepemirsaan 26 Desember menempatkan DDS di peringkat 3 dengan rating 4,3 dan share 18,4 (ABC). DDS bukan sekadar drama romansa remaja. Banyak kata-kata atau jargon unik yang kemudian populer digunakan sebagai ucapan sehari-hari, mulai "Ya keleus", "akamso (anak kampung sono)" sampai "Oh My God, Oh My No, Oh My Wow." Dandanan Febby Blink, sang aktris utama, sebagai Sri yang culun abis, cukup membuat pangling. Lagu tema Diam-diam Suka milik Cherrybelle sedikit banyak membuat sinetron ini cepat dikenal. Asal tahu saja, sebelum promo DDS tayang, RCTI sempat menggunakan lagu Cherrybelle tersebut untuk promo sinetron Pacar Pura-pura (belakangan judul sinetron tersebut diganti jadi Fortune Cookies, sesuai lagu temanya).

6. Pesantren & Rock 'n Roll season 3 (Screenplay Productions, SCTV)
Sabar membawa berkah. Ini kalimat yang tepat untuk menggambarkan Pesantren & Rock 'N Roll season 3 (PRR 3). Meski episode pertamanya tidak masuk 15 besar data kepemirsaan harian, SCTV tidak lantas buru-buru menamatkan sinetron yang dibintangi Rizky Nazar dan Dinda Kirana ini. Kesabaran SCTV berbuah manis. Perlahan tapi pasti, PRR menjadi penghuni tetap 10 bahkan 5 besar data kepemirsaan harian. Padahal, Ali Syakieb, pemeran Wahyu Subuh yang mencuri perhatian di PRR 1-2 tidak ikut main karena sibuk syuting TBNH. PRR 3 berkutat pada kehidupan Wahyu Subuh Junior (Rizky) yang kelakuannya tak jauh beda dengan sang ayah semasa muda dulu. Ternyata, sosok Junior yang bandel, dan kisah cintanya dengan Nayla (Dinda) sukses memikat pecinta sinetron, bertahan hingga 151 episode. Dinda bahkan diganjar penghargaan Aktris Ngetop versi SCTV Awards 2013 lewat sinetron ini.

7. Berkah (SinemArt, RCTI)
Standar rating dan share yang dipatok RCTI terbilang tinggi. Sekali dua kali terlempar dari 10 besar, bisa break untuk revisi cerita, bahkan berakhir begitu saja. Sinetron Berkah-sempat mengalami perubahan jam tayang dan perombakan cerita-, mampu membekukan 115 episode selama masa tayang Februari-Juli 2013. Jika menengok sinopsis global, disebutkan Jaka (Samuel Zylgwyn) sempat mati suri, melihat surga dan neraka, lalu memiliki kekuatan untuk menyembuhkan orang. Namun pada eksekusinya, justru naik turun hubungan asmara Jaka-Iren (Irish Bella) yang mendominasi. Di pertengahan cerita, tiba-tiba muncul sub-konflik santri remaja yang dibawakan oleh Sidik Edward, Luna Sabrina dkk. Subkonflik ini muncul saat rating PRR 3 sedang bagus-bagusnya. Namun kemunculan muda-mudi ini tak bertahan lama. Jelang berakhir, Berkah kembali menyorot konflik karakter dewasa.

8. Damarwulan (Gentabuana Paramita, Indosiar)
Semenjak Tutur Tinular versi 2011 berakhir pada September 2012, Indosiar belum menemukan formula tepat untuk sinetron hariannya. Pertengahan tahun ini, primetime Indosiar mendapat angin segar lewat Damarwulan. Sinetron yang dibintangi Rico Verald, Poppy Bunga, Anindika Widya, dan Sally Marcellina bisa bertahan selama 119 episode (hitungan 1 episode/hari, berapapun durasinya) dengan rating relatif stabil. Pada bulan Juli, selama kurang lebih sebulan sinetron ini tayang dengan durasi 3 jam per hari (sebelumnya 2 jam per hari). Set kerajaan megah milik Gentabuana di Sodong, kostum karakter yang mewah (meski dianggap tidak sesuai zaman Majapahit), ampuh memanjakan mata penonton.
Seingat saya, Damarwulan menjadi sinetron Indosiar dengan masa tayang terlama tahun ini (Juni-Oktober 2013).

9. Gajah Mada (MD Entertainment, MNCTV)
Sinetron kolosal dengan tokoh sentral anak kecil rupanya menjadi senjata MD-MNCTV meraup rating. Selain RKS, Gajah Mada juga menjadi andalan MNCTV tahun 2013 ini. Sinetron yang tayang sejak bulan Mei ini mengisahkan petualangan Gajah Mada kecil (Rafael Putra Ismy) dalam menjaga perdamaian Majapahit. Sekitar 4 bulan pertama masa penayangan, sinetron 178 episode ini terbilang stabil menempati 10 besar data kepemirsaan harian. Ratingnya mulai menurun setelah dipindah jam dari 19.00 jadi 20.00 pada akhir September. Intrik dan pengkhianatan yang terjadi di Majapahit, dibalut adegan laga yang cukup dominan di setiap episodenya, seakan menjadi magnet yang membuat penonton setia pada sinetron ini. Original soundtrack Gajah Mada yang dinyanyikan Regina Idol juga cukup memikat.

10. Yang Muda Yang Bercinta (SinemArt, RCTI)
Sinetron yang tayang pukul 17.00 WIB selama tahun 2013 jarang ada yang berumur panjang. Bahkan di penghujung 2013 ini, MNCTV dan Indosiar tidak lagi mengisi slot pukul 17.00 dengan sinetron harian. Hanya RCTI dan SCTV yang sampai di akhir 2013 masih setia mengisi slot pukul 17.00 WIB dengan sinetron. Yang Muda Yang Bercinta (YMYB), untuk sinetron yang tayang di slot 17.00 WIB, terbilang stabil di 10 besar dengan share tinggi (di atas 20). Tidak heran jika sinetron yang merupakan ajang reuni Christian Sugiono-Alyssa Soebandono ini bertahan selama 94 episode. Unsur komedi betawi cukup kental mewarnai YMYB. Aliya (Alyssa), seorang siswi SMA, yang terlibat hubungan benci jadi cinta dengan Aditya (Christian), guru di sekolahnya. Hidup Untukmu, Mati Tanpamu milik NOAH yang menjadi lagu tema sinetron ini, kian membuat YMYB asyik ditonton.

(ray/ade)