KALEIDOSKOP 2013: Lagu Barat Paling Asyik Sepanjang Tahun Ini

lagu-barat-paling-populer-sepanjang-2013--600
Ini sebagian lagu-lagu Barat paling asyik tahun ini. (foto: dok. istimewa)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

SEPANJANG tahun 2013, para penyanyi, musisi dan band Barat berlomba-lomba mengeluarkan lagu dengan berbagai genre, isi, lirik, kolaborasi dan cerita tersendiri di balik semuanya.

Di antara ratusan lagu yang ada, terdapat beberapa lagu yang cukup menarik perhatian dan berhasil menempel di otak untuk waktu yang cukup lama. Entah karena lirik yang menyentuh, dentuman nada yang asyik, atau karena pada dasarnya lagunya memang enak didengar.

Sejumlah lagu yang menurut saya dapat dikatakan sebagai lagu paling hits sekaligus enak didengar sepanjang tahun 2013 masuk daftar ini. Ya, ini dia lagu-lagu paling asyik pilihan saya.

"Mirrors" - Justin Timberlake
Keberhasilan album 20/20 Experience Timberlake di tahun 2013 memang tak diragukan lagi. Terutama bagi single "Mirrors" yang berhasil melekat di hati orang-orang yang mendengarnya. Selain nada yang enak didengar, lirik lagu pun menjadi suatu renungan yang istimewa. Suara Timberlake pun terasa khas pada lagu ini. Sejak dirilis 11 Februari, lagu ini berhasil bertahan secara konsisten di tangga lagu dunia sepanjang tahun dan dinikmati di seluruh belahan dunia. Bahkan setelah peluncuran single lainnya seperti "Tunnel Vision" dan "Blue Ocean Floor" keluar, "Mirrors" tetap menjadi lagu paling favorit.

"Clarity" - Zedd feat. Foxes
"If our love is tragedy, why are you my remedy? If our love's insanity, why are you my clarity?" Potongan lirik ini menjadi bagian dari lagu "Clarity" yang cukup dilantunkan penuh perasaan pada tahun 2013. Entah pencinta musik elektronik atau tidak, lagu ini menjadi lagu wajib para pendengar galau yang tak menginginkan lagu-lagu mellow. Walau dihadirkan dalam banyak versi seperti acoustic dan remix, lagu ini pada akhirnya tetap melekat di hati.

"Get Lucky" - Daft Punk featuring Pharell Williams
Single utama dari album keempat "Random Access Memories" ini mengusung nuansa disko digabungkan dengan funk. Lagu ini berhasil menerima nominasi untuk Duo/Group Performance dan Record of the Year di Ajang Penghargaan Grammy ke-56. Saat pertama kali mendengarnya lagu ini, liriknya pun mudha dihafal sehingga cepat melekat di otak. Diiringi nada yang asik, "Get Lucky" menjadi sahabat meyenangkan di kala melakukan perjalanan atau saat sedang bersantai.

"Stay" - Rihanna featuring Mikky Eko
Termasuk salah satu penyanyi yang produktif berkarya, Rihanna berhasil mengeluarkan beberapa single pada tahun 2013. Beberapa diantaranya, "Pour it Up" dan "Loveeeeeee Song", "Right Now" dan "What Now". Namun "Stay" dapat diaktakan sebagai salah satu lagu yang benar-benar "stay" atau bertahan sepanjang tahun 2013. Bahkan, artis lain seperti Jonas Brothers, Rebecca Black, Demi Lovato, dan Thirty Second to Mars sampai membuat cover untuk lagu ini. "Stay" juga menjadi lagu yang enak dibawakan saat sedang berkaraoke, apalagi bagi yang sedang menghadapi permasalahan asmara bersama pasangan.

"Just Give Me a Reason" - P!nk feat. Nate Ruess
Entah hapal dengan liriknya atau tidak, suka dengan lagunya atau tidak, "Just Give Me A Reason" cukup meracuni para penikmat musik di tahun 2013. Alunan nada piano yang khas membuat orang mudah mengenali lagu saat diputar. Lirik yang bercerita tentang keinginan bertahan pada sebuah hubungan yang nyatanya sedang diambang kehancuran, seringkali menjadi ajang curhat pendengarnya. Selain menjadi lagu yang paling tenar sepanjang tahun, lagu ini dapat dikatakan sebagi salah satu duet terbaik, menampilkan perpaduan menyanyi yang pas antara P!nk dengan Nate Ruess.

"We Can't Stop" dan "Wrecking Ball" - Miley Cyrus
Sulit menentukan, namun kedua lagu Miley Cyrus ini berhasil mewarnai perjalanan musik tahun 2013. Jika "We Can't Stop" mengandung beat catchy dengan potongan lirik kontroversial namun bersemangat seperti bagian "So la da di da di. We like to party. Dancing with Molly. Doing whatever we want", maka "Wrecking Ball" menyajikan lagu lebih dramatis dengan lirik berisi curahan hati kesedihan. Keduanya berhasil menembus tangga musik pada posisi yang cukup menakjubkan. Memang, lagu "Wrecking Ball" mendongkrak akibat kehebohan videoklip yang menampilkan Cyrus berayun dalam keadaan telanjang. Namun jika mendengar lagu ini dengan menutup mata dan membuka telinga, maka lirik yang diyanyikan memiliki makna mendalam dan memang enak didengar dan dinyanyikan, "Yeah, you, you wreee-ee-ee-eck me."

"Blurred Lines" - Robin Thicke feat. Pharrel Williams
Nada yang catchy dengan lirik simple membuat lagu ini dinikmati meskipun dilengkapi dengan videoklip kontroversial, yakni wanita-wanita yang menari telanjang. Lirik yang dilantunkan mampu membuat pendengar ikut bernyayi dan menghafal dengan cepat.

"Safe and Sound" - Capital Cities
Indie rock duo, Capital Cities hadir memberikan sentuhan berbeda mendobrak sisi mainstream musik di tahun 2013. Dengan sisi synthpop, house dan indie pop, kedua personil yakni Ryan Merchant dan Sebu Simonian menghadirkan lagu "Safe and Sound" yang enak didengar diringi lirik bersemangat. Lagu yang enak didengar ketika sedang berolahraga atau saat sedang bersemangat melakukan sebuah kegiatan.

"Royals" - Lorde
Penyanyi muda asal Selandia Baru, Lorde menggebrak industri musik tahun ini dengan single "Royals" yang diambil dari EP "The Love Club". Banyak pihak memuji lagu ini karena konsep yang sederhana dengan liriknya mampu menyampaikan pesan khusus. Saat ajang penghargaan Grammy, lagu ini juga diketahui berhasil meraih nominasi untuk Best Pop Solo Performance, Song of The Year dan Record of the Year.

"Hold On, We're Going Home" - Drake Feat. Majid Jordan
Kembali dengan karyanya yang selalu unik dan berbeda, Drake mengeluarkan single kedua dari album ketiganya, "Nothing Was The Same." Lagu ini berhasil bertahan di urutan keempat di papan Billboard Hot 100 Amerika Serikat dan menjadi lagu Drake ke-33 yang berhasil masuk top 10. Lagu ini bahkan telah di-cover oleh Dev Hynes, band asal Inggris Arctic Monkeys dan duo Holy Ghost!.

"Wake Me Up!" - Avicii
Eskperimen DJ asal Swedia ini dalam lagu "Wake Me Up" kental terasa. Dibantu oleh Aloe Blacc, seorang penyanyi soul asal Amerika, lagu ini berhasil memuncaki tangga lagu di 22 negara untuk waktu yang cukup lama.

"Treasure" - Bruno Mars
Single ketiga dari album "Unorthodox Jukebox" ini menghadirkan sensasi funk, disko dan R&B dalam satu lagu. Tak dipungkiri, selain "Locked Out of Heaven", lagu "Treasure" ini mampu membuat pendengarnya ikut bernyanyi mengikuti lirik maupun hentakan nadanya.

"Almost is Never Enough" (Feat Nathan Skyes) dan "The Way" (Feat. Mac Miller) - Ariana Grande
Penyanyi bersuara khas yang sering disandingkan dengan lengkingan suara Mariah Carey ini memberi sentuhan segar dalam jagat musik tahun 2013. Dengan peluncuran album perdana bertajuk "Yours Truly", penyanyi berusia 20 tahun ini suskes dengan dua lagu sekaligus. Yaitu, lagu soulful "Almost is Never Enough" yang dibawakan bersama Nathan Skyes, salah satu personil boyband The Wanted. Sedangkan, "The Way" berhasil menjadi salah satu lagu nge-beat yang enak didengar, dilengkapi dengan lengkingan nada tinggi khas Grande dan bagian rap dari Mac Miller.

(tika/ade)