KALEIDOSKOP 2013: Konser Musisi Internasional di Indonesia

Personel Metallica senoBI
Para personel Metallica sebelum konser di Jakarta belum lama ini (Seno Susanto/Bion)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

SETIAP tahun, Indonesia disambangi musisi internasional. Tahun 2013 sederet nama berhasil memuaskan kerinduan para penikmat musik melalui konser-konser yang digelar di Jakarta dan beberapa kota besar lain.

 

Dari Asia, panggung musik diramaikan oleh musisi asal Korea seperti Sungha Jung, SNSD, CNBlue, G-Dragon, Lee Min Ho, B1A4 dan acara Music Bank yang sekaligus memboyong Teen Top, Infinite, Eru, Sistar, 2PM, B2ST, SHINee dan Super Junior.

Jika dibandingkan tahun 2012 yang memang dibanjiri begitu banyak konser K-Pop, dapat dikatakan bahwa pada tahun 2013, musisi barat berhasil mendominasi jadwal dan daftar konser.

Terhitung sejak bulan Januari 2013, deretan konser dibuka oleh Weezer dan Swedish House Mafia. Disusul kedatangan Yeah Yeah Yeahs dan Ra Ra Riot pada perhelatan Love Garage 2013 pada 1 Februari 2013.

Awal Maret pun diwarnai kedatangan berbagai musisi dengan berbagai genre seperti jebolan American Idol, Adam Lambert dan si cantik Demi Lovato. Tak hanya itu, ajang Jakarta International Java Jazz Festival menghadirkan puluhan penyanyi dan musisi internasional, beberapa diantaranya Craig David, Basia, Joss Stone, dan Phil Perry.

Sedangkan pada Hammersonic Jakarta International Metal Festival, nama-nama seperti Epica, As I Lay Dying, Cradle of Filth dan Dying Fetus pada 27-28 April 2013 menggoncang panggung dan para penggemarnya.

Bulan Mei terbilang sebagai bulan pergelaran konser yang cukup padat sebab diisi penuh oleh sederet kedatangan artis internasional. Sebut saja Air Supply yang menggelar konser di empat kota di Indonesia yakni Bali, Balikpapan dan Pekanbaru dan Bandung. Lenka dan Mika juga masing-masing menggelar konser tunggalnya di Skeeno Exhibition Hall Gandaria City.

Penampilan Sigur Ros pada 10 Mei juga tak kalah memukau di Istora Senayan serta Carly Rae Jepsen di Tennis Indoor Senayan dua minggu berikutnya pada 27 Mei. Perhelatan musik, Big Sound Festival malah menghadirkan tiga nama besar sekaligus yakni Blur, The Temper Trap dan Tegan and Sara di Lapangan D Senayan. Disusul konser Deftones di Bandung dan Arkarna di Tennis Indoor Senayan menjelang akhir bulan.

Tepat pada hari kemerdekaan Indonesia, Electric Pet Shop Buys mewarnai panggung Skeeno Hall Gandaria City sedangkan penyanyi asal Amerika Serikat, John Legend mengalunkan suara indahnya di Potato Head Beach Club, Bali. All Time Low, A Rocket to the Moon dan The Red Jumpsuit Apparatus juga tak kalah keren dan memberikan konser istimewa dan tak terlupakan bagi para penikmat musik mereka.

Pada 26 Agustus, band heavy metal asal Los Angeles, California, Metallica berhasil menggebrak Stadion Utama Gelora Bung Karno. Ini merupakan konser yang cukup meninggalkan kesan istimewa bagi para penggemarnya karena penantian 20 tahun sejak konser terakhir yang sempat berujung rusuh.

Memasuki bulan September, Pitbull dan Tony Bennet, dua penyanyi dengan genre serta usia terbentang jauh, menawarkann penampilan mereka dengan gaya masing-masing. Begitupun Snoop Dogg yang menggelar konser di Ex Park, Plaza Indonesia dengan nuansa hip-hop dan rap.

Meskipun bulan Oktober lebih diramaikan oleh kehadiran konser K-Pop, musisi barat seperti Dj Tiesto, dan Fall Out Boy tetap memeriahkan panggung musik di Tanah Air. Terutama saat acara Guiness Arthur's Day yang menampilkan OneRepublic, MEW dan Club8. Tak lupa pula, L.A Lights Java Soulnation yang menghadirkan nama-nama seperti Karmin, Far East Movement, All-4-One, Shane Filan dan Macy Gray.

Tommy Page, memuaskan kerinduan para penggemar di Upperroom Gedung Annex Wisma Nusantara pada 15 November 2013. Begitupun Alicia Keys saat menggelar Set The World on Fire Tour di Skeeno Hall Gandaria City, 29 November 2013. Akhir tahun pun ditutup oleh perhelatan 36th Jazz Goes To Campus yang membawa musisi asal Jepang, Depapepe dan Kyoto Jazz Massive. Juga, grup musik elektro-dance asal Chicago, Krewella dan para penyanyi senior, Julio Iglesias dan James Ingram.

Melengkapi daftar konser yang masih saya ingat sepanjang tahun 2013, Djakarta Warehouse Project 2013 juga memeriahkan panggung musik pada 13 Desember dengan David Guetta, Alesso, Zedd, Flight Facilities dan Martin Solveig di Anco Eco Park. Suguhan akhir tahun yang cukup menggoda bagi para party-goers.

Tak terbayangkan, banyak sekali nama-nama dari dunia musik internasional yang mewarnai panggung musik di Indonesia sepanjang tahun 2013. Sebagai seorang penikmat musik, saya pun berharap tahun 2014 akan diramaikan oleh lebih banyak lagi musisi, penyanyi dan band internasional ternama.

(tika/gur)