Bila Kate Middleton Hamil Kembar, Bayi yang Mana Jadi Raja/Ratu Inggris?

kate-middleton-prince-william-ar
Pangeran William dan Kate Middleton (dok.UsWeekly)
TABLOIDBINTANG.COM -

PERTAMA, hingga saat ini belum diketahui Kate Middleton mengandung bayi kembar atau tidak.

Jika iya, ini akan menjadi bayi kembar pertama dari pewaris langsung tahta Inggris klan Mountbatten-Windsor. Ya, kedua keluarga William
dan Kate sudah ada yang kembar. Paman William, Charles (bernama sama dengan ayahnya) punya putri kembar identik. Lalu, dari pihak
ibunya, mendiang Putri Diana, kakeknya Lord Fermoy adalah juga kembar identik. Sementara itu, nenek Kate dari pihak ibunya juga lahir
kembar.

Artinya, kemungkinan Kate mengandung bayi kembar sangat mungkin terjadi.

Lantas, pertanyaannya, bagaimana bila Kate mengandung bayi kembar? Bayi yang mana yang berhak mendapat gelar putra/putri mahkota dan kelak mewarisi tahta Inggris dari ayahnya, Pangeran William?

Menurut ahli kebangsawanan Inggris yang juga kontributor stasiun TV ABC, Victoria Arbiter (yang ayahnya dulu mengurusi urusan media bagi Ratu Inggris Elizabeth II) mengatakan pada E!News, Rabu (5/12), “(Jika Kate mengandung bayi kembar) takkan mengubah apapun.” 

Really?

“(Kehamilan kembar) itu bahkan artinya, kami telah punya calon raja dan seorang lagi cadangannya. Masalah langsung selesai,” kata Arbiter.

kate-middleton-will440Meski begitu, dalam sejarahnya, tak pernah ada pewaris tahta yang punya kembaran. Apalagi, sekarang, konstitusi Inggris sudah menggariskan siapa saja anak yang dilahirkan Kate kelak, entah perempuan atau laki-laki, akan mewarisi tahta Inggris dari ayahnya.  (sebelumnya, prioritas utama pada anak laki-laki.)

Jika Kate melahirkan bayi kembarnya, bayi yang pertama lahir berhak menjadi pewaris tahta. Nah, bagaimana bila Kate harus melahirkan
lewat operasi Caesar, seperti yang diramalkan orang bakal terjadi?

Jika itu yang terjadi, keputusan siapa yang bakal mewarisi tahta Inggris bisa ada di tangan dokter kandungan yang menangani operasi Caesar pada Kate kelak.

Namun, menurut Arbiter tugas dokter kandungan bukanlah menentukan siapa yang menjadi pewaris tahta. “Setiap dokter kandungan tahu proritas utama mereka adalah menjamin kesehatan si ibu dan bayinya,” kata Arbiter. “Mereka takkan menentukan memilih bayi yang mana dikeluarkan duluan dari perut ibunya.”

Masalahnya pula, kapan kira-kira anak Kate bakal mewarisi tahta jadi raja/ratu Inggris?

Bangsawan Inggris saat ini umumnya berumur panjang. Ratu Inggris saat ini, Ratu Elizabeth II tahun ini merayakan 60 tahun bertahta. Usia sang ratu 86 tahun. Putra mahkotanya, Pangeran Charles menjadi pewaris tahta yang paling lama menunggu jadi raja. Pangeran Charles saat ini berumur 64 tahun.

Mari lakukan pemisalan dengan jadikan patokan Charles menggantikan ibunya jadi raja tahun ini di usia 64 tahun. Jika Charles memerintah sampai usia sama sepertinya ibunya, 86 tahun, berarti Charles hanya memerintah 22 tahun. Ia kemudian digantikan William, yang saat itu usianya 52 tahun. Dan berarti putra/putri mahkotanya (atau anak kembarnya) berusia 22 tahun saat William jadi raja.

Mengandaikan William bakal menjadi raja sampai usianya 86 tahun—seperti nenek dan ayahnya—pewaris tahta penerusnya menjadi raja/ratu Inggris di usia 56 tahun.

Menurut hitung-hitungan di atas anak William dan Kate baru akan jadi raja/ratu di tahun 2069.

Jika tak ada kejadian dramatis, misalnya Pangeran Charles atau Pangeran William meninggal dalam waktu dekat karena sesuatu entah apa, dunia masih harus menanti putra/putri Kate naik tahta masih lama sekali.

(ade/ade)