VIDEO Ini yang Terjadi Kalau Air Panas Disemburkan di Tengah Cuaca Dingin Ekstrim

Boiling-water-600
Ketika air panas disemburkan ke udara dingin. (dok. YouTube)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

AMERIKA Serikat dan Kanada saat ini sebagian wilayahnya dihantam badai salju dan cuaca dingin ekstrim hingga cuaca menembus -50 derajat celcius.

Aktivitas masyarakat banyak terganggu selain dikhawatirkan menimbulkan korban jiwa.

Namun, selain persoalan di atas sebuah tanya iseng mengemuka: apa jadinya bila air panas mendidih bertemu dengan cuaca dingin ekstrim. Baru-baru ini seorang ilmuwan amatir mengunggah video ke YouTube atas percobaan yang dilakukannya. Di catatan di videonya ditrangkan cuaca saat itu -41 derajat celcius di South Porcupine, Ontario, Kanada, pada suatu pagi di hari Kamis.

Menggunakan pistol air, seorang pria terlihat menembakkan air panas ke tengah udara dingin. Setelah air menyembur keluar dari pistol, air segera berubah wujud seperti kabut.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Diterangkan Huffington Post belum lama ini, menurut ilmuwan dan penulis Dr. Anissa Ramirez air panas segera membeku--berubah dari benda cair menjadi padat--begitu kontak dengan udara dingin yang membeku. Itu makanya yang terlihat seperti kabut atau asap. Wujudnya bukan lagi air melainkan kristal-kristal es sangat kecil.

"Hal yang sama juga terjadi bila Anda menuangkan air panas dari cangkir dari puncak sebuah gedung. Orang di bawah takkan kena air itu atau merasakannya, sebab airnya akan beku dalam perjalanan ke bawah (dan akhirnya menjadi sesuatu seperti salju)," kata Ramirez pada Huffington Post belum lama ini.

(ade/ade)