Sudah Sampai Season 4, Kenapa Sejumlah Sinetron Tidak Memakai Angka 4 di Judulnya?

Season4-600
Manoj Punjabi dan sinetron tanpa embel-embel season 4 produksi MD Entertainment. (foto: dok.istimewa/Seno/BION)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

TENDANGAN Si Madun (TSM) kembali menghiasi layar MNCTV.

Sinetron tentang anak laki-laki yang jago bermain bola ini, kini masuk musim ke-4. Tapi MD Entertainment justru mengusung judul Tendangan Si Madun Returns, bukan Tendangan Si Madun season 4.

Well, bagi sebagian kalangan, khususnya masyarakat Tionghoa, angka 4 kerap dihindari karena konon membawa sial. Beberapa gedung perkantoran, mall, dan apartemen meniadakan lantai 4 atau mengganti dengan 3A. Dalam penulisan Mandarin, 4 ditulis Si, dibaca Se, bunyinya sama dengan kata mati dalam bahasa Mandarin; Si.

Apakah Manoj Punjabi, direktur MD Entertainment yang berdarah India memang sengaja menghindari memakai angka 4 dalam sinetronnya?

"Tadinya mau pakai judul TSM season 4. Tapi tim kreatif mengusulkan Tendangan Si Madun Returns (TSMR). Menurut saya, judul itu menarik. Lebih catchy," jelas Manoj ditemui dalam launching TSMR di MD Place, Setiabudi, Selasa (7/1).

"Saya tahu, orang pasti berpikir saya sengaja menghindari angka 4 karena si atau apa. Itu tidak benar," terang Manoj.

Manoj menganggap kata returns cocok disematkan pada Madun musim baru. "TSM sudah lama hilang, lebih dari 9 bulan. Jadi memang return (kembali) setelah hampir 1 tahun," ujar Manoj beralasan.

Sekadar pengingat, dulu sinetron produksi MD Cinta Fitri musim 4 juga tidak memakai tambahan season 4, melainkan "Season Ramadhan."

"Itu kebetulan saja, season 4 mulai tayang jelang bulan Ramadhan," kata Manoj.

Menurut Manoj, terkait pemilihan judul, dirinya tidak akan mengambil keputusan yang bisa merugikan produknya. "Saya orangnya enggak suka melawan arus. Tim kreatif mengusulkan pakai kata returns, dan ini tidak merugikan, why not?" tegas Manoj.

Selain TSM dan CF, rumah produksi lain juga tak memakai angka 4. SinemArt misalnya, setelah Kemilau Cinta Kamila 2: Berkah Ramadhan dan Kemilau Cinta Kamila 3: Makin Cinta, judul resmi season ke-4 tidak memakai angka 4 melainkan hanya Kemilau Cinta Kamila: Cinta Tiada Akhir.

Tapi ada juga rumah produksi yang memakai angka 4 dalam sinetronnya, seperti Karnos Films untuk Si Doel Anak Sekolahan 4, Multivision Plus untuk Tersanjung 4, Citra Sinema untuk Para Pencari Tuhan Jilid 4, dan lain-lain.

(ray/ade)