Mengapa Hanung Bramantyo Beri Judul Filmnya "?" ?

hanung-tanda-dapur-film1
Hanung Bramantyo (dok.Dapur Film)
TABLOIDBINTANG.COM -

APA judul film paling unik yang pernah Anda tahu?

Apa? Cin... Tetangga Gue Kuntilanak? Atau judul tak masuk akal macam Kuntilanak Kesurupan (Ya, karena tak terbayang apa yang bisa bikin kuntilanak kesurupan).   

Hanung Bramantyo siap merilis fim barunya yang diberi judul unik. Bukan satu kata atau rangkaian kata, melainkan sebuah tanda baca: "?" (tanda tanya).

Secara singkat, film "?" mengisahkan hubungan 3 keluarga yang memiliki perbedaan etnis dan agama. Ketiga keluarga itu hidup berdampingan dalam lingkungan yang dikelilingi mesjid, gereja, dan klenteng.

Film ini seolah jadi mikrokosmos bagi sebuah Indonesia hari ini. Kita hidup di negeri yang diisi penganut beragam agama dan etnis. Dalam situasi keberagaman itu kerap terjadi konflik.

tanda-tanya2Di kehidupan nyata, kita melihat berbagai konflik yang dilatari perbedaan agama dan etnis. Lewat film ini, Hanung ingin mengajak kita bercermin pada realitas ini dan bagaimana harus bersikap pada perbedaan yang nyata-nyata ada.

Nah, untuk film dengan tema seberat dan sebesar itu, Hanung memilih judul, ya itu tadi, sebuah tanda baca "?".

Mengapa pilih judul begitu?

"Saya sendiri bingung memberi nama situasi keberagamaan kita saat ini," kata Hanung saat jumpa persr pelucuran filmnya di mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis (31/3).

Dari kebingungannya itu, Hanung lantas memberi judul filmnya "?". "Kalau saya namai liberalisme, orang-orang berpaham anti liberalisme protes, jika pakai pluralisme pun begitu," katanya.

Dari kebingungan itu, Hanung lantas mengajak penonton film untuk sama-sama memberi judul bagi film barunya. "Saya ajak penonton untuk namai bersama keadaan seperti (film) ini apa," ajaknya.

Ajakan itu bahkan kemudian dijadikan kuis sambil menggandeng sebuah operator selular dengan total hadiah Rp 100 juta. Judul yang menang akan dipakai di rilis DVD filmnya kelak.

Film "?" dibintangi Revalina S. temat, Reza Rahadian, Agus Kuncoro, Endhita, Rio Dewanto, Hengky Sulaeman, dan Glen Fredly. Film "?" rilis di bioskop mulai 7 April.     

(ade/ade) {JaThumbnail off}