Panasonic Gobel Awards ke-16 Tambahkan 2 Kategori (Artis Striping Jadi Tim Verivikasi)

dude harlino NANA
Dude Harlino masuk sebagai tim verifikasi dalam PGA 2013 (Nana/BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

PANASONIC Gobel Awards kembali digelar. Ada yang berbeda dari perhelatan tahunan ini.

Memasuki tahun ke-16, ajang penghargaan bagi insan pertelevisian Indonesia ini menambahkan 2 kategori dalam daftar nominasinya. Hingga akhirnya tahun ini terdapat 32 kategori penghargaan.

Kategori yang ditambahkan adalah "Presenter Hobi & Gaya Hidup dan Aktor/Artis Cilik Favorit.

Bekerjasama dengan AC Nielsen, sistem penilaian dilakukan melalui 2 medium yaitu lewat
polling sms dan PO BOX.

Sistem penilaian tersebut dilakukan setelah mengeliminasi sistem polling melalui website dan fliers yang dinilai tidak efektif.

Dalam proses pejuriannya, setelah data terkumpul, AC Nielsen melempar pada forum tim verifikasi untuk verifikasi data.

Hal ini dilakukan untuk memastikan semua kategori yang telah disaring relevan di dunia pertelevisian. Setelah itu barulah tim PGA melempar untuk polling ke publik.

"Kami melakukan riset untuk mendapatkan rating TV tertinggi dan juga melakukan phone interview untuk penentuan kategori individu dan mendapatkan top of mind result mengenai pelaku industri pertelevisian terfavorit seperti artis, aktor, presenter favorit masyarakat," ujar Mochammad Ardiansyah, Assosciate Director, Marketing & Sales PT Nielsen Audience Measurement.

Masih menggunakan kami sebagai metode pencarian nominator.

Menurut Mochammad, sejumlah kategori yang masuk dilakukan berdasarkan survai dan rating dengan mewawancarai via telepon di 10 kota besar di Indonesia.

Kategori responden berumur 10 tahun ke atas yang menonton sekitar 4,5 jam sehari, itupun minimal harus menonton 2 dari 3 kategori yang ada.

"Kami tidak memasukkan tayangan rerun.  Dan responden yg dipilih syaratnya menonton 4 setengah jam dalam sehari. Setelah hasil tadi, kita kasih ke tim verifikasi. Dan nantinya akan ditambah dengan polling. Tentunya Nelson tetap objektif untuk mewakili pemirsa dalam memilih tayangan dan berusaha memberikan pandangan yang uptodate dan independent," imbuhnya.

Selain dari para pakar yang ahli di bidang industri televisi, tim PGA ikut mengajak sejumlah kalangan artis untuk ambil bagian sebagai tim verifikasi dalam PGA 2013. Sejumlah artis tersebut diantaranya Dude Harlino, Naysila Mirdad, serta Irfan Hakim.

(nana/gur)