X Factor Indonesia: Nu Dimension, Dari Lawan Jadi Kawan

Nu Dimension
Nu Dimension (Foto: Seno Susanto)
TABLOIDBINTANG.COM -

SELAIN Ilusia Girls, Nu Dimention juga grup yang baru terbentuk di X Factor Indonesia.

Romy Syalasa Putra (26), Johanan Ariel Matulessy (18), Bagus Cahya Adi (21) dan Ryan Hartanto Tedja (17), tidak saling kenal sebelumnya dan masing-masing datang untuk berkompetisi.

Lolos sebagai finalis X Factor Indonesia, tapi syaratnya, harus tampil sebagai satu grup. Waktu yang diberikan juri kepada mereka untuk berpikir hanya sekejap. "Sekitar 5 atau 10 menit, kami harus bilang iya atau tidak," kenang Romy, yang paling dituakan di grup.

Mimpi yang sama akhirnya membuat keempatnya kompak bilang 'iya'. "Sama sekali belum terbayang akan bagaimana sebagai grup, entah akan cocok atau tidak, karakter vokal pun tidak saling tahu. Tapi, kalau ditanya apa perasaan kami saat ini, ya kami bersyukur bisa bersama," lanjut cowok yang berhenti bekerja begitu masuk X Factor.

Proses awal saling mengenal satu sama lain hanya mengandalkan komunikasi BBM (Blackberry Messanger). Latihan vokal menggunakan aplikasi voice note di smartphone. 

"Karena di babak-babak awal, kami masih tinggal di rumah masing-masing, di kota yang berjauhan. Tidak ada jalan lain," cerita Bagus yang terpaksa ambil cuti dari kuliahnya yang sudah memasuki semester 8.

"Setelah dijalani, tidak sulit bagi kami menyatukan visi-misi. Awalnya mungkin berdebat, tapi akhirnya bisa saling mengalah, menyesuaikan diri. Selain itu kami senang, karena disatukan dalam sebuah grup membuat kami memiliki teman berbagi," Romy menimpali.

Berbagi, tentu dalam perjuangan di kompetisi X Factor Indonesia. Terutama di masa-masa berat seperti sekarang ini, ketika mereka menjadi satu-satunya yang tersisa dari tim yang dimentori Ahmad Dhani, karena Ilusia Girls dan Dalagita telah lebih dulu gugur.

"Beban dulu dan sekarang beda. Sebagai satu-satunya yang tersisa, rasanya ada tanggungjawab lebih untuk tidak keluar," kata Johanan yang memiliki vokal khas Timur Indonesia.

"Hal positifnya, proses latihan benar-benar terfokus untuk kami. Itu keuntungan, yang semoga membuat kami tampil lebih baik lagi,” sambung Ryan yang mengawali karier sebagai penyanyi rohani.

(wida/adm)