Anak Deddy Corbuzier Ditanya Perceraian Orangtua, KPI Peringatkan "Hitam Putih"

hitam putih ditegur kpi
Episode Hitam Putih yang Diperingatkan KPI
TABLOIDBINTANG.COM -

DIANGGAP tidak melindungi narasumber anak, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan peringatan pada talkshow harian Hitam Putih.

KPI pusat menilai Hitam Putih pada 27 Maret 2013 tidak layak tayang. Hal itu dijelaskan dalam surat peringatan KPI Pusat bernomor K/KPI/04/13 kepada Trans7, Jumat, 12 April 2013.

Hitam Putih episode itu menampilkan Deddy Corbuzier bertanya kepada anaknya, Azkanio Nikola Corbuzier tentang perbedaan antara dulu dan sekarang (pasca perceraian kedua orangtuanya). Si anak menjawab pertanyaan tersebut, "Bedanya waktu dulu mama sama papa pernah ributan, kalau sekarang sudah nggak." Selanjutnya, host juga bertanya kepada anak tersebut, "Jadi Azka lebih suka ada ribut atau nggak ada ribut nak?" Anak itu menjawab, "Nggak ada ribut."

Menurut KPI Pusat, adegan itu tidak memperhatikan ketentuan perlindungan anak sebagai narasumber. "KPI Pusat memutuskan memberi peringatan tertulis kepada Trans7. Peringatan ini bertujuan agar Trans7 segera melakukan evaluasi internal dan berhati-hati dalam membuat dan menayangkan program acara yang secara khusus melibatkan anak-anak sebagai narasumber," jelas Ezki Suyanto, Wakil Ketua KPI Pusat, seperti dikutip situs resmi KPI Pusat, Senin (15/4).

KPI Pusat meminta Trans7 agar menjadikan P3 dan SPS KPI tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program dan diharapkan terdapat perbaikan pada program siaran yang sesuai dengan ketentuan P3 dan SPS, sehingga program bermanfaat bagi masyarakat.

(ray/yb)