Hadirkan Istri-istri Eyang Subur, 2 Program Ini Juga Ditegur KPI

Istri-istri Eyang Subur
Istri-istri Eyang Subur (Foto:Seno)
TABLOIDBINTANG.COM -

PROGRAM yang menampilkan istri-istri Eyang Subur kembali mendapat teguran.

Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah mengirimkan teguran tertulis pada antv (Seputar Obrolan Selebritis), Trans TV (Show Imah) dan Metro TV (Just Alvin) karena menampilkan istri-istri Eyang Subur.

Kini, program Ceriwis (Trans TV) dan Buletin Indonesia Siang (Global TV) yang kena semprot KPI karena alasan serupa.

Dalam surat bernomor 335/K/KPI/05/13. KPI melayangkan teguran tertulis pada Ceriwis Pagi Manis episode 5 Mei 2013 karena menampilkan dan menjadikan kehidupan pribadi (privasi) keluarga Eyang Subur sebagai konsumsi publik dengan di antaranya menampilkan 7 (tujuh) istri Eyang Subur.

Mengutip situs KPI Pusat, Senin (27/5), dalam program tersebut juga ditampilkan muatan yang mengesankan pembenaran terhadap tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai agama. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap hak privasi, nilai-nilai agama, perlindungan anak dan remaja, dan penggolongan program siaran.

Dengan alasan yang sama, KPI juga menegur Buletin Indonesia Siang episode 4 Mei 2013. Pada segmen VIP, Buletin Indonesia Siang menampilkan istri-istri Eyang Subur. KPI Pusat, dalam surat bernomor 337/K/KPI/05/13 memutuskan bahwa tindakan penayangan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia tahun 2012 Pasal 7 dan Pasal 13 serta Standar Program Siaran Pasal 6 ayat (2) huruf a dan Pasal 13 ayat (1).

(ray/ade)