Kisah Raisa dan "Mic"-nya Seharga Rp 150 Juta

Raisa
Raisa (Foto: Seno/BION)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

PENYANYI dan mikrofon tak terpisahkan.

Istilahnya menurut Raisa (23), "partner in crime". Penyanyi Pendatang Baru Terbaik AMI (Anugerah Musik Indonesia) 2012 ini baru saja menjadi brand ambassador produk mikrofon internasional.

Brand asal Jerman ini langganan penyanyi internasional sekelas Katy Perry. Seorang penyanyi profesional takkan segan menguras kocek untuk mic terbaik. Konon mic para profesional harganya berkisar 60 juta hingga 150 juta rupiah. Katy Perry memercayakan suaranya kepada mic senilai 125 juta rupiah. Seperti apa dan berapa nilai mic yang digenggam seorang Raisa?

Mic "Partner in Crime"
Mikrofon atau disingkat mic memegang peran penting di dunia tarik suara. Benda yang satu ini memengaruhi suara sang biduan, membuatnya terdengar lebih indah dan berenergi. Salah memilih kualitas mic, bisa-bisa merusak keindahan suara.

Maka lumrah para penyanyi ke mana-mana menenteng mic pribadi yang harganya bisa puluhan juta, bahkan ratusan juta rupiah dengan model dan kecanggihan beragam. Penyanyi-penyanyi papan atas tak mungkin menggunakan mic yang disediakan para penyelenggara acara sekalipun di stasiun televisi.

"Aku dan Sennheiser sudah cocok banget, alhamdulillah berjodoh. Bukannya promo, ya. Kalau ditanya pakainya (mic) apa, aku pakai ini. Dan kebanyakan artis, bahkan sampai kelas dunia, memang memakai mic ini. Hanya tipe yang dipakai setiap penyanyi berbeda-beda. Aku dan mic itu tak terpisahkan. Kami partner in crime," ungkap gadis kelahiran 6 Juni 1990 ini.

Memilih mic pun ternyata tak sembarangan. Seperti pengalaman Raisa, ia memilih yang sesuai jenis suaranya. Tipe dan fungsi mic juga beragam. Hingga pada tingkat yang paling canggih menurutnya, bisa memberikan energi sehingga suara si penyanyi terdengar lebih berenergi, lebih tebal, lebih tinggi.

"Aku bukan tipe yang heboh, memilih mic yang bling-bling atau bagaimana. Aku lebih menekankan kegunaannya. Memilih yang bisa mendorong performa suara kita di panggung. Misalnya saat menyanyi dari kota ke kota, kan capek tuh, nah saat seperti itulah butuh mic yang bisa membantu kita. Suara yang sudah lelah dibantu agar tetap powerful," jelas pelantun "Terjebak Nostalgia".

Harga Mencerminkan Kualitas
Dari awal karier profesionalnya sebagai penyanyi, hingga saat ini Raisa memiliki tiga mic. Brand favorit Raisa memiliki varian harga dari yang terjangkau hingga supermahal pilihan penyanyi profesional. "Apakah harga berpengaruh atau enggak? Harga mencerminkan kualitas. Seharusnya, semakin mahal harganya, fungsinya, kegunaannya semakin baik. Saat main di panggung-panggung kecil mungkin enggak terasa, enggak menuntut yang supercanggih. Tetapi kalau sudah main di panggung besar, akan terasa banget fungsi sebuah mic," ujarnya.

Sekelas Syahrini misalnya, memegang mic yang konon nilainya 80 juta rupiah, sementara penyanyi dunia sekelas Katy Perry mengantongi mic senilai 125 juta hingga 150 juta rupiah. Tentu saja dengan fungsi canggih untuk kapasitas konser. "Harganya berapa, aku lihat dulu kebutuhan dan spesifikasi yang cocok denganku. Yang pasti, semua penyanyi memakai brand ini. Dari harga yang terjangkau sampai kelas super seperti milik Katy Perry."

Jenis yang digunakan Katy Perry adalah jenis terbaru dan tercanggih, yang akan dipakai oleh Raisa juga sebagai brand ambassador. Didatangkan langsung dari Jerman, dengan spesifikasi khusus, dalam jangka waktu dua bulan mendatang. Wow, Rp 150 juta untuk sebuah mic!

(val/adm)