“Olivia”, Sinetron Debut Velove Vexia Kembali Tayang di RCTI

olivia RCTI
TABLOIDBINTANG.COM -

MULAI Senin (17/9) kemarin, RCTI kembali menayangkan sinetron Olivia, yang pernah sukses pada tahun 2007.

Olivia hadir di sela pergeseran tren sinetron mingguan menjadi tren sinetron harian. Meski saat itu hadir sinetron harian yang booming seperti Intan dan Cinderella, sinetron yang idenya terinspirasi film Hollywood dan serial Taiwan ini sempat menduduki peringkat 1 di rating mingguan Nielsen.

Berikut artikel tabloid Bintang Indonesia 5 tahun silam tentang sinetron perdana Velove Vexia, yang sekaligus melambungkan namanya.

Olivia Kisah Dara yang Berambisi Jadi Pemain Sepakbola

Cerita sinetron Olivia produksi Rapi Film arahan sutradara Umam AP mirip dengan film She’s The Man (STM), yang berkisah tentang seorang cewek yang menyamar jadi cowok agar bisa masuk tim sepakbola di sekolahnya. Ada juga dua serial Taiwan yang ceritanya juga mirip dengan Olivia, To Love You Secretly dan Hanakimi. Kemiripan Olivia dengan STM terlihat dari adegan, seting, sampai dialognya.

Sepertinya, sang produser, Gope S. Samtani, tak mau tanggung-tanggung mengadaptasi STM. Namun demikian, Harsiwi Achmad, Direktur Program RCTI, bilang, kemasan Olivia memang menarik.

"Ide itu 'kan bisa muncul dari apa saja. Namun, sejauh dapat mengembangkan ceritanya jadi menarik, itu yang sulit. Sejak awal, kami perkirakan Olivia berpotensi menyita perhatian penonton," kata Harsiwi.

Hingga memasuki episode lima (tayang Jumat, 20 April 2007), Olivia selalu bercokol di lima besar perolehan rating menurut survey AC Nielsen. Hebatnya lagi, sebelum melorot ke posisi empat pekan ini (rating 7,7 persen, share 23 persen), Olivia sempat bertengger di peringkat pertama rating dengan 9,2 persen, share 28,2 persen.

Hasil itu disambut gembira pemain, kru, sutradara, serta pihak-pihak yang menjadi pendukung Olivia. "Rating itu seperti bonus atas hasil kerja keras kami," kata Velove.

Menurut Harsiwi, bila Olivia tetap berprestasi terus, tak menutup kemungkinan akan diperpanjang.

"Rencananya, Olivia akan tayang 26 episode. Namun, kalau masih tetap perform, kami akan tambah. Kami optimis, Olivia akan selalu di lima besar," Harsiwi berharap.

Lalu apa yang menjadi nilai plus Olivia? Ceritanya sih biasa. Tapi sang sutradara mampu mengemasnya menjadi lebih segar.

"Tidak serius melulu, ada unsur guyonnya juga," kata Umam yang ditemui di lokasi syuting Olivia, Selasa (24/4) lalu, di kawasan Cibubur. Tokoh utama di Olivia hanya dua, Raffi Ahmad berperan sebagai Justin, dan Velove Vexia (Olivia dan Ruben).

"Olivia itu tomboi, cuek, dan suka main bola. Ruben, ambisinya gede banget. Cewek itu bisa juga main bola dan kemampuannya nggak kalah sama cowok," terang Velove.

Kualitas akting Velove memang belum sebanding Raffi. Namun, tak dapat dipungkiri, Velove menjadi nilai plus Olivia. Ia tak hanya cantik, tapi juga dapat memainkan dua karakter peran yang berbeda dengan sama baiknya. "Jadi cewek, dia cakep. Jadi cowok, dia ganteng pula," seloroh Siwi.

"Yang membedakan paling gaya jalannya. 'Kan beda banget cewek dengan cowok. Saya nggak observasi lebih dulu. Hanya masukan dari kru-kru," aku Velove.

Bagi Velove, ini debut sinetronnya. Tak aneh, saat awal syuting Velove rada canggung. "Ternyata, berakting tanpa dialog itu susah," kata Velove.

Beruntung, Velove mendapat lawan main yang kooperatif, Raffi, hingga bisa menularkan pengalamannya berakting.

"Raffi 'kan orangnya ramah banget dan easy going. Walaupun baru kenal orang, bisa langsung akrab," pujinya. Hampir setiap hari Olivia syuting, tak terkecuali Minggu. Beda dengan lainnya, Velove setiap syuting Jumat,

Sabtu, dan Minggu, sesuai perjanjian yang telah disepakati bersama. Namun, belakangan Velove bilang, ia kerap diminta syuting di luar hari itu. 

Kadang, Velove bisa memaklumi, mengingat ada kebutuhan adegan yang mendadak. Tak jarang pula, Velove merasa capek.

"Sudah kayak stripping saja," ceplos Velove. "Kadang, kami melanggar perjanjian itu," sambung Umam.

Diakui Umam, tak mudah mengatur jadwal para pemainnya. Waktu Velove terbatas. Ia baru bisa syuting usai pulang sekolah sampai sebelum pukul 24.00 WIB. Jadwal Raffi juga padat.

"Bisa-bisa di tengah syuting, dia dapat calling-an syuting film atau hal-hal lainnya. Itu menjadi kendala. Makanya, saya sendiri belum puas dengan pencapaian Olivia," ceplos Umam.

Satu lagi faktor yang menentukan, jam tayang. Olivia tayang di RCTI setiap Jumat pukul 19.00 WIB. Kompetitor Olivia di stasiun teve lain praktis tak ada. Kalau pun ada sinetron, itu hanya cerita lepas, bukan serial.

"Di jam tersebut, banyak penonton family dan remaja. Itulah target penonton Olivia," kata Siwi.

Terlepas bagus tidaknya Olivia, masih perlu dibuktikan lagi di episode-episode mendatang. Siwi berharap Rapi Film bisa lebih memperkuat lagi konflik di Olivia.

"Kesegarannya juga harus ditambah," harapnya. Harapan yang sama juga disampaikan Raffi dengan mengatakan, "Mudah-mudahan ada sesuatu yang tidak bikin boring penonton."

Sinopsis Global

Olivia (Velove), gadis muda yang memiliki segalanya. Dia ingin sekali masuk tim sepakbola. Namun, sekolah membatasi pemain bola bagi cewek. Olivia kesal. Namun, Olivia melihat kesempatan terbuka lebar saat saudara kembarnya, Ruben, pergi diam-diam untuk mengikuti audisi sebuah band. Orangtua Olivia dan Ruben telah lama bercerai. Olivia pun menyamar sebagai cowok. Di sini kesempatan Olivia membuktikan, cewek juga bisa bermain bola. 

Konflik mulai tercipta saat Olivia mesti mengubah penampilan dan gayanya sebagai cowok. Olivia juga harus bisa mengalihkan perhatian ibunya, yang ingin sekali melihat Olivia sebagai cewek feminin. Sebenarnya, bukan hal mudah buat Olivia berubah menjadi cowok. Ia pun menggunakan beberapa pakaian sekaligus agar gampang mengubah diri. Namun, hal itu tetap menimbulkan kecurigaan orang-orang di sekelilingnya. 

Suatu hari, Olivia bertemu Justin (Raffi Ahmad), anak Nora yang sebelumnya sempat dijodohkan dengannya, di tim sepakbola sekolahnya. Justin, beberapa kali melihat Olivia masuk toilet wanita. Itu yang membuat tim sepakbolanya tidak yakin akan kemampuannya. Berkat bantuan teman-temannya, Olivia menjadi favorit semua teman Ruben asli.

Olivia sempat berpapasan dengan Chelsea (Aryani Fitriana), gadis cantik yang disukai banyak anak cowok di sekolah, termasuk Justin. Chelsea jatuh hati pada Olivia. Saat Chelsea mulai dekat Olivia yang menyamar sebagai Ruben, Olivia berpikir ulang. Dia khawatir penyamarannya bakal terbongkar. Olivia justru mencoba mendekatkan Justin pada Chelsea. Kedekatannya dengan Justin membuat Olivia jatuh cinta.

Singkat cerita, Olivia akhirnya mendapat pengakuan dari sekolahnya bahwa ia bisa bermain sepakbola. Chelsea dan Ruben asli akhirnya berpacaran. Beda dengan nasib Justin yang masih menunggu cinta Olivia.

(Ditulis oleh Indra Kurniawan, dimuat Tabloid Bintang Indonesia no. 836, minggu kelima April 2007. )

Kini Olivia kembali hadir di RCTI, Senin-Jumat pukul 15.30 WIB.

(ray/gur)