"Lovers in Paris" Kembali Hadir di antv (Masihkah Semenarik 8 Tahun Lalu?)

loversinparis
TABLOIDBINTANG.COM -

EITS, jangan tertukar dengan judul sinetron Indonesia yang tayang di SCTV. Itu Love in Paris, kalau yang ini drama Korea berjudul Lovers in Paris (LIP).

Drama ini meraih rating yang amat tinggi di Korea tahun 2004. Tahun 2005, LIP pertama kali menyapa pemirsa TV Indonesia melalui layar Indosiar. Kini, LIP hadir di antv.

Untuk menyegarkan ingatan Anda, berikut sinopsis LIP yang pernah ditulis tabloid Bintang 8 tahun silam.

Tersebutlah Kang Tae Young (diperankan Kim Jung Eun), cewek Korea yang sekolah film di Paris. Sejak kecil Tae Young mendengar cerita ayahnya, seorang pengusaha bioskop, soal keindahan Paris. Cerita itu membuat Tae Young terobsesi mengikuti jejak ayahnya mengunjungi Paris. Sayang hal itu terwujud sesudah ayahnya meninggal dunia.

Sambil belajar, Tae Young mendatangi tempat-tempat di Paris yang dulu didatangi ayahnya. Untuk membiayai hidupnya di Paris, Tae Young bekerja paro waktu. Suatu hari di kampus, Tae Young melihat lowongan kerja yang mencari pembantu paro waktu berkebangsaan Korea. Singkat kata, Tae Young diterima kerja di apartemen mewah milik Han Ki Joo (Park Shin Yang). Tae Young yang miskin, betah kerja di sana.

Selain bayaran yang besar, ia bebas menikmati segala sesuatu yang ada di dalam apartemen. Maklum, Ki Joo pengusaha otomotif sukses, kaya yang otomatis jarang sekali di rumah. Satu kebiasaan Tae Young, selalu meninggalkan secarik catatan kertas kecil warna-warni setiap selesai kerja.

Upah bekerja paro waktu tidak cukup buat Tae Young membayar uang sewa apartemen. Tae Young terpaksa numpang hidup pada temannya, Lee Yang Mi (Jo Eun Ji) dan berjualan di kaki lima. Apesnya, pas lagi berjualan, ada yang menabrak dagangan Tae Young. Kebetulan mobil Ki Joo diparkir dekat tempat dagangannya. Tae Young langsung menuduh itu perbuatan Ki Joo.

Perkenalan sebenarnya mereka dimulai di sini. Ki Joo pebisnis sejati dan itu terbawa ke sikapnya yang kaku, jarang tersenyum dan sedikit otoriter. Ia berbalik meminta bayaran atas mobilnya yang terkena tumpahan dagangan Tae Young. Ribut sana, ribut sini, akhirnya mereka berdamai. Ki Joo melihat tampang Tae Young lumayan dan memintanya menemaninya ke sebuah pertemuan bisnis. Tae Young disuruh berlagak sebagai calon istrinya. Itulah salah satu trik Ki Joo dalam berbisnis.

Tae Young didandani dengan baju dan perhiasan mahal. Trik ini berhasil meyakinkan calon partner bisnis. Ki Joo pun puas, tapi tidak berarti jadi dekat dengan Tae Young. Ki Joo trauma dengan cinta setelah gagal dalam pernikahan dulu. Istri calon partner bisnis Ki Joo mendapat kesan baik tentang Tae Young.

Tanpa sepengetahuan Ki Joo, Tae Young melego barang-barang pemberian tadi demi biaya hidup. Sewaktu menjual gaunnya, Tae Young tak sengaja berkenalan dengan pemuda ganteng pemain band Yoon Soo Hyuk (Lee Dong Gun). Sekali melihat Tae Young yang manis dan sedikit lugu, Soo Hyuk langsung jatuh hati dan terus mencari info tentangnya. Tae Young jadi malu hati begitu tahu Soo Hyuk tak lain keponakan Ki Joo.

Untungnya Soo Hyuk menjaga rapat rahasia apa yang dilakukannya. Tae Young meneruskan kerja di tempat Ki Joo. Sikap dingin dan diam majikannya itu dibalas Tae Young dengan sikap cuek dan ceplas-ceplos. Perasaan Tae Young mulai terganggu atas kehadiran eks istri Ki Joo, Baek Seung Kyung (Kim Suh Hyung) dari Korea.

Apalagi Ki Joo jadi memandang sebelah mata dengannya. Seung Kyung malah lebih panas lagi melihat Tae Young. Perempuan ini sebenarnya masih cinta pada mantan suaminya. Sayang, karena pernikahan ini hasil perjodohan, pernikahan mereka bubar di tengah jalan. Seung Kyung masih berharap mereka bisa berkumpul lagi, namun Ki Joo telanjur trauma.

Ki Joo terpaksa meninggalkan Paris. Ayahnya memintanya pulang dan mengurusi perusahaan di Korea. Ki Joo pulang dengan berat hati. Pasalnya, sebelum itu ia dan Tae Young ribut besar. Gara-garanya, Tae Young yang dibawa ke pertemuan bisnis, ada pebisnis yang mengenali Tae Young sebagai pedagang jalanan yang dulu menggodanya. Tae Young yang disangka pelacur, dihina. Pendek kata, bisnis gagal, Ki Joo marah besar. Tae Young diturunkannya di jalanan. Tae Young terpukul atas perlakuan ini. Tapi diam-diam, ia kembali ke calon partner bisnis Ki Joo dan memohon agar bisnis Ki Joo tadi gol.

Soo Hyuk berang atas sikap pamannya yang tidak gentleman. Ia bergegas mencari Tae Young. Sejak itu, keduanya jadi dekat, tapi sebatas teman. Berulangkali candaan Soo Hyuk untuk menjadikannya pacar, tidak ditanggapi serius Tae Young. Ki Joo menyesal dan merasa bersalah pada Tae Young setelah menerima surat perjanjian bisnis yang dikirim partnernya. Tae Young ditawarinya sejumlah uang, tapi ditolak.

Ki Joo pulang ke Korea dengan penyesalan. Hubungan keduanya yang terputus, kembali terjalin tapi dengan sejumlah lika-liku. Karena Soo Hyuk bersaing dengan pamannya sendiri buat mendapatkan cinta Tae Young.

Paris jadi cantelan dalam serial ini buat memulai dan mengakhiri cerita Lover in Paris. Karena setelah episode ke-3, setting berubah menjadi kota Seoul dan kembali menjadi Paris pada episode ke-20, yang juga episode pamungkas. Semenarik apa cerita serial berjudul asli Pariui Yeonin ini? Buat yang suka drama Cinderella, cerita cewek miskin dengan lelaki kaya, maka film seri produksi SBS 2004 ini bakal disukai.

Tokoh pria Han Ki Joo dilukiskan sebagai anak orang konglomerat dengan kehidupan mewah. Itu tampak dari pemakaian mobil Limousine, apartemen mewah, kostum mahal. Untuk melengkapinya, tokoh Han Ki Joo dalam salah satu adegan digambarkan bingung berada di sauna umum dan tidak terbiasa memakai handuk yang ada di sana. Pemunculan tokoh Yoon Soo Hyuk membuat cerita tambah menarik. Sikapnya yang hangat, terang-terangan suka, terus membantu Tae Young keluar dari kesulitan dan tak pernah lelah menanti cinta perempuan itu, membuatnya jadi tokoh simpatik.

Semua itu ditambah lagi dengan wajah ganteng pemerannya, Lee Dong Gun. Buat yang tidak suka karakter dan tipikal wajah Park Shin Yang, maka tampang Lee Dong Gun bakal jadi yang ditunggu-tunggu terus dalam serial ini. Sayang, ending yang ditawarkan tidak semanis harapan penonton. Apalagi yang mendukung kisah cinta Tae Young-Soo Hyuk. Beberapa kejutan muncul menjelang penutupan cerita.

Btw, Paris dan kemewahan yang diusung tokoh utama pria harus diakui jadi salah satu keunggulan serial ini. Tapi kalau mau jujur, itu juga trik produser buat mengalihkan penonton dari kelemahan kasting pemain. Park Shin Yang kelahiran 1 November 1968, Kim Jung Eun yang jadi pacarnya kelahiran 3 Maret 1975. Lumayan pas. Tapi Kim Jung Eun dengan Lee Dong Gun yang lahir 26 Juli 1980? Rasanya terlalu dipaksa. Selain usia, juga wajah Kim Jung Eun terasa lebih dewasa.

Dandanan sebagai mahasiswa dengan rambut keriting terurai, kaos, jin, tas punggung tidak mampu menutupi. Apalagi imej Kim Jung Eun dulu sebagai pembaca berita Yu Ju Hee yang ambisius mengejar karier di All About Eve . Apa boleh buat, semua disesuaikan dengan cerita tokoh utama pria, Park Shin Yang sebagai paman Lee Dong Gun. Tapi ketika di buntut kisah, terjadi kejutan Park Shin Yang dan Lee Dong Gun ternyata kakak adik, kelemahan kasting kian kentara.

Biar begitu, sambutan penonton Korea atas serial ini baik sekali, 56,3 persen. Serial ini juga penanda bagus buat karier Kim Jung Eun, mengubah total imejnya menjadi lebih muda, enerjik dan cantik. Isunya, wanita yang memulai karier sejak 1997 lewat stasiun MBC ini bedah plastik, terutama hidungnya. Sedangkan Park Shin Yang yang di teve casciscus bahasa Perancis, aslinya sudah menikah dan tidak pandai berbahasa itu. Bahkan sulit dipahami sekalipun oleh penduduk asli Perancis. Begitu referensi yang diperoleh Bintang lewat sebuah situs internet.

(Ditulis oleh Funnywati, pernah dimuat tabloid Bintang Indonesia No.743, Th-XV, Minggu Ketiga Juli 2005)
**
LIP tayang di antv mulai 18 Februari 2013, setiap Senin-Jumat pukul 12.00 WIB.

(ray/yb)