Sinetron Indonesia di Malaysia: Sinetron Ashraff Jaminan Tayang, Cinta Fitri Belum Populer

Safa-dan-Marwah-astro-prima
Astro Prima ketika menyiarkan Safa dan Marwah
TABLOIDBINTANG.COM -

BUKAN hal baru jika sinetron Indonesia mendapat respon yang positif di Malaysia. Kemiripan bahasa dan adat membuat drama produksi Indonesia diterima dengan mudah oleh penduduk negeri jiran itu. Saat ini saja setidaknya ada 9 judul sinetron yang mengudara di stasiun TV Malaysia.

Kalau boleh jujur, masa-masa puncak kejayaan sinetron di Malaysia terjadi saat Bawang Merah Bawang Putih (MD Entertainment) menduduki rating no 1 ketika tayang di TV3 pada tahun 2006 lalu. Sampai-sampai Revalina S. Temat dan pemain lain diboyong untuk menggelar acara jumpa fans.

Sinetron apa saja yang saat ini sedang disukai penonton Malaysia ?

Ada Ashraff Sinclair Pasti Tayang

Publik Indonesia baru mengenalnya setelah menyunting Bunga Citra Lestari, namun di Malaysia, Ashraff Sinclair sudah lebih dulu dikenal sebagai bintang TV. Salah satunya membintangi komedi situasi Malaysia berjudul Gol dan Gincu.

Tak heran jika semua sinetron Indonesia yang dibintangi Ashraff sudah tayang di Malaysia dan mendapat respon positif. Sinetron Sekar tayang di Astro Prima pada 2009 lalu. Sementara Sejuta Cinta Marshanda, hari ini (19/5) memasuki episode terakhir di TV3.

Bahkan sinetron Cinta dan Anugerah yang berjumlah 244 episode, saat ini sedang tayang ulang tengah malam di TV9. Sebelumnya TV9 memasang Cinta dan Anugerah di slot Mutiara Hati (17.30), yang kini diisi sinetron Nikita.asraff-sejuta-cinta-marshanda

Dua Sinetron Nikita Willy Tayang di Malaysia

Sementara di Indonesia penonton sedang terbius pesona Amira, maka 2 sinetron Nikita Willy lainnya saat ini memesona penonton Malaysia. Safa dan Marwah tayang di Astro Prima, sedang Nikita tayang di TV9.

Pujian dari anggota sebuah forum diskusi Malaysia, salah satunya:
“safa ni mmg cute la..tak jemu tgk muka & gaya rambut dia..” (Safa-karakter Nikita, ini memang cute. Tidak bosan melihat wajah dan gaya rambutnya).

Nonton Sinetron? Bayar Dulu!

Peraturan pemerintah Malaysia yang melarang rakyatnya memasang parabola digital, membuat warganya harus menunggu sinetron Indonesia tayang di TV setempat.

Beberapa judul sinetron disiarkan di TV berlangganan Astro. Artinya, Anda harus bayar jika hendak menyaksikan sinetron yang sedang tayang, seperti: Cinta Melody (Astro Ria), Safa dan Marwah (Astro Prima), Kemilau Cinta Kamila 1 (Astro Prima) dan Para Pencari Tuhan (Astro Oasis).

Namun tak sedikit juga sinetron yang kini sedang tayang di TV umum, semisal : Amanah Dalam Cinta (TV3, mulai 23 Mei 2011), Tasbih Cinta (TV3, rerun), Cinta dan Anugerah (TV9, rerun), Nikita (TV9) dan Cinta Fitri (TV9).

Cinta Fitri Belum Terdengar Gaungnya

Kalau Cinta Fitri sukses bertahan selama 4 tahun di Indonesia, maka di Malaysia tampaknya masih adem ayem. Meski sudah memasuki minggu kedua penayangan di TV9, belum ada netizen yang membuka topik Cinta Fitri di forum diskusi yang menjadi ajang kumpul para pecinta sinetron. Netizen lebih asyik mendiskusikan Nikita dan Sejuta Cinta Marshanda.

Kalau tidak sukses, bukan tidak mungkin Cinta Fitri diakhiri di tengah jalan. Dulu, sinetron Cinta Laura berjudul Cinderella, hanya mencapai 60 episode ketika tayang di RTM 2. Padahal, sinetron tayangan SCTV ini memiliki total episode 308.

(ray/gur)