Arti Sahabat, Happy Ending Berkat Salah Diagnosa

Arti-Sahabat-Indosiar-1
Arti Sahabat, ratingnya stabil meski tak pernah nomor satu. (dok.ist.)
TABLOIDBINTANG.COM -

SINETRON remaja Arti Sahabat (Indosiar) selesai pada Kamis (18/8) lalu. Cerita episode terakhir fokus pada penyakit yang diderita Yudha (Stefan William).

Seperti diceritakan sebelumnya, Yudha divonis menderita Spinocerebellar Degeneration. Akibatnya, ia sering tidak bisa mengendalikan anggota badannya. Bahkan, dalam sebuah episode Yudha sempat hampir mati tenggelam. Karena tak ingin membuat Ajeng (Yuki Kato), pacarnya dan teman-teman lainnya khawatir, Yudha menyimpan rapat-rapat penyakit ini.

Dalam suatu kesempatan, Natasha (Rima Melati Adams) mengikuti Yudha yang mengunjungi dokter di rumah sakit. Penasaran, Natasha bertanya pada dokter penyakit apa yang diderita Yudha. Setelah Natasha mengaku sebagai ibu kandungnya, dokter memberi tahu bahwa penyakit Yudha tak bisa disembuhkan. Natasha syok.

Di rumah sakit, Angel (Nina Zatulini) tak sengaja berpapasan dengan Yudha. Angel memberi tahu Ajeng bahwa ia melihat Yudha di rumah sakit. Ajeng bingung, terlebih ketika ia menelepon Yudha, pacarnya itu mengaku sedang berada di toko buku.

Sewaktu hendak menuju rumah sakit, Ajeng bertemu dengan Revan (Raffi Ahmad). Ajeng memaksa Revan untuk mengatakan apa yang sebenarnya menimpa Yudha. Revan akhirnya terpaksa menceritakan semuanya pada Ajeng. Ajeng menangis, kaget bukan main kekasihnya itu dalam kondisi sekarat.

Tanpa Ajeng dan Revan sadari, percakapan mereka didengar oleh Yudha. Yudha sedih dan kecewa, menganggap Revan tidak bisa menyimpan rahasia. Yudha lantas memilih pergi menjauhi keluarga, pacar dan sahabat-sahabatnya.
 Khawatir melihat kondisi putranya, Natasha mencari dokter lain untuk meminta second opinion. Alangkah bahagia Natasha ketika dokter ini mengatakan bahwa diagnosa sebelumnya salah. Ternyata Yudha tidak mengidap Spinocerebellar Degeneration. Natasha segera menghubungi Ajeng dan memberi tahu kabar gembira ini.

Keduanya mencari Yudha. Mengikuti kata hatinya, Ajeng berhasil menemukan Yudha. Yudha terharu setelah tahu dirinya tidak terkena penyakit Spinocerebellar Degeneration.

Di episode terakhir juga diperlihatkan hubungan Vita (Cut Meyriska) dan Fathir (Kevin Julio) yang kembali mesra setelah sempat putus akibat kehadiran Bryan (Maxime). Sementara Bryan, akhirnya jadian dengan Karina (Vebby P).
Tak mau ketinggalan, Revan nembak Angel.  Mantan kekasih Mike (Rizky Alatas) ini juga menyayangi Revan. Tapi Angel minta waktu pada Revan untuk menata hatinya. Revan tak keberatan menunggu sampai Angel siap menerima cintanya. Semua punya pasangan. Cuma Aldo (Syaiful Ahyar) dan Nakula (Joshua Otay) saja yang masih jomblo.

Arti-Sahabat

Tak Direncanakan Tamat

Demikianlah akhir cerita sinetron produksi Rapi Films ini. Well, kalau membaca twitter penulis skenarionya (@tisatspinkluv), Arti Sahabat sebenarnya tidak direncanakan tamat dalam waktu dekat. Bahkan karakter Mike direncanakan bakal hadir kembali. Namun sepertinya, pihak Indosiar memiliki rencana lain. Sinetron ini pun tamat setelah tayang selama 1 tahun 2 bulan.

Arti Sahabat memang tidak pernah menduduki rating nomor 1. Tapi untuk sinetron yang tayang pukul 17.00 WIB (non-primetime), performa Arti Sahabat terbilang stabil. Share-nya selalu menyentuh angka belasan. Ratingnya mulai goyah saat Indosiar menggeser ke pukul 17.30 dan menambah durasinya menjadi 90 menit. Strategi ini kurang berhasil. Arti Sahabat kembali tayang pukul 17.00 dengan durasi 60 menit.

Hal ini tak lantas mengembalikan kejayaannya. Konflik Ajeng amnesia tak membawa perubahan signifikan. Well, di awal penayangannya, Arti Sahabat menggabungkan cerita remaja dan konflik antar orangtua. Marcellino Lefrand, Dian Nitami dan Diah Permatasari sempat bergabung. Kemudian cerita soal orangtua dikurangi. Arti Sahabat menjadi kental  akan kisah hidup remaja. Tak melulu percintaan, tapi ada juga kompetisi basket, cheerleaders, band, persaingan antar sekolah, dan konflik ABG lainnya.

Sinetron yang tayang perdana pada 7 Juni 2010 ini mulai berubah haluan ketika karakternya diceritakan memasuki masa kuliah. Unsur persahabatan antar karakter berkurang. Malah muncul Ari Wibowo, Tia Ivanka dan Catherine Wilson dengan konflik dendam masa lalu. Karakter utama sakit (amnesia sampai spinocerebellar degeneration) pun tak luput menghiasi Arti Sahabat. Nyaris semua formula pernah dicoba untuk mempertahankan eksistensi sinetron ini.

Beberapa sinetron yang ratingnya drop, bisa naik secara signifikan ketika menyentuh episode terakhir. Sebut saja Cinta Fitri season 7, yang ratingnya sempat out dari 50 besar, lalu naik ke 5 besar sewaktu episode pamungkas. Tidak demikian dengan Arti Sahabat. Episode terakhirnya menempati posisi 58, dengan TVR 1,4 dan share 9,2. Bagaimana pun Arti Sahabat layak disebut sebagai sinetron unggulan Indosiar. jarang-jarang lho sinetron stripping TV berlogo ikan terbang itu bertahan lebih dari setahun.***

(ray/ade)