"Mother Keder", Susahnya Punya Ibu Bertingkah Ajaib

Mother-Keder1
TABLOIDBINTANG.COM -

SEPERTI judulnya, inti film ini ada pada karakter ibu berperilaku tak wajar, ajaib, atau apalah namanya, yang diperankan Ira Maya Sopha.

Kelakuan si ibu sering membuat empat anaknya kewalahan.

Vivi (Qory Sandioriva) anak sulung, setelah rencana nikahnya batal, dia memutuskan pindah dari apartemen  ke rumah keluarganya. Otomatis Vivi harus kembali berurusan dengan tingkah aneh maminya.

Sementara, bagi Dinda (Jill Gladys) keunikan ibunya justru menjadi ujian berat bagi rencana pernikahanya dengan sang pacar.

Belakangan, Dinda merasa putus asa. Dia dihantui perasaan menyesal telah dibesarkan dalam keluarga yang penuh dengan ketidakwajaran.

Pertama, kami ingin memberi apresiasi. Karena paling tidak film ini tidak mengandalkan sosok hantu ataupun memajang kemolekan tubuh pemainnya untuk dijadikan daya tarik.

Pemilihan Ira Maya Sopha untuk memainkan karakter Mother Keder, kami nilai sangat pas. Dia cukup sukses melebur di dalamnya, membawakan sosok perempuan paruh baya berpenampilan nyentrik yang selalu bikin geregetan penonton.

Tapi sayang, Ira justru terkesan seperti bekerja sendirian dalam memunculkan unsur komedi di film ini. Komposisi kelucuannya terlalu jauh dari karakter-karakter lain yang ada. 

Hasilnya, tentu tidak bisa maksimal. Sebagian kecil adegan memang mampu memancing penonton untuk tertawa. Namun sisanya, terasa garing, lebay, dan terlalu mudah ditebak.

Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Viyanthi Silvana, yang berisi 28 sketsa cerita yang tidak saling berhubungan satu sama lain.

Eko Nobel, sutradara, sudah mencoba menyambung-nyambungkan seluruh skesta menjadi sebuah cerita film. Tapi ini juga tidak terlalu berhasil. Mother Keder versi film jadi tidak memiliki latar belakang cerita yang kuat dan runut dari awal sampai akhir.

(ari/ade)