Sinetron "Anugerah", Episode Terakhir dan Teguran dari KPI

samuel-zylgwin-nabila-ryan-muhjani
Dua bintang sineton Anugerah, Samuel Zylgwin dan Nabila Syakieb (Ryan Muhjani/BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

SINETRON Anugerah tamat pada Minggu (15/1) malam.

Episode 472-473 yang merupakan tayangan terakhir itu menitikberatkan pada pernikahan Ryan (Miller) dan Yasmine (Yasmine Wildblood).

Clara (Alexandra Gottardo) dan Alexa (Eva Anindita) tidak rela melihat keluarga besar Nabila (Nabila Syakieb) bahagia. Mereka ingin menggagalkan pernikahan Yasmin, (adik Nabila), dengan Ryan, (ayah dari Rindra, anak Alexa).

Clara dengan tega menukar air untuk prosesi siraman Ryan dan Yasmine dengan darah. Jelang pernikahan Clara menculik Ryan, tapi digagalkan Cakra (Rifky Balweel), Bakti (Teddy Syach) dan Dewa (Anjasmara). Ryan pun dibawa ke lokasi akad nikah.

Tak lama, Herman (Anjasmara) datang menjemput Clara. Clara lolos dari Cakra.

Gagal menculik Ryan, Clara mencelakai Yasmine. Clara membuat Yasmine pingsan dan memakai kebaya pengantinnya. Clara berhasil menangkap Bima (Giovanni L. Tobing) dan memaksa suami Wulan (Dhini Aminarti) itu untuk menikahinya.

Bima awalnya mau, tapi itu hanya taktik untuk melumpuhkan Clara. Tak lama polisi datang dan menangkap Clara.

Herman yang masih berniat mencelakai Arif (El Manik) kakinya ditembak polisi dan diamankan.

Mawar (Sheila Marcia) akhirnya memutuskan untuk merawat Naga, putranya dengan Herman.

Keluarga besar Sugi Hartono (Dwi Yan) dan Arif Darmawan menggelar syukuran. Nabila dan Fandy (Samuel Zylgwyn) terlihat bahagia. Makin lengkap saat tahu Wulan sedang mengandung.

Dari kejauhan Mawar dengan penuh kebencian memperhatikan acara syukuran itu, seolah tidak rela melihat kebahagiaan mereka. Selesai.

Rasanya terlalu cepat Anugerah berakhir. Well, 473 episode memang tidak sedikit. Tapi bagi pengikut setia sinetron SinemArt ini tentu tahu bahwa seminggu terakhir banyak cerita baru. Seperti Nugie (Suheil) yang mendapat karomah berupa kekuatan magis yang bisa mendatangkan angin besar, atau Nabila yang divonis dokter mengidap penyakit lupus.

Belum lagi pada tayangan Jumat (13/1) beberapa karakter terjebak longsor setelah ada gempa yang membelah jalan. Eh, ternyata pada Minggu (15/1) episode terakhir.

Alexa (Eva Anindita) yang termasuk antagonis utama tidak terlihat di episode akhir. Informasi yang kami dapat, Eva tidak bisa syuting karena ada saudara yang koma. Sosok Zoya (Tamara Bleszynski) juga tidak tampak, karena Tamara tidak syuting setiap hari (hanya beberapa hari dalam 1 minggu).

Soal tatapan penuh kebencian Mawar di scene terakhir, konon dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Mawar tetaplah Mawar yang jahat, bukan cliffhanger untuk dibuatkan sekuel.

Kalau mau dirunut sih sebenarnya masih banyak konflik yang menguap. Seperti kisah bahwa Mawar dan Reza (Jonas Rivanno) ternyata saudara, atau Rhino (Kevin Andrean) yang tidak diceritakan setelah kematian Shania (Kethrin Agustine).

Menjelang tamat, kado kurang menyenangkan didapat Anugerah.

Pada Jumat (13/1) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan Teguran Tertulis dengan nomor 19/K/KPI/01/12 untuk Anugerah, yang berbunyi:

“Pada tanggal 20 Desember 2011 pukul 21.22 WIB menayangkan adegan kekerasan secara detail berupa adegan dua pemeran perempuan saling mendorong dari balkon lantai dua sebuah rumah dan keduanya terjatuh ke tanah. Pelanggaran yang sama terjadi pada tayangan tanggal 22 Desember 2011 berupa penayangan adegan terjatuhnya seorang anak dari lantai dua sebuag bangunan. Tindakan menayangkan adegan tersebut telah melanggar P3 Pasal 10 dan Pasal 14 seta SPS Pasal 13 ayat (1) dan Pasal 25.”

Lagi-lagi teguran KPI ini bisa dibilang terlambat. Sebelumnya KPI mengeluarkan teguran untuk Kupinang Kau Dengan Bismillah (SCTV) satu bulan setelah sinetron produksi Screenplay itu tamat.

Apa pengganti Anugerah? Sudah ada promo Yusra dan Yumna yang dibintangi Nikita Willy dan Rezky Aditya. Tapi belum ada kejelasan apakah sinetron ini yang bakal mengisi slot 21.00-22.59. Sulit menebak jadwal tayang RCTI. Bisa saja sinetron Binar Bening Berlian yang mundur ke slot itu.

Bagaimana dengan rating Anugerah episode terakhir? Not bad. Ada di peringkat 8, dengan TVR 3,3 dan share 16,2.

(ray/gur)