Sebelum Anang-Ashanty, Siaran Langsung Pernikahan Seleb Sudah Sering Dilakukan

pernikahan-yang-disiarkan-live
TABLOIDBINTANG.COM -

POTRET kebahagiaan Anang-Ashanty rupanya mengundang protes sebagian pemirsa TV. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengaku menerima banyak keluhan seputar siaran langsung berdurasi 3 jam itu.

"Frekuensi (TV) itu milik publik. Ada yang menganggap secara umum tak layak acara pribadi macam itu ditampilkan dalam ruang publik, dan dalam durasi yang lama, 3 jam," kata salah satu Komisioner KPI, Nina Mutmainah Armando, kepada wartawan, Selasa (22/5). Anggota Komisi I DPR RI, Effendy Choirie ikut berkomentar, dengan mengatakan siaran langsung resepsi pernikahan itu cerminan budaya hedonis.

Sejak infotainment bermunculan belasan tahun lalu, menonton pernikahan selebriti di layar kaca sudah menjadi konsumsi pemirsa sehari-hari. Sophia Latjuba (ketika menikah dengan Michael Villareal) yang memelopori penjualan eksklusif liputan pernikahan ke stasiun TV. Namun fenomena ini tidak langsung melejit. Baru beberapa tahun terakhir stasiun TV berlomba menayangkan pernikahan seleb.

Jika Anda rajin menonton TV, tentu tahu selain Anang-Ashanty, ada beberapa pernikahan yang disiarkan langsung oleh stasiun TV kita. Siapa saja dan bagaimana ratingnya?

Pangeran William – Kate Middleton

pangeran-will-kateSeluruh dunia membicarakan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Beruntung, pemirsa Indonesia tidak perlu berlangganan TV berbayar untuk menyaksikan perheletan yang berlangsung pada 29 April ini. Dua stasiun TV spesialis berita merelay liputannya secara langsung. tvOne mengemasnya dalam program “Pernikahan Abad Ini” dengan durasi total 3 jam 23 menit. Sementara Metro TV menayangkannya dalam program “The Royal Wedding William and Kate” dengan durasi hampir 5 jam.

ustad-solmedUstadz Solmed – April Jasmine

Ustadz yang kerap tampil di sinetron religi ini memilih tanggal cantik 11-11-2011 untuk mempersunting pesinetron April Jasmine. SCTV, melalui infotainment Status Selebriti, menayangkan prosesi akad nikah secara langsung. Namun karena pernikahan mereka bebarengan dengan pertandingan sepakbola SEA Games Singapura VS Indonesia, ratingnya pun kalah jauh.

akad-nikah-ibas-aliyaEdhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) – Aliya Rajasa

Pernikahan putra presiden, dipastikan mencuri perhatian masyarakat. Trans TV dan Trans 7 menyiarkan secara langsung akad nikah Ibas-Aliya dengan durasi 2 jam. Acara yang tayang pada 24 November, mulai pukul 09.00 WIB bahkan disponsori oleh sebuah produk hand and body lotion. Trans TV berhasil mendapatkan share 30,9% dari acara ini.

Setelah akad, resepsi pernikahan Ibas-Aliya tak luput dari liputan langsung. Trans 7 menyiarkan resepsi pernikahan yang digelar di JCC pada 26 November 2011 silam. Namun tidak secara utuh. Hanya saat Ibas-Aliya bersama orangtua memasuki area resepsi. Durasinya hanya 16 menit, dan meraih share cukup baik, 20,4.

ussy-andika-kawin-ariBI

Andhika Pratama – Ussy Sulistyowati

Imej Andhika Pratama lekat dengan stasiun SCTV. Sudah beberapa tahun terakhir Andhika menjadi pembawa acara InBox SCTV. Maka bukan hal yang mengejutkan jika pernikahannya dengan Ussy pun disiarkan oleh SCTV.

SCTV menyiarkan persiapan hingga akad nikah Andhika-Ussy secara langsung di 2 program; InBox dan Hot Shot tayangan 21 Januari 2012. Masing-masing meraih share yang cukup baik; 16,8 dan 24.

anang-cium-ashantyAnang Hermansyah – Ashanty Siddik

Dibandingkan selebriti lain, pernikahan Anang-Ashanty yang paling komplit didokumentasikan oleh TV. Anang-Ashanty punya reality show reguler berjudul “Jodohku”. Alhasil, dari proses lamaran, akad nikah, sampai resepsi pernikahan disiarkan secara langsung oleh RCTI. Mengapa RCTI? Well, jika Anda ingat, Anang pertama kali menembak Ashanty di acara DahSyat yang disiarkan RCTI. Selain itu, Anang juga menjadi juri Indonesian Idol 2012 yang tayang di RCTI.  

Tak bisa dipungkiri acara “Jodohku” menjadi pundi rating bagi RCTI. Akad nikah Anang-Ashanty yang tayang non-primetime saja (Sabtu, 12 Mei pukul 15.00-17.00 WIB) bisa menduduki peringkat 2 dengan TVR 4,2 dan share 29,1.  Puncaknya terjadi pada resepsi pernikahan, yang memuncaki rating dengan TVR 7,5 dan share 28,8. Angka ini sekitar 2 kali average perolehan sinetron stripping yang tayang primetime.

Dari sekian banyak siaran langsung pernikahan selebriti, baru Anang-Ashanty yang mendapat protes. Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui apakah KPI akan memberikan teguran, peringatan atau sekadar imbauan terkait acara “Jodohku” episode resepsi pernikahan Anang-Ashanty.
**
Selain seleb di atas, liputan pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Bendara, BA  dan Kanjeng Pangeran Harya Yudanegara, BA yang digelar pada 18 Oktober 2011 juga ditayangkan secara eksklusif oleh stasiun TV berjaringan B Channel.

Acara berating tinggi, mengapa bisa diprotes? Bisa saja yang menonton sebenarnya tidak suka, atau memaki-maki sepanjang acara, namun enggan memindahkan saluran. Sebenarnya masyarakat Indonesia terbilang beruntung punya 11 stasiun TV nasional yang siaran secara gratis. Belum lagi ditambah TV lokal. Jadi jika tidak suka, pemirsa dengan mudah mengganti ke saluran lain.

Frekwensi TV milik publik, lalu bagaimana menentukan suatu acara sifatnya terlalu pribadi? Adakah undang-undang yang mengatur batas-batasnya?

Pada intinya, semua stasiun TV ingin mengumpulkan penonton sebanyak mungkin. Patokan yang digunakan pihak TV, adalah rating yang dirilis Nielsen. Semakin tinggi rating, semakin besar peluang menggaet pengiklan sebanyak mungkin.

Pernikahan selebriti jenis acara baru yang berpotensi mengeruk rating, di samping sinetron, sport, musik dan program lawak. Tentunya pihak TV sadar betul potensi ini. Kami yakin setelah ini ada pernikahan selebriti lain yang disiarkan langsung oleh TV nasional.

Terlepas dari kontroversi penggunaan frekwensi milik publik, apakah ada yang salah dari siaran langsung pernikahan selebriti? Seperti kita tahu, banyak program yang dianggap bermasalah, baik oleh masyarakat mau pun KPI. Ada program lawakan yang dianggap sering melempar humor kasar, ada program kuliner yang hostnya dinilai terlalu seksi, ada sinetron yang dicap menampilkan adegan kekerasan, ada talk show yang presenternya dibilang tidak sopan dan banyak lagi. Apakah ada poin di atas yang terdapat dalam siaran langsung pernikahan seleb?

Sulit memang menciptakan program yang bisa menyenangkan semua orang. Kalau sudah begini, sensor yang paling kuat, ya dari diri sendiri. Bukan dari lembaga sensor, komisi penyiaran, atau orang lain. Anda punya hak penuh untuk mematikan TV jika menganggap suatu tayangan buruk.

(ray/yb)