Persaingan 5 Sinetron Baru: "Tendangan Si Madun 2" Langsung Nomor 1

Tendangan-Si-Madun
TABLOIDBINTANG.COM -

SENIN (16/7) menjadi hari yang penting bagi 4 stasiun TV di Indonesia. Ada 5 sinetron baru yang mulai tayang menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Lima sinetron yang kemarin mulai tayang adalah; Si Alif (MNCTV), Tendangan Si Madun season 2 (TSM2, MNCTV), Dalam Mihrab Cinta: Spesial Ramadhan (DMC, RCTI), Insya Allah Ada Jalan (IAAJ, SCTV), dan Saranghae, I Love You (Saranghae, Indosiar).

Lucunya, persaingan yang cukup ketat justru terjadi di stasiun TV yang masih bersaudara, meski membidik segmen berbeda. Pada pukul 18.00 WIB, misalnya. RCTI dan MNCTV yang sama-sama berada di bawah bendera MNC Media Group, kompak menayangkan episode perdana sinetron andalannya; DMC dan TSM2.

Memang, keduanya berbeda genre. DMC lebih kental unsur religinya dan menyasar penonton dewasa. Sedangkan TSM2 menargetkan penonton anak-anak. Pada slot ini, pertarungan dimenangkan oleh TSM2.

Tak hanya unggul di program baru, sinetron produksi MD Entertainment ini sukses menjadi acara yang paling banyak ditonton (ALL) pada Senin (16/7) dengan perolehan TVR 6,2 dan share 28,9. Sementara DMC harus puas menempati posisi 14 dengan perolehan TVR 2,3 dan share 10,9. Angka ini masih di bawah Cinta Bersemi di Putih Abu-abu: The Series (CBdPAA, SCTV) yang tayang bebarengan. Semalam CBdPAA menduduki posisi 12, meraih TVR 2,7 dan share 14,3.

Sementara sinetron Si Alif yang tayang pukul 17.00 WIB, ada di posisi 10, mendapat TVR 2,9 dan share 21,6. Untuk jam tayang non-primetime, angka ini bagus. Mengungguli Hanya Kamu di jam sama yang menempati posisi 48.

Kelompok SCTV-Indosiar bersaing menayangkan sinetron baru beda genre di slot pukul 20.30 WIB. SCTV memutar IAAJ, sinetron yang dibintangi Maher Zain; sementara Indosiar menghadirkan sinetron rasa Korea berjudul Saranghae yang dibintangi Tim Hwang dan Revalina S. Temat.

Pada slot ini, SCTV unggul. IAAJ di peringkat 15 mendapat TVR 2,2 dan share 9,4. Sementara Saranghae di posisi 27 meraup TVR 1,7 dan share 7,1. Dua tayangan baru ini masih belum mampu melumpuhkan kedigdayaan Tukang Bubur Naik Haji: The Series (RCTI) yang menjadi acara nomor 2 paling banyak ditonton Senin (16/7) dengan TVR 5,9 dan share 26,2.

Apakah grafik ini akan bertahan saat bulan Ramadhan tiba? Masih terlalu dini untuk menilai. Karena SCTV bakal menayangkan Para Pencari Tuhan Jilid 6 pada sahur dan buka (rerun) yang tentunya sudah memiliki penggemar setia.


(ray/yb)