Acara Sahur Apa Saja yang Berjaya Ramadhan Tahun Ini?

ovj-sahurnya-indonesia
OVJ jawara program Sahur di awal Ramadhan tahun ini.
TABLOIDBINTANG.COM -

TAK hanya perubahan pola makan dan tidur, jadwal menonton TV masyarakat Indonesia pun mengalami pergeseran pada setiap bulan Ramadhan seperti saat ini.

Jika biasanya jumlah penonton mencapai puncaknya pada slot super primetime (19.00-20.59 WIB), maka di bulan puasa ini acara yang tayang pada jam tersebut justru mengalami penurunan. Hal ini tak lain karena jam tersebut bertepatan dengan waktunya umat Islam menjalankan ibadah shalat Tarawih.

Sebaliknya, jumlah penonton pukul 03.00-04.59 pagi mengalami kenaikan secara signifikan. Bahkan, pada hari pertama puasa versi pemerintah yang jatuh pada Sabtu (21/7), ada 2 program pendamping sahur yang masuk dalam 10 besar acara paling banyak ditonton pada hari tersebut (ALL): "Opera Van Java Sahur" (Trans 7, posisi 9; TVR 3,7; share 23,5) dan "Para Pencari Tuhan Jilid 6" (SCTV, posisi 9; TVR 3,7; share 19,4).

Pada hari yang sama, sinetron "Kami Bukan Malaikat" (MNCTV) berhasil menempati posisi 23 dengan TVR 2,9, dan share 15,4; unggul dari sinetron primetime seperti "Yang Masih Dibawah Umur" (RCTI), dan "Insya Allah Ada Jalan" (SCTV).

Acara sahur Trans TV yang menampilkan Olga Syahputra, "Waktunya Kita Sahur", juga terbilang sukses menyedot perhatian penonton. Ada di posisi 32 dengan TVR 2,6 dan share 16. Program lawak ini lebih banyak ditonton dibandingkan sinetron primetime macam "Kisah Sembilan Wali dan Tutur Tinular versi 2011" (Indosiar).

Namun setinggi-tingginya acara sahur, tak sampai menggoyahkan kedudukan "Tukang Bubur Naik Haji The Series" (RCTI) dan "Tendangan Si Madun season 2" (MNCTV) yang pada hari Sabtu menempati posisi 1 dan 2.

(ray/gur)