Cinta Suci Zahrana: Penantian Jodoh Dosen Muslimah Berprestasi

cinta-suci-zahrana-miler-meyda-bi
TABLOIDBINTANG.COM -

SEBAGAI seorang dosen, Zahrana berhasil memiliki pencapaian yang gemilang. Prestasi di bidang akademis bertaraf internasional sudah ia raih. Namun segala jerih payahnya seolah tak arti saat orangtuanya meminta Zahrana segera mencari calon suami dan memberikan mereka cucu.

Inilah konflik yang diusung Cinta Suci Zahrana. Film yang diangkat dari novel best seller berjudul sama karya Habiburrahman El Shirazy ini mengangkat fenomena yang mungkin Anda temui di kehidupan sehari-hari. Seorang perempuan dengan prestasi dan cita-cita tinggi, namun lalai menunaikan sunnah Rasul, yaitu menikah.

Dewi Zahrana (Meyda Sefira), seorang dosen arsitektur di Universitas Mangunkarsa Semarang. Perempuan yang biasa dipanggil Zahrana atau Rana ini memiliki segudang prestasi akademis. Tulisan perempuan ambisius ini telah tersebar di jurnal kaliber internasional dan diapresiasi oleh pakar arsitektur dunia.

orangtua-zahranaSayangnya, orangtua Zahrana tidak bangga atas prestasi yang diraih putrinya. Pak Munajat (Amaroso Katamsi), secara terang-terangan menyampaikan ia tak butuh lagi piagam internasional dari Zahrana. Permintaan Pak Munajat sederhana; Zahrana segera menikah dan dikaruniai cucu.

Pergulatan batin yang hebat dialami Zahrana. Ia sadar, di usianya yang 34 ini seharusnya sudah menikah. Apalagi teman-teman seumurannya telah menimang anak. Terbesit penyesalan di hati Zahrana, mengapa dulu menolak lamaran pria demi mengejar ambisinya di bidang akademis.

meyda-cinta-suci-zahranaStempel perawan tua yang dialamatkan padanya tak membuat Zahrana asal pilih suami. Zahrana nekad menolak lamaran H. Sukarman, M.Sc. (Rahman Yacob), dekan Fakultas Teknik dan Arsitektur Universitas Mangunkarsa Semarang, yang juga atasannya. Pria setengah baya berstatus duda ini terkenal genit dan suka main perempuan. Sifat negatif ini membuat Zahrana menolaknya meski Karman menjanjikan membiayai orangtua Zahrana naik haji jika mereka menikah.

Konsekwensi besar diterima Zahrana. Ia mengundurkan diri dari Universitas Mangunkarsa, dan menerima SMS teror dari Karman meski tak lagi mengajar di sana. Hal ini membuat kondisi kesehatan Pak Munajat yang sedang sakit jantung memburuk.

Zahrana mengisi harinya dengan mengajar di STM milik Pesantren Al-Fath, memberikan les privat, dan bimbingan skripsi pada mahasiswa yang memerlukan. Salah satu mahasiswa yang dia bimbing bernama Hasan (Miller Khan).

penjual-susuSementara itu, banyak pria yang datang melamar Zahrana, tapi belum ada yang pas di hatinya. Berkat bantuan Kyai Amir Shadiq (El Manik), pengasuh pesantren, Zahrana dijodohkan dengan Rahmad (Kholidi Asadil Alam). Rahmad adalah pria penjual kerupuk yang shaleh. Zahrana menerima Rahmad meski latar pendidikannya sangat berbeda. Tapi sebuah peristiwa tak diduga terjadi jelang pernikahan Rahmad-Zahrana. Jiwa Zahrana pun kian terguncang setelah ayahnya meninggal, sampai-sampai Zahrana harus dirawat di rumah sakit.

Apakah Zahrana mampu bangkit dari keterpurukannya? Berhasilkah ia menemukan jodohnya? Siapa pria yang kelak akan menikahinya?
Jawabannya bisa Anda temukan dalam film Cinta Suci Zahrana, yang tayang di bioskop mulai 15 Agustus 2012. Film yang disutradarai Chaerul Umam ini cocok disaksikan seluruh keluarga menyambut Lebaran tahun ini. Cinta Suci Zahrana merupakan film terakhir yang skenarionya ditulis oleh H. Misbach Yusa Biran yang kini telah almarhum.

(Ray/Ray)

Foto-foto: Dok.SinemArt