(CONCERT REPORT) Music Bank Live in Jakarta: Pesta Kemesraan 40 Tahun Korea-Indonesia

S4-feat-Teen-Top-at-Music-Bank SEN-2
S4 dan Teen Top berkolaborasi di konser Music Bank. (foto: Seno/BI)
TABLOIDBINTANG.COM -

KONSER Music Bank Live in Jakarta berlangsung meriah pada Sabtu, (9/3) malam.

Pukul 20.15 WIB, konser dimulai. Memang, di awal konser yang bertempat di Gelora Bung Karno ini sempat terjadi sedikit kesalahan teknis. Teen Top yang membuka konser dengan lagu "Miss Right", sempat berhenti kemudian mengulangi performance mereka dari awal.
Namun Teen Top tetap tampil maksimal, begitu pula hingar-bingar penonton saat mereka menyanyikan To You dan Going Crazy.

SISTAR, satu-satunya girlband dalam konser yang dipromotori Asia Top Entertainment ini, melanjutkan keceriaan konser. Memakai mini dress berwarna hitam, Hyorin dkk terlihat seksi membawakan "Alone" dan "Loving You". Dilanjutkan dengan sub-unit SISTAR19 yang menyanyikan "Gone Not Around Any Longer".

Acara dilanjutkan dengan penampilan Eru, satu-satunya solois Korea yang memeriahkan Music Bank Live in Jakarta. Ia membawakan tiga lagu, termasuk "Black Glasses" (OST. Hello Goodbye) dan Insomnia-nya Craig David versi bahasa Korea.

Segmen yang tak diduga-duga saat Eru dan Hyorin SISTAR duet menyanyikan tembang kenangan Indonesia populer, "Kemesraan". Walau kurang lancar secara pelafalan, kesungguhan mereka menghafalkan lirik lagu patut diacungi jempol. Lebih mengagetkan lagi, penonton konser yang mayoritas ABG hafal lirik lagu yang ngetop saat mereka belum lahir.

Usai lagu kalem, giliran Infinite membuat penonton kembali "high" dengan tiga lagu upbeat: "The Chaser", "Before the Dawn", dan "Be Mine".

Selanjutnya Afgan, sebagai performer wakil dari Indonesia, membawakan dua lagu dari album terbarunya. Meski lagunya kurang familiar, nyatanya penonton menyambut penampilan Afgan dengan teriakan histeris.

Segmen spesial selanjutnya penampil menyanyikan lagu-lagu drama Korea yang sempat mendapat rating tinggi saat diputar di Indonesia. Soyu dari SISTAR menyanyikan OST. Full House yang berjudul "I Think I Love You",disusul seorang personel Infinite yang melantunkan OST. Dream High 1, dan SHINee yang tampil apik membawakan "Stand by Me", OST. Boys Before Flowers.

Setelah dihajar tiga lagu yang manis, B2ST tampil dengan tiga lagu berirama up-tempo; "Beautiful Night", "Fiction", dan tentu saja hit mereka, "Shock". Aksi panggung B2ST yang energik membuat penonton tetap bersemangat dan ikut bernyanyi meski malam semakin larut.

Aksi spesial selanjutnya: kolaborasi dance antara Teen Top dan S4. Yang dilanjutkan dengan aksi tukar lagu. S4 membawakan "No More Perfume" milik Teen Top, sementara Teen Top menembangkan "She is My Girl" versi bahasa Indonesia yang melambungkan nama S4. Penonton histeris tak menyangka aksi tukar lagu dibawakan dengan apik oleh dua boyband beda negara ini.

Setelah itu, giliran Shawol (fans SHINee) yang terpuaskan lewat aksi panggung atraktif Minho cs. Boyband ini melantunkan tiga lagu: "Beautiful", "Sherlock", dan "Dream Girl". Mereka juga menyempatkan diri berinteraksi dengan penonton.

Makin malam makin panas saat 2PM naik panggung. "Heart Beat" mengawali aksi Taecyeon dkk, dilanjutkan dengan "Hands Up" yang kian membuat Hottest bersemangat. Jelang lagu ketiga, Nichkhun dkk melepaskan jas atau jaket yang mereka kenakan, menyanyikan "10 Points out of 10". Taecyeon tampil nakal, menggoda penonton dengan melepasi dua-tiga kancing kemejanya. Jeritan fans pun tak terbendung.

Sama ketika konser tunggal di Jakarta Desember 2012, Wooyoung dkk juga menyanyikan "Satu-satu aku sayang ibu", yang diikuti dengan penuh suka cita oleh penonton.

Penampil terakhir, tentu saja Super Junior. Donghae dkk menampilkan kebolehan mereka menyanyi dan menari lewat tiga lagu populer: "Bonamana", "Oppa Oppa" dan "Sexy, Free, & Single". Meski tampil di penghujung acara, antusiasme penonton justru baru sampai puncaknya.

Awak media yang duduk di kelas Bronze, sampai kesulitan mendengar suara Kyuhyun dkk karena tenggelam oleh suara hampir semua penonton yang ikut bernyanyi.

Beberapa kali terdengar teriakan dahsyat penonton ketika big screen menyorot wajah tampan Siwon.

Super Junior selesai beraksi, host menutup acara. MC Kyuhyun Super Junior, Taecyeon 2PM, Nadya Mulya dari Indonesia, dan seorang wanita asal Korea pun menutup acara.

All-artist untuk terakhir kali naik panggung diiringi lagu "Bounce-"nya DJ Dog.
Konser selesai jelang pukul 23.30 WIB. Lebih dari 20 ribu penonton yang hadir bubar dengan tertib.

***

Meski ada kesalahan teknis di awal, secara keseluruhan Music Bank Live in Jakarta terbilang sukses.

Mengingat acara ini digelar sekaligus merayakan 40 tahun hubungan diplomatis Korea Selatan-Indonesia, Music Bank Live in Jakarta juga menunjukkan kekompakan antara musisi Korea dengan fans dan artis Indonesia.

Sungguh sebuah konsep dan eksekusi yang istimewa.

(ray/ade)