Jam Tayang Baru, Bagaimana Rating "Tukang Bubur Naik Haji" dan "Berkah"?

tukang bubur pindah jam tayang
TABLOIDBINTANG.COM -

RCTI dikenal ketat mengontrol program-programnya.

Sudah banyak sinetron yang tiba-tiba break. Sebagian dilanjutkan (Dia Jantung Hatiku, Separuh Aku), sebagian hilang begitu saja tanpa ending (Air Mata Ummi, Kasih & Cinta, Aku Suka Dia). Logikanya, sinetron yang ratingnya bagus tidak mungkin break secara mendadak. Apalagi lenyap tanpa diberi akhir.

Penggemar sinetron Berkah dibuat harap-harap cemas karena tiba-tiba sejak Kamis (11/4) sinetron yang dibintangi Samuel Zlygwyn itu tidak tayang, digantikan Tukang Bubur Naik Haji (TBNH): The Series durasi spesial 4,5 jam. Jumat (12/4) memang tidak tayang karena ada X Factor Indonesia. Tapi kok Sabtu dan Minggu (13-14/4) juga tidak tayang?

Ternyata mulai Senin (15/4), Berkah menghuni jam baru; pukul 19.00 WIB. TBNH pun mundur ke pukul 20.00 WIB.

Bagaimana rating Berkah di slot super primetime? Lebih dahsyat!

Data kepemirsaan segmen ABC menunjukkan Berkah menempati posisi 2, dengan TVR 4,5 dan share 19,2. Ini angka tertinggi sepanjang penayangan Berkah. Selama menghuni slot late primetime, pukul 21.00 WIB, TVR Berkah berada antara 3 koma hingga 4 koma.

Saat masih tayang pukul 21.00 WIB, Berkah punya lebih banyak saingan. Ada Opera Van Java (OVJ, Trans 7) dan Raden Kian Santang (RKS, MNCTV) yang ratingnya bersaing ketat dengan Berkah. Kadang Berkah unggul, kadang di bawah OVJ atau RKS.

Kini di pukul 19.00 WIB, nyaris tidak ada pesaing kuat.

Sementara bagi TBNH, dipasang jam berapapun tak masalah. Pernah menghuni slot 18.00 Wib, 19.00 WIB, 19.30 WIB, dan kini 20.00 WIB, tetap unggul. Kemarin TBNH masih jadi jawara, dengan TVR 5,6 dan 23,8.

(ray/yb)