"Kerasukan": Ceker Ayam Penghalau Setan

kerasukan
TABLOIDBINTANG.COM -

APA manfaat lain ceker ayam selain dikonsumsi? Kalau menurut film ini, sih, bisa mengusir setan.

 

Andien (Arumi Bachsin), Deedee (Angelica Simperler), Vanilla (Kimmy Geovanny), Binar (Jessica Marlene), menjalin pertemanan yang erat.

 

Untuk menghibur Deedee yang baru diputus secara sepihak oleh sang kekasih, Calvin (Euginio Cimolin), mereka sepakat berlibur ke Pangandaran, naik mobil VW model jip milik Deedee (Sekelompok perempuan, naik mobil antik, menyetir sendiri Jakarta-Pangandaran? Hmm.. ).

Gara-gara papan petunjuk jalan rusak, menunjukkan arah yang salah, empat perempuan ini nyasar.

Awalnya mereka santai saja. Malah bermain air di Curug Cimenyan yang tak sengaja mereka lewati.

Saat melanjutkan perjalanan, mobil yang dibawa Deedee menabrak seorang perempuan (Jamsa Prajasasmitha) hingga pingsan.

Dari sini, kejadian-kejadian misterius mulai meneror empat sekawan ini. Andien dkk makin panik ketika Nimas, perempuan yang mereka tabrak, menjelaskan jika ada orang yang masuk ke desa itu, tak akan pernah bisa keluar. Apa sebenarnya yang terjadi di desa itu?

**

"Kerasukan" tidak menjual seks atau lawakan kasar. Bebas dari dua aspek ini bukan lantas membuatnya istimewa.

Chemistry persahabatan yang terjalin antara empat karakternya kurang meyakinkan. Tak dijelaskan apakah mereka masih kuliah atau sudah kerja.

Tidak tampak pula orangtua, saudara, atau teman lain yang kuatir ketika mereka nyasar di desa tak berpenghuni. Efek komputer yang digunakan pun kurang maksimal untuk sebuah produksi layar lebar.

Terlepas dari perintilan yang miss di atas, cerita yang ditulis Ratih Kumala (entah orang sama atau bukan, nama ini kerap tertera sebagai penulis skenario di FTV dan sinetron Trans TV yang bergenre horor/trailer) sebenarnya tidak buruk.

Ratih memberikan beberapa kejutan di film produksi Mitra Pictures dan BIC Production ini. Sebagian tertebak, beberapa yang lain berhasil terjaga hingga akhir film.

Motif sang “penjahat” dan cikal bakal malapetaka yang terjadi di desa itu juga dijelaskan dengan cukup masuk akal.

Chiska Dopert selaku sutradara, tak terlalu sering memunculkan setan. Ini membuat beberapa kemunculan dedemit cukup mengejutkan. Meski harus diakui adegan kerasukannya terinspirasi The Exorcist.

**

MEMORABLE SCENE:

Hal baru-sekaligus konyol- terdapat film ini; ceker ayam bisa mengalihkan perhatian setan. Ketika dikejar-kejar setan penghuni desa angker, Andien dkk melempar ceker ayam ke arah setan.

Alhasil, sekelompok setan pun tak jadi mengejar mereka. Sepotong ceker ayam bisa diperebutkan sampai empat dedemit, lho.

Omong-omong, dari mana dapat ceker ayam sebanyak itu, padahal tidak digambarkan ada tanda-tanda kehidupan--apalagi peternakan ayam--di sekitar kampung setan tersebut?

(ray/gur)