Kami Sudah Nonton. Ya, "Man of Steel" Film Superman Terbaik

man-of-steel06
Henry Cavill si Superman di "Man of Steel" (dok.Warner Bros)
TABLOIDBINTANG.COM -

PERINGATAN: Minor spoiler alert! Ada bocoran cerita di ulasan ini.

KAMIS (13/6) ini Superman terbang kembali ke bioskop lewat Man of Steel.

Media dan undangan lain sudah menonton lebih dulu, Rabu (12/6) malam, di bioskop XXI IMAX Mal Kelapa Gading, Jakarta.

Man of Steel menandai kembalinya superhero yang "mampu melaju lebih cepat dari peluru, lebih kuat dari lokomotif, serta mampu meloncati gedung dengan sekali lompatan” setelah absen tujuh tahun. Terakhir kita melihatnya dalam Superman Returns (2006). Di situ Brandon Routh memakai kostum berlanbang “S” di dada. Kini, Henry Cavill menjadi orang Inggris pertama yang memerankan superhero kebanggaan Amerika ini.

Artikel ini tak dimaksudkan untuk mengganggu kenikmatan Anda menonton Man of Steel, tapi sekadar panduan agar Anda lebih siap menontonnya. Saya sangat terbantu artikel di Huffington Post yang ditulis Mike Ryan Senin kemarin, yang juga mengungkap bocoran kecil filmnya, dalam bentuk tanya-jawab. Format tanya-jawab Ryan saya pinjam di sini.

Tanya (T): Apa itu Superman?
Jawab (J): Sumpah, lo?!

T: Bukankah kisah Superman baru diceritakan ulang (reboot)?
J: Mungkin maksud Anda Superman Returns, yang dirilis 2006. Film itu secara teknis bukanlah reboot.

T: Lho, bukankah itu film Superman yang baru juga?
J: Betul, di situ Brandon Routh menjadi Superman baru. Tapi dari segi pengisahan, film yang dibesut Bryan Singer itu mengambil masa waktu melanjutkan film Superman yang dibintangi (mendiang) Christopher Reeve, yakni beberapa tahun setelah Superman II.

T: Jadi, Man of Steel tak punya kaitan dengan film-film Superman terdahulu?
J: Tepat sekali. Man of Steel adalah pengisahan ulang mitologi Superman mulai dari awal kembali. Yang pertama sejak film Superman tahun 1978.

T: Jadi saya tak perlu nonton 5 film Superman terdahulu (Superman I-IV dan Superman Returns) dahulu?
J: Sekali lagi, ini adalah pengisahan kembali Superman sejak 35 tahun lalu. Kita sekarang hidup di dunia yang cerita Batman, James Bond, dan Spider-Man saja diceritakan ulang berselang kurang dari sepuluh tahun. Jadi, memang sudah saatnya Superman diceritakan mulai dari awal lagi.

T: Lalu, apa beda cerita awal Man of Steel dengan kisah Superman sebelumnya?
J: Tanpa ingin menceritakan terlalu detil, Man of Steel masih memiliki garis besar cerita klasik Superman yang mungkin Anda sudah kenal. Dengan beberapa perbedaan.

T: Apa ceritanya dimulai di planet Krypton?
J: Ya. Seperti cerita Superman yang sudah-sudah, kisah dimulai dengan planet Krypton menjelang hancur. Jor-El (Russell Crowe) hendak menyelamatkan anaknya, Kal-El dengan menerbangkannya ke Bumi. Jenderal Zod (Michael Shannon) ingin mencegah hal itu, tapi terlambat. Ia mengerahkan pemberontakan di Krypton, tapi lalu berhasil diringkus dan di penjara dalam apa yang disebut "Phantom Zone."

T: Tunggu, bukankah Jenderal Zod adalah musuh utama Superman di Superman II-nya Christopher Reeve?
J: Betul. Secara garis besar Man of Steel boleh dibilang membalik cerita Superman terdahulu.

T: Jadi, Man of Steel lebih berupa konflik orang-orang planet Krypton?
J: Ya, dan saya tak mau bicara lebih jauh lagi.

T: Tapi kita melihat Kal-El tumbuh menjadi Clark Kent, 'kan?
J: Setelah adegan di Krypton, Man of Steel langsung meloncat pada sosok Clark Kent dewasa, seorang pengelana, tengah mencari jati diri.

T: Pengelana? Bukankah Clark Kent seorang wartawan kikuk berkacamata?
J: Well, ini cerita ulang Superman dengan sedikit perbedaan.

T: Apa ada adegan masa kecil dan masa muda Clark Kent di Smallville?
J: Kita melihat masa kecil Clark dan hubungannya dengan orangtua angkatnya, Jonathan dan Martha Kent (Kevin Costner dan Diane Lane) lewat adegan flashback sepanjang film.

man-of-steel08

T: Benarkah Superman di Man of Steel tak pakai celana dalam mera di luar?
J: Anda tentu sudah tahu dari berbagai foto adegan dan trailer Man of Steel yang tersebar di media. Ya, celana dalam merah sudah tak dipakai lagi Superman. Tapi, yang hendak saya tekankan, kostum Superman beserta lambang "S" mempunyai makna baru di film ini. Saya mendapati makna, bahwa kostum biru itu sekadar "baju" bagi warga Krypton. Sedang lambang "S" mungkin sejenis lambang bagi sebuah ordo atau perkumpulan.

T: Apa Russell Crowe sebagai Jor-El muncul pada Clark seperti Marlon Brando di film Superman tahun 1978?
J: Beda, sih. Sebut saja, berkat kemajuan teknologi, Jor-El selepas Krypton hancur memiliki kemampuan intraktif yang lebih dinamis.

T: Kenapa Jenderal Zod memburu anak Jor-El, alias si Superman ini, hingga ke Bumi?
J: Wah, itu sih sudah masuk ke inti ceritanya. Saya tak mungkin ungkap di sini sekarang.

T: Apa Man of Steel lebih baik dari Superman Returns?
J: Jelas. Sebetulnya Superman Returns tak buruk-buruk amat. Filmnya hanya kurang fun dan terlalu ingin terlihat serius. Buat saya, di situ Superman terlihat murung. Aksinya pun kurang spektakuler. Yang ini beda. Jelas, Man of Steel juga bukan film superhero yang fun macam The Amazing Spider-Man atau trilogi Iron Man dan The Avengers. Harus Anda ingat, selain nama Zack Snyder (sutradara 300 dan Watchmen) ada Christopher Nolan (produser) dan David S. Goyer (skenario) yang merancang ulang kisah Batman kemarin. (Baca 10 Film Superhero Terburuk di sini.)

T: Oh iya, apa Man of Steel sangat terasa "The Dark Knight"?
J: Kalau yang Anda maksud filmnya terasa "real", iya. Man of Steel dibangun di atas premis: bagaimana jadinya bila sosok Superman hidup di dunia yang kita tinggali saat ini? Apa yang akan dialaminya? Lalu, apa yang terjadi pada dunia bila makhluk dengan kekuatan super dari planet asal Superman berperang di muka Bumi? Kehancuran seperti apa yang akan mereka buat?

Tapi, The Dark Knight masih lebih unggul karena menggabungkan realitas sebuah film aksi dengan kisah super hero. Hal ini tak mungkin dilakukan pada kisah Superman yang menurut legenda awalnya adalah makhluk dari planet asing berkekuatan super. Batman tak punya kekuatan super.

Kalau ditanya, bagus mana The Dark Knight atau Man of Steel, saya lebih menikmati nonton The Dark Knight. Film super hero yang serius tapi asyik, ya dimulai dari situ. (Baca ulasan The Dark Knight Rises di sini.)

man-of-steel05T: Kalau dengan Superman tahun 1978, lebih bagus mana?
J: Sebetulnya ini bukan perbandingan yang terasa fair. Mengingat dampak dan revolusi yang dibuat film Superman tahun 1978, Superman pertama tetaplah sebuah film penting bagi jagat sinema. Namun, ditonton kembali saat ini, filmnya tentu akan terlihat konyol bagi penonton zaman sekarang.

Tak terbantahkan, Man of Steel adalah film terbaik Superman bagi penonton zaman sekarang, dengan muatan cerita maupun eksekusi efek visualnya. (Baca 10 Film Superhero Terbaik di sini.)

T: Terakhir, bagaimana hubungan asmara Lois Lane dengan Clark Kent di Man of Steel
J: Sungguh, Anda ingin tahu di sini, dan tidak melihatnya sendiri di bioskop? Tanpa bermaksud terlalu membocorkan ceritanya, Lois Lane Amy Adams) di sini menjalani hubungan yang beda dengan kisah Superman terdahulu. Tidak ada adegan romantis terbang melintasi pencakar langit atau ke angkasa.

T: Terakhir banget, deh. Apa ada Lex Luthor di Man of Steel
J: Duh, bener, deh. Mau tahu sampai segitu, ya? Penjahat utama di Man of Steel adalah Jenderal Zod. Lex Luthor tak muncul sosoknya di sini. Tapi, ia tetap "hadir" dalam wujud lain. Setidaknya kita diberitahu dalam jagat Superman rasa Snyder-Nolan-Goyer sosok Lex Luthor ada.***

(ade/ade)