Perayaan HUT RCTI-SCTV Tayang Bersamaan, Mana yang Lebih Potensial?

x-factor-around-world
X Factor Around the World. (dok. Facebook RCTI)
TABLOIDBINTANG.COM -

 

TANGGAL 24 diperingati sebagai Hari Pertelevisian Nasional.

Tanggal tersebut merupakan hari lahir tiga stasiun TV: TVRI (tahun ini berusia 51), RCTI (24), dan SCTV (23). Dua TV terakhir, RCTI dan SCTV, adalah stasiun TV Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak. Persaingan keduanya cukup ketat. Komposisi program RCTI dan SCTV tak jauh berbeda: sinetron harian, FTV, infotainment, dan musik.

Sudah beberapa tahun terakhir, RCTI dan SCTV (entah sengaja atau tidak) menayangkan malam puncak ulangtahun tidak bersamaan. Tahun 2010, primetime tanggal 24 Agustus, RCTI memilih menayangkan film Transformers, yang sukses mengungguli perayaan ultah SCTV bertajuk Gempita 20 Tahun.

Primetime 24 Agustus tahun 2011, giliran SCTV dengan Harmoni Cinta Indonesia yang memuncaki rating, mengungguli tayang perdana film Sang Pencerah.

Sementara tahun 2012, RCTI merayakan ulangtahun melalui program Mahakarya 23 pada 8 Agustus, SCTV berpesta lewat Konser Persembahan 22 Tahun SCTV pada 8 September. Selisihnya sebulan, karena pada 24 Agustus 2012 masih dalam suasana libur Lebaran.

Setelah cukup lama tidak head to head menayangkan program puncak ulangtahun, 2013 ini RCTI dan SCTV menayangkan malam puncak HUT bersamaan. RCTI mengusung program X Factor Around the World (selanjutnya kami sebut dengan ATW), SCTV punya 2 Dunia 3 Cerita (2D3C). Meski tayang bersamaan pada primetime tanggal 24 Agustus (SCTV mulai 19.00 WIB, RCTI 19.30 WIB), dua program ini mengusung konsep yang sangat berbeda.

RCTI mengandalkan juri dan jawara program cari bakat X Factor Indonesia, plus X Factor tayangan luar negeri (Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Inggris—red). Selain Fatin, Novita Dewi, Anggun, dan Ahmad Dhani, ATW juga menampilkan Paula Abdul, Daniel Bedingfield, Louise Walsh, Melanie Amaro, Samantha Jade, Jahmene Douglas, dan The Collective.

SCTV, mempercayakan acara ultahnya pada penyanyi-penyanyi beken Indonesia. Penyanyi-penyanyi yang dipilih SCTV, merupakan penyumbang rating acara TV, di antaranya; NOAH, Wali, SM*SH, Cherrybelle, Syahrini, dan Ungu.

Sungguh kontras. Yang satu sangat internasional, satunya lagi nasional sekali.

Tanpa hendak membahas kualitas, juri dan pemenang X Factor luar negeri bukanlah sosok yang familiar bagi pemirsa TV nasional kita. Sosok mereka lebih akrab bagi mereka yang berlangganan TV berbayar, rajin mengunduh TV-shows impor, atau mengikuti tren musik internasional melalui internet.

Kekuatan ATW bagi pemirsa TV free-to-air, ada di tangan Fatin dan Novita Dewi (plus Anggun-Dhani). Ketika result show X Factor Indonesia musim pertama dihelat, RCTI sukses mengumpulkan TVR 6,6 dan share 33,3 (ABC). Angka yang luar biasa.

Ketika Fatin dan Novita Dewi menjadi bintang tamu Hitam Putih (Trans 7), program talk show yang dipandu Deddy Corbuzier ini melesat naik. (baca beritanya di sini)

Meski mungkin bukan artis internasional yang ngetop di Indonesia, secara prestis ATW terlihat lebih unggul dengan performance musisi luar negeri.

SCTV bermain aman. Pendukung 2D3C, sebagian sama dengan tahun lalu; SM*SH, Ungu, Sammy Simorangkir, Syahrini. Jika menengok data kepemirsaan tahun lalu, HUT SCTV ke-22 meraih TVR 4,2 dan share 24,2. Meski tidak fantastis, angka ini masuk dalam kategori bagus.

Entah bagaimana dengan Anda. Saya yang merupakan penonton setia TV nasional (penayang sinetron), bingung. Ini sekadar pendapat pribadi. Acara RCTI, di mata saya terlihat lebih menarik, terlepas saya belum pernah mendengar sama sekali lagu-lagu dari jebolan X Factor negara lain. Acara SCTV, dari segi pengisi acara, artisnya terkesan itu-itu saja. Namun jujur, saya penasaran kecetaran apa yang dilakukan Teteh Syahrini di 2D3C, serta seperti apa kolaborasi SM*SH dan Cherrybelle.

Kalau pembaca sendiri, dari dua program HUT ini, mana yang lebih menarik minat Anda?

(ray/ade)