HITAM PUTIH, Menggali Rahasia Terdalam Artis

hitamputihtrans7
TABLOIDBINTANG.COM -

PERTAMA mengetahui Deddy Corbuzier didapuk sebagai host program talk show terbaru Trans7 Hitam Putih, kami agak terkejut.

Mau dibawa ke mana acara tersebut ketika seorang magician menjadi pembawa acaranya? Apa mau bermain sulap-sulapan bersama bintang tamunya?

Sebelum sempat berprasangka buruk seperti yang sempat kami lakukan, catat poin penting ini yang diutarakan sang produser, Mardhatillah.

“Deddy background-nya S2 psikologi. Sebagai mentalis, dia seorang yang peka dan sensitif, serta pintar melihat segala sesuatu sampai kepada membaca mimik si narasumber. Selain itu, kalau dia mau, dia bisa mind reading,” rinci produser yang akrab disapa Tya.

“Jadi seorang Deddy, justru “melebihi” presenter pada umumnya. Dengan kepekaannya, dia cepat “nembak” pertanyaan yang di luar perkiraan,” imbuhnya.

Dan itulah kunci sukses sebuah program talk show. Dengan dilemparkannya pertanyaan-pertanyaan tidak biasa kepada bintang tamu, maka rahasia terdalam yang tergali dan diinformasikan kepada pemirsa pun akan tidak biasa. 

Infotainment gadungan

Kami membuktikan sendiri “keunikan” Deddy saat mengintip proses syutingnya di Studio Hanggar, Pancoran (7/1).

Ketika itu bintang tamu yang disiapkan adalah si cantik Asya Syara. Jadwal pengambilan gambar masih lama, tapi Deddy, sama sekali tidak terlihat melakukan pendekatan dengan gadis keturunan Arab itu. Paling-paling, seperti diceritakan Tya, Deddy hanya menyapa bintang tamu dan memberikan “peringatan”.

“Bukan peringatan akan bertanya ini atau itu, tapi memperingatkan kalau nanti dia akan sangat interogatif. Jadi bintang tamu harus hati-hati,” cerita Tya. 

Hasilnya terlihat pada Asya. Semula dia nampak tenang-tenang saja menanti syuting.

Tapi begitu memasuki panggung bernuansa gotik, dengan seorang Deddy menanti gadis yang pernah digosipkan dekat Raffi Ahmad langsung terlihat grogi. Gerak geriknya serba terlihat canggung.

Tidak ada yang namanya langkah pasti penuh percaya diri tipikal bintang tamu yang memasuki panggung talk show pada umumnya.

“Tatapan mata Deddy membuat bintang tamu merasa ditelanjangi,” kesan Tya.

“Jadi kalau dilihatin Deddy, (bintang tamu) pada pura-pura mengalihkan pandangan ke arah lain atau secara spontan menutup mata. Dan bisa dikatakan, momen itulah yang justru paling banyak membuat penonton tertawa. Deddy menghibur pemirsa tanpa perlu sengaja melucu,” imbuhnya.  

Hitam Putih tentu tidak sekadar menjual ketakutan para bintang tamu. Hal-hal yang mengalir setelah momen itulah kekuatan nyata talk show stripping ini. Karena proses selanjutnya adalah permainan kata dari sang magician berkepala plontos.

“Ya, dia (lebih) pintar lagi di bagian ini. Betulan harus hati-hati, bintang tamu sering termakan omongannya sendiri,” ujar Tya.

hitamputihtrans7-

Saat mulai diajak berbincang-bincang, bintang tamu biasanya mengelak kalau Deddy mulai bertanya-tanya hal yang sifatnya pribadi atau informasi yang tergolong masih dirahasiakan. “Ah, jangan dibahas di sini deh, Mas. Enggak etis,” demikian mereka rata-rata berkilah.

Tapi dengan kekuatan permainan kata dari seorang Deddy, pada akhirnya mereka sendiri yang membuka. Jupe keceplosan mengaku telah melakukan pre-wed dengan kekasihnya Gaston.

Kevin Aprilio ketahuan berencana menikah dengan pacarnya sekarang (Cita) di usia 25 tahun. Informasi yang sampai membuat Kevin dikejar-kejar awak infotainment usai episode Hitam Putih yang menampilkan dirinya tayang.

“Pasti gara-gara Hitam Putih, nih,” kata Tya menirukan ucapan Kevin kepadanya beberapa waktu lalu.

Asya Syara? Dengan mata berkaca-kaca, dara berambut panjang itu menyiratkan tragedi penamparan seorang artis senior terhadap dirinya dulu akibat kecemburuan benar adanya.

Wah! Saking dalamnya informasi yang tergali, mengalahkan infotainment dong? Tya hanya tertawa. “Boleh juga. Hahaha.”

Spesial untuk Deddy Corbuzier

Saking merasa beruntungnya mendapatkan Deddy Corbuzier sebagai host untuk program talk show-nya, Tya menganggap “perjodohannya” dengan suami Kalina itu takdir.

“Kejadiannya lucu banget. Sebetulnya waktu itu kami syuting untuk sebuah talk show dengan Deddy sebagai bintang tamu. Tapi yang tampil dominan malah dia. Dari situlah ide muncul. Jauh lebih oke nih sepertinya kalau Deddy jadi host talk show,” beber Tya yang mengaku tidak buang-buang waktu untuk menyampaikan ide tersebut kepada Deddy.

“Selesai syuting, langsung kita obrolin.”Gayung bersambut. Tidak disangka, Deddy yang minim pengalaman sebagai emsi atau semacamnya, ternyata berhasrat terhadap profesi host.

“Dulu saya memang punya cita-cita pengin punya talk show. Kalau ditanya dasarnya apa, kan latar ilmu saya psikologi. Sedikit banyak tahulah tipe karakter manusia seperti apa dan juga tahu cara membuat seseorang bicara jujur,” ungkap Deddy.

“Mulai dari cara bertanya, menyecar, hingga masuk ke pola pikir mereka dan melakukan pertanyaan pengalihan agar mereka bisa ngomong terbuka, sebagai psikolog saya bisalah. Sedikit berbagi rahasia sukses, Deddy menyebutkan tip dan trik untuk menjadi penggali informasi terdalam yang baik. Seorang host, yang pasti harus dominan daripada bintang tamunya. Agar menjadi dominan, Deddy enggan mendekat-dekatkan diri dengan para bintang tamunya.

hitam-putih-trans-7“Saya tidak punya teman artis. Saya tidak dekat dengan artis, dan saya lebih senang tidak dekat dengan artis. Apalagi setelah adanya acara ini, saya lebih tidak kepikiran. Karena bagi saya, dekat dengan mereka akan sulit bagi saya untuk dominan. Makanya sebisa mungkin, sebelum acara pun saya tidak menemui mereka. Kalau akhirnya bertemu pun, saya selalu bicara dengan mereka, mengingatkan bahwa talk show ini berbeda dengan talk show lainnya. Akan penuh dengan steroid (pertanyaan-pertanyaan provokatif Deddy sanggup memicu detak jantung lebih cepat). Seandainya nanti ada bagian yang tidak disuka, bintang tamu bisa meminta bagian itu dibuang. Itu saja,” urai Deddy. 

Tapi sekali lagi, berkat kepiawaiannya, bintang tamu terlupa untuk meminta. Sekalipun sempat mencak-mencak karena tanpa sengaja membongkar rahasiannya sendiri, pada akhirnya bintang tamu hanya merasakan kelegaan dan mengikhlaskan rahasianya terungkap.

“Karena pada dasarnya, menurut keilmuan psikologi, manusia itu suka sekali berbagi rahasia. Every human being loves to share their secrets. Eh, gue mau kasih tahu lo rahasia. Itulah sebabnya ada kalimat seperti itu. Rahasia kok dibagi-bagi, bodohnya manusia. Hahaha,” Deddy menuturkan.

“Dari sekitar 30 artis, cuma satu lah yang benar-benar marah,” kenangnya geli. Konon bintang tamu tersebut sampai membakar hasil rekaman, lho. Hmmm, rahasia apa nih yang terbongkar? Hehehe.

(wida/gur)