Menjadi Nyonya Rumah untuk Arisan Sehat

home-cooking-1
TABLOIDBINTANG.COM -

MINGGU ini giliran Anda yang menjadi nyonya rumah untuk arisan bersama teman-teman, keluarga, atau tetangga?

Yuk, buat acara arisan lebih seru dengan santapan lezat sekaligus sehat. Beberapa tips berikut bisa menjadi acuan.

1. Memasak sendiri

Makanan instan atau kudapan yang banyak dijual di pasaran rentan mengandung pengawet dengan kadar tinggi.

Kurangi resiko gangguan kesehatan akibat makanan berpengawet dengan cara mengolah sendiri sajian yang akan dihidangkan. Lewat kesempatan arisan, Anda juga dapat memperkenalkan kelezatan dan kreasi masakan buatan sendiri.

Bingung harus menyajikan menu apa? Intip saja koleksi resep masakan dari kami di kanal RESEP.

2. Hindari makanan yang digoreng

Jika Anda berencana menyajikan santapan berat di samping camilan ringan, sebisa mungkin hindari makanan yang diproses dengan cara digoreng. Makanan yang dipanggang terbukti lebih sehat ketimbang makanan yang digoreng karena dapat terhindar dari resiko kolesterol yang terkandung dalam minyak goreng.

Makanan dengan kadar minyak tinggi juga beresiko memicu stroke dan serangan jantung. Hey, arisan sambil pesta barbeque seru juga, lho!

3. Gunakan wajan anti-lengket

Jika Anda ingin menyajikan sajian kuliner yang diolah dengan cara digoreng, pastikan Anda menggunakan peralatan memasak anti-lengket.

Memasak dengan wajan anti lengket dapat mengurangi penggunaan minyak goreng, sehingga sajian lebih sehat dan irit konsumsi minyak. Selain itu, juga akan mempermudah tugas Anda mencuci peralatan memasak.

4. Salad sehat

Promosikan pola makan sehat dengan menyisipkan menu sarat buah dan sayuran,seperti salad.

Untuk salad buah, hapus opsi dressing berbahan dasar krim seperti mayonaise, karena mengandung cukup banyak lemak. Gantikan dengan yogurt rendah lemak yang lebih sehat dan menyegarkan.

Sedangkan untuk salad sayuran, Anda dapat berkreasi dengan wadah dressing yang tidak lazim digunakan. Tuangkan air lemon atau cuka berperasa ke dalam botol spray, sehingga para tamu dapat menyemprotkannya ke atas sajian salad. Dengan begini, rasa yang diperoleh akan sesuai takaran sekaligus menghemat penggunaan dressing.

5. Kue sehat

Ingin menyajikan kue-kue lezat sekaligus menyehatkan? Pilih tepung gandum dalam olahan cake, karena lebih sehat dan lebih banyak mengandung serat.

Aneka cake seperti rainbow cake yang imut-imut akan terasa lebih nikmat dengan campuran tepung gandum sebagai bahan utamanya.

dari Berbagai Sumber

(rere/gur)