Makanan-makanan yang Berbahaya Jika Dikonsumsi di Pagi Hari

makanan
TABLOIDBINTANG.COM -

SARAPAN memang penting untuk pasokan energi sepanjang hari.

Kecuali jika Anda sarapan dengan beberapa makanan berikut yang telah dimasukkan ke dalam daftar 'blacklist' oleh para pakar diet.

1. Pisang dan yoghurt
Pisang mengandung magnesium dengan kadar tinggi, hasilnya bisa menyebabkan ketidakseimbangan antara kalsium dan magnesium dalam tubuh yang memicu gangguan jantung. Kondisi ini juga terjadi jika Anda mengonsumsi yoghurt saat perut kosong di pagi. Sebaiknya pisang dan yoghurt dikonsumsi dua jam setelah sarapan.

2. Jeruk
Jeruk dapat memicu perkembangan gastritis dan reaksi alergi jika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong.

3. Tomat
Walau segar dinikmati jika dihidangkan dalam bentuk jus, tomat mengandung pectin dan asam tannic dengan konsentrasi tinggi. Kedua zat ini memicu pembentukan batu ginjal jika dimakan di pagi hari.

4. Bawang putih, daging dan makanan kalengan
Jika dikonsumsi saat perut masih kosong, ketiga makanan ini dapat menyebabkan kejang-kejang pada lambung yang memicu gangguan penyakit lebih berbahaya.

5. Mentimun dan kol
Kedua makanan ini memang sehat jika dikonsumsi, namun lain halnya kalau dimakan di pagi hari. Mentimun dan kol sama-sama mengandung zat yang dapat menyebabkan iritasi pada perut.

6. Minuman manis
Hindari minuman yang mengandung gula, seperti teh manis atau kopi dengan tambahan gula. Saat perut masih kosong, pankreas kesulitan membagi “jatah” insulin yang dbutuhkan ke beberapa organ tubuh. Hasilnya, terjadi peningkatan kadar gula darah dan gangguan keseimbangan zat berbasis asam dalam tubuh.

dari Berbagai Sumber

(rere/gur)