5 Rutinitas Penting Menjaga Payudara Agar Tetap Sehat

payudara dokter
Jangan ragu memeriksakan payudara ke rumah sakit dan berkonsultasi jika ada keluhan.
TABLOIDBINTANG.COM -

PAYUDARA, organ tubuh yang satu ini merupakan bagian terpenting untuk seksualitas dan maternitas seorang wanita.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan serta menjaga kesehatan dan kondisi payudara setiap hari. Berikut beberapa diantaranya:

Gunakan selalu pelembab
Kulit pada daerah dada dan payudara memang sangat tipis dan sensitif dibandingkan bagian tubuh lainnya. Sering mengoleskan pelembab, lotion atau krim malam khusus dapat menjaga kulit tetap lembab dan mempertahankan kandungan air dan mineral di bagian ini.

Gunakan krim SPF
Jika berpergian dengan pakaian yang tipis atau mengekspos bagian dada terutama ketika matahari terang, jangan lupa menggunakan sunscreen atau krim ber-SPF 30-60 untuk melindungi kulit.

Pilih bra yang tepat
Jangan hanya memilih dan membeli bra yang lucu motifnya atau tergoda karena sedang ada diskon. Pertimbangkan bentuk, ukuran dan kebutuhan payudara Anda dan sesuaikan dengan bra yang cocok. Bra yang baik dapat menahan payudara agar tetap kencang, peredaran darah lancar dan bentuk tubuh tetap terjaga.

Menjaga kesehatan dan bentuk tubuh
Ini dapat dilakukan dengan olahraga khusus yang bertujuan mengencangkan dan memperbaiki bentuk payudara. Rutinitas seperti push-up, sit-up dan fitness ringan juga dapat menjadi opsi paling mudah dan dapat dilakukan setiap hari di rumah. Olahraga juga dapat mengurangi resiko kanker dan menghilangkan lemak yang tidak baik untuk tubuh.

Lakukan pemeriksaan rutin
Tidak ada salahnya memeriksakan payudara ke rumah sakit dan berkonsultasi jika ada keluhan. Luangkan waktu setiap malam untuk meraba daerah sekitar payudara untuk mendeteksi jika terdapat benjolan atau kelainan sebelum terlanjur menjadi masalah kesehatan yang tidak Anda inginkan.

Jagalah payudara Anda, karena merupakan investasi masa depan yang sangat berharga. Cegah dan periksalah kondisi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

(tika/gur)