Dampak Negatif Kurang Tidur (Bisa Menyebabkan Kematian)

tidur
TABLOIDBINTANG.COM -

TIDAK mendapatkan waktu tidur yang cukup berpengaruh buruk terhadap keadaan jantung.

Penelitian yang dipresentasikan di pertemuan Experimental Biology 2013 menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memicu kesalahan kinerja pembuluh darah dan kontrol pernafasan, dilaporkan Daily Mail, Jum'at (26/4).

Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti:

Peningkatan resiko stroke
Menurut penelitian pada tahun 2012, orang dewasa yang hanya mendapatkan waktu tidur di bawah 6 jam beresiko empat kali lebih tinggi terkena stroke.

Obesitas
Badan mengalami perubahan hormon dan menyebabkan produksi ghrelin dan limits leptin saaat tidak mendapatkan isturahat yang cukup. Ini mempengaruhi rasa lapar yang meningkat dan terkadang dipicu oleh pilihan makanan yang tidak sehat saat itu terjadi.

Peningkatan resiko diabetes
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menjelaskan hubungan jumlah jam tidur dengan perlawanan insulin. Orang yang kurang tidur memiliki tingkat perlawanan paling tinggi yang berarti badan tidak menggunakan insulin dengan efektif.

Pemicu Lupa Ingatan
Ketika berada di titik lelah, otak menjadi tidak fokus dan sering lupa. Semakin sedkit jam tidur, semakin sulit otak menyimpan ingatan. Bahkan ini dapat menyebabkan brain deterioration yang menjelaskan hilangnya daya ingat pada oran dewasa.

Kerusakan Tulang
Peneliti menemukan jika kurang tidur mempengaruhi kondisi tulang dan beresiko terkena osteoporosis karena perubahan mineral dalam tulang.

Peningkatan Resiko Kanker
Sebuah studi di 2010 menemukan 338 dari 1.240 wanita yang didiagnosis memiliki kanker colorectal, hanya tidur kurang dari 6 jam.

Menyebabkan kematian
Bukan hanya penyakit, tetapi mempertaruhkan nyawa. Orang yang kekurangan tidur diketahui memiliki kemungkinan kematian lebih besar. Banyak yang mengabaikan akibat ini, namun patut diperhatikan secara serius.

Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup agar terhindar dari resiko kesehatan ini.

(tika/gur)