Puspa Nusa Tandai Perayaan 93 Tahun Batik Keris

batik Keris
Batik Keris (foto:Rere)
TABLOIDBINTANG.COM -

BATIK Keris merupakan salah satu perusahaan batik tradisional terbesar di Indonesia. Sabtu (11/5) lalu, sebuah acara bertajuk Puspa Nusa, menandai perayaan 93 tahun berdirinya Batik Keris digelar di Mal Puri Indah, Jakarta Barat.

Festival ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap budaya nusantara yang dikemas dengan suguhan tarian tradisional, peragaan busana dan parade karnival.

Selain di Jakarta, acara ini juga akan diadakan di Surabaya dan Surakarta, memperingati berdirinya Batik Keris dan pesatnya kemajuan perusahaan hingga sekarang.

Batik yang ditampilkan di runway terbagi menjadi, profesional collection (sutera), family, teenager, kids yang meliputi batik formal, semi-formal, dan slim-fit.

Koleksi family, teenager dan kids terdiri dari batik yang terbuat dari bahan dobi dan katun sehingga nyaman dikenakan pada acara formal maupun semi formal.

Tidak hanya itu, aksesoris batik seperti tas, topi dan sandal juga tersedia untuk para ibu dan anak-anak.

Professional collection mempersembahkan batik berbahan sutera yang memang terbatas jumlahnya karena untuk batik yang satu ini, proses pembuatan memerlukan waktu lebih lama.

"Tahun ini kami pakai tema Blooming, jadi menggunakan warna-warna fresh seperti merah, kuning, oranye" jelas Lina Tjokrosaputro, Komisaris Utama Batik Keris.

Selain berkiprah di Indonesia, Batik Keris telah melebarkan sayap hingga pangsa pasar Internasional, bahkan berhasil memperoleh penghargaan The Asian  Licensing Award dengan kategori Best Licensee se-Asia.

(tika/gur)

 Foto: Renny Y. Adystiani